Mariyana Ricky P.D

Mariyana Ricky P.D

Jurnalis di Solopos Group. Menulis konten di Solopos Group yaitu Harian Umum Solopos, Koran Solo, Solopos.com.

Follow Me:

Daftar Tulisan Mariyana Ricky P.D

Meratus, Kerak Samudera Tertua Indonesia Menuju Geopark Kelas Dunia

Kawasan pegunungan tua di tenggara Pulau Kalimantan serta membelah Provinsi Kalimantan Selatan, Meratus, tengah diajukan dalam deretan taman bumi atau geopark kelas dunia.

Dulu sampai Sekarang, Sekaten Ajang Warga Cari Hiburan

Tradisi Sekaten di Alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu cara dakwah agama Islam juga sarana hiburan masyarakat dari dulu hingga sekarang.

Bak Film Selamatkan Bumi, Pesawat NASA Tabrak Diri ke Asteroid

Layaknya film Armageddon, pesawat luar angkasa NASA menabrakkan diri ke asteroid raksasa untuk menyelamatkan Bumi.

Konversi Sampah Plastik Jadi BBM dan Serigala Berbulu Domba asal Bogor

Terus menumpuknya sampah plastik yang butuh ratusan tahun untuk diurai menjadi ancaman serius bagi kelestarian lingkungan. Oleh karenanya, konversi sampah plastik menjadi komoditas yang bermanfaat seperti bahan bakar minyak (BBM) perlu dilakukan.

Dijajah Belanda, Tapi Tak Bisa Berbahasa Belanda

Pendidikan tak merata pada masa penjajahan Belanda membuat tak banyak masyarakat Indonesia yang fasih berbahasa Belanda.

Reog Ponorogo Media Dakwah Islam dari Riyokun, Husnul Khatimah

Reog Ponorogo adalah salah satu media dakwah Islam yang berasal dari kata riyokun yang berarti husnul khatimah.

Manusia Pertama di Pulau Jawa dan Kabar Tak Sedap dari Mi Sedaap

Berdasarkan penelitian gabungan linguistik historis dan arkeologi, etnis Jawa berasal dari rumpun Austronesia dalam teori Out of Taiwan, tetapi data antropologi menyebut bahwa Pulau Jawa telah dihuni oleh manusia selama kurang lebih 2 juta tahun. 

Anak Muda Percayai Media Sosial untuk Segala

Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyebut anak muda kini lebih banyak mencari informasi melalui media sosial sebagai sumber dari segala sumber.

Tegang di Selat Taiwan, Kapal Perang Amerika Serikat Mematai China

Sejumlah kapal perang Amerika Serikat tampak muncul di kawasan Pasifik Barat yang diduga menggertak China atas konfliknya dengan Taiwan.

Menyibak Latar Gerakan Kiri di Lumbung Merah Klaten

Pada 1950an hingga 1960an, Klaten dikenal sebagai lumbung merah yang memiliki basis aktivis yang berafiliasi dengan gerakan kiri, sebagai akibat dari persoalan kronis agraria puluhan tahun.

Dua Juta Tahun Lalu, Manusia Pertama Mendiami Pulau Jawa

Data antropologi menyebut bahwa Pulau Jawa telah dihuni oleh manusia selama kurang lebih 2 juta tahun. 

Nenek Moyang Suku Jawa, Pelaut Tangguh Austronesia

Seperti kebanyakan kelompok etnis Indonesia yang lain, termasuk masyarakat Sunda, masyarakat Jawa merupakan bangsa Austronesia yang diceritakan sebagai sosok pelaut tangguh.

Perlindungan bagi Si Ikan Berjalan, Hasil Evolusi 400an Tahun

Enam spesies ikan hiu berjalan hasil evolusi 400an tahun di perairan Indonesia Timur akhirnya resmi mendapatkan perlindungan dari pemerintah.

"Kiamat" di Inggris dan Harta Karun Aspal Alam dari Indonesia

Penurunan nilai poundsterling hingga level terendah dan meningkatnya inflasi pada saat ini menandakan Inggris sudah berada di ambang resesi kembali. Sebagai negara maju, Inggris seakan tak punya daya untuk menghindar dari jurang resesi.

Kisah Tiga Pemerintahan di Satu Surakarta, Kota Kolonial dan Raja-Raja

Pada abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20, Kota Solo memiliki tiga pemerintahan berbeda yakni Kasunanan Surakarta, Kadipaten Mangkunegaran dan Residen Belanda.

Jejak Manusia Karst dari Gua Kidang Blora

Di Gua Kidang Blora ditemukan kerangka manusia purba modern Homo sapiens berjuluk Manusia Karst yang menghuni kawasan itu pada Zaman Holosen.

Rekahan Gunung Slamet di Dasar Bumi, Munculkan Air Panas Alami

Mata air panas di Kawasan Baturraden, Kabupaten Banyumas dan Guci, Kabupaten Tegal dihasilkan dari panas bumi Gunung Slamet, yang sampai saat ini masih dinyatakan sebagai gunung aktif.

Jalan Sunyi Handojo Santosa dan Ancaman Bahaya di Balik Manisnya Minuman Ringan

Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

Sejumlah produk minuman ringan hanya mencantumkan tambahan gula olahan dalam ukuran sendok makan, yang terkadang diabaikan karena dianggap sedikit, sehingga berpotensi menjadi racun badan di masa depan.

Jurus Mendadak Artis ala Farel Prayoga hingga Tradisi Pengawetan Jenazah

Berkat media sosial, Farel kini menjelma sebagai artis baru yang digandrungi banyak orang, dari anak kecil hingga orang tua.

Pandemi Melandai, Belanja Online Jalan Terus

Meski kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia telah jauh melanda, namun tren konsumen berbelanja online masih terus meninggi dan jalan terus.

Akonipuk, Mumi Ratusan Tahun dari Lembah Baliem Papua

Tradisi pengawetan mayat atau pemumian hampir ada di seluuruh benua di dunia, termasuk di Indonesia, salah satunya dilakukan oleh Suku Hubula di Lembah Baliem Papua, yang disebut Akonipuk.

Tradisi Mandi Safar dan Rabu Wekasan di Hari Terakhir Bulan Safar

Rabu (21/9/2022) adalah Rabu terakhir di bulan Sapar atau Safar pada Kalender Jawa maupun Kalender Hijriyah, yang banyak diisi kegiatan tradisi seperti mandi safar di beberapa wilayah di Indonesia, utamanya di luar Pulau Jawa, dan selametan atau tahlilan di sebagian masyarakat Pulau Jawa.

Rokok Jadi Beban Konsumsi Masyarakat Indonesia hingga Sungai-Sungai Mati

Tahun ini, rokok masih menjadi biang kerok cukup besar terhadap beban konsumsi masyarakat miskin di Indonesia sehingga mereka tetap bertahan di bawah garis kemiskinan.

Cerita di Balik Tingginya Kaum Boro Wonogiri

Jumlah kaum boro asal Wonogiri ke berbagai daerah di Indonesia mencapai 35 persen atau 350.000 orang dari 1 juta penduduk, yang terbilang tinggi dan di baliknya punya cerita tersendiri.

Rumah Limasan Desain Wong Kalang untuk Tempat Tinggal dan Ritual

Ratusan tahun, Wong atau Suku Kalang yang memegang teguh adat dan tradisi Kejawen merancang desain hunian berupa rumah limasan sebagai tempat tinggal dan tempat ritual.

Rokok, Si Biang Kerok Masyarakat Miskin Indonesia

Tahun ini, rokok masih menjadi biang kerok cukup besar terhadap beban konsumsi masyarakat miskin di Indonesia sehingga mereka tetap bertahan di bawah garis kemiskinan.

Mengenang THR Sriwedari, Panggung Pengorbit Via Vallen

Lima tahun lalu, Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari resmi tutup selamanya. Panggung yang turut mengorbitkan pedangdut Via Vallen dari Orkes Melayu (OM) Sera itu hanya bisa dikenang setelah 32 tahun beroperasi menghibur masyarakat Solo dan sekitarnya.

Temuan Manusia Solo Tertua di Situs Sambungmacan Sragen

Di tepi Sungai Bengawan Solo, di Desa/Kecamatan Sambungmacan, Sragen, ditemukan tengkorak manusia dari Solo atau Homo erectus soloensis tertua yang ditaksir berusia 500.000 hingga 800.000 tahun lalu.

Memoar Jurug Tak Sekadar Jembatan, Tapi Juga Taman

Jembatan Jurug yang menjadi penghubung utama Kota Solo dan Karanganyar ramai diperbincangkan beberapa bulan terakhir, namun memoar tentang Jurug sebenarnya tak hanya jembatan, tapi juga taman.

Tetap Berbahasa Sunda, Kisah Masyarakat Pasundan di Bumi Mataram 

Sebagian masyarakat di tiga kabupaten di Jawa Tengah menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari mereka, alih-alih bahasa Jawa.

Kisah Jembatan Jurug A yang Tahan Bom hingga Filosofi Tumpeng

Jembatan Jurug A yang merupakan bangunan peninggalan Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Paku Buwono (PB) X tak mempan dibom berulang kali pada momentum perang pasca-kemerdekaan. 

Dibangun Era PB X Tahun 1918, Begini Perjalanan Sejarah Pintu Air Demangan Solo

Pintu Air Demangan di Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, memiliki sejarah panjang dan telah menjalankan fungsinya selama kurang lebih 100 tahun.

Dibom Berulang Kali, Jembatan Jurug A Peninggalan PB X Tak Hancur

Jembatan Jurug A yang merupakan bangunan peninggalan Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Paku Buwono (PB) X tak mempan dibom berulang kali pada momentum perang pasca-kemerdekaan. 

Semula Tanaman Hias, Menyesap Jejak Teh Nusantara

Tanaman penghasil teh kali pertama dibawa ke Nusantara pada 1684 berupa biji teh [diduga sinensis] yang ditanam sebagai tanaman hias di Batavia, hingga jejaknya menjadi tanaman unggulan pada era tanam paksa oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Parwatarajadewa Dipercaya Sing Mbaureksa Gunung Lawu

Parwatarajadewa adalah sosok dewa yang tersebar luas pada masa Majapahit dan dipercaya menjadi sing mbaureksa atau yang menguasai Gunung Lawu, menurut sejumlah catatan kuno.

Terjerat Pinjol Ilegal, Bunuh Diri hingga Lakoni Perampokan

Seorang ibu rumah tangga berinisial WPS, 38, meninggal akibat bunuh diri nekat usai tak tahan diteror penagih hutang dari pinjaman online (pinjol), Sabtu (2/10/ 2021). Sementara, seorang pemuda berinisial DP, 19, diduga merampok toko mini market karena terjerat pinjol dan judi online, Selasa (31/5/2022).

Sedulur Papat Limo Pancer dan Jejak Tien Soeharto di Stadion Manahan

Masyarakat Jawa mengenal istilah Sedulur Papat Limo Pancer tak hanya sebagai mitos tapi juga pedoman hidup, sedulur papat [saudara empat] itu adalah teman saat terlahir sebagai bayi, yakni air ketuban (kakang kawah/kakak air ketuban], adi ari-ari  [adik ari-ari], darah dan tali pusar.

Bosan Bekerja, Bosan Jadi Pengangguran

Pandemi Covid-19 membuat sebagian pekerja merasa bosan bekerja, sementara job seeker bosan jadi pengangguran.

Persebaya Sampek Kiamat, Mbonek Sampek Matek

Sejumlah oknum suporter fanatik Persebaya, Bonek yang memiliki filosofi Persebaya Sampek Kiamat, Mbonek Sampek Matek merusak sejumlah fasilitas Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (15/9/2022). 

Kakang Kawah Adi Ari-Ari, Sedulur Papat Limo Pancer

Masyarakat Jawa mengenal istilah Sedulur Papat Limo Pancer tak hanya sebagai mitos tapi juga pedoman hidup, sedulur papat [saudara empat] itu adalah teman saat terlahir sebagai bayi, yakni air ketuban (kakang kawah/kakak air ketuban], adi ari-ari  [adik ari-ari], darah dan tali pusar.

15 Puncak Lawu hingga Biaya Hidup di Solo yang Tak Semurah dalam Bayangan

Serat Centhini menyebutkan bahwa Gunung Lawu yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki 15 puncak, tak hanya tiga yakni Hargo Dumilah, Hargo Dalem, dan Hargo Tiling atau Hargo Dumiling.

Anti Kerja Kantoran, Generasi Zoomer Pilih Jadi Influencer

Influencer menjadi cita-cita terbaru yang diimpikan oleh generasi Z alias Zoomer, yang tak ingin bekerja kantoran karena minimnya fleksibilitas kerja.

Tak Hanya Tiga, Gunung Lawu Konon Punya 15 Puncak

Serat Centhini menyebutkan bahwa Gunung Lawu yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki 15 puncak, tak hanya tiga yakni Hargo Dumilah, Hargo Dalem, dan Hargo Tiling atau Hargo Dumiling.

Samin Sedulur Sikep, Pembangkang Aturan Sebagai Bentuk Perlawanan

Ajaran Samin adalah salah satu suku yang ada di Indonesia, yang merupakan keturunan dan pengikut Samin Surosentiko yang mengajarkan sedulur sikep, di mana mereka mengobarkan semangat perlawanan terhadap Belanda dengan menjadi pembangkang.

Kisah Cinta Anak Petani & Wanita Darah Biru hingga Fenomena Mobil Goyang

"Hanya ada satu Nyonya Soeharto dan tidak ada lagi yang lainnya. Jika ada, akan timbul pemberontakan yang terbuka di dalam rumah tangga Soeharto."

Rayap Pemakan Uang, Personifikasi Koruptor Menurut Mogi Darusman

Uang Rp100 juta milik penjaga SDN Lojiwetan, Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Samin, sebagian rusak dimakan rayap setelah disimpan 2,5 tahun, Selasa (13/9/20220). Penyanyi era 1970an Mogi Darusman mempersonifikasikan kelakuan koruptor di Indonesia bagaikan rayap pemakan uang.

Komunitas Monkey Hate di Balik Konten Penyiksaan Bayi Monyet

Komunitas Monkey Hate diduga berada di balik konten penyiksaan bayi monyet, pekan lalu. AYN dan I, dua warga Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sadis menyiksa dan memutilasi monyet, salah satu hewan dilindungi di Indonesia.

Menelusuri Wisata Kampung Bekas Kota Raja Surakarta

Surakarta atau Solo sebagai bekas kota raja memiliki deretan kampung yang konon menggambarkan pekerjaan penghuninya, selain punya potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Tarian Khas Kadipaten Mangkunegara Dibawa Roadshow ke Tiga Negara

Tari Gaya Mangkunegaran yang penuh cerita dan filosofi bakal dibawakan oleh Penari Kemantren Langenpraja dalam roadshow ke tiga negara, yakni Malaysia, Thailand, dan Australia.

Kisah di Balik Kecerdasan Pemikiran Raja Solo PB X, Baca 5 Koran Tiap Hari

Raja Keraton Solo Paku Buwono atau PB X dikenal memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi serta visioner atau pemikiran maju di zamannya.

Kungkum di Tempuran, Sungai Bengawan Solo Riwayatmu Dulu

Hingga 1980an, riwayat Sungai Bengawan Solo dulu masih menjadi tempat kungkum bagi masyarakat yang percaya alirannya bisa membersihkan jiwa dan raga.

Selebgram Jualan Konten Seksi hingga Teladan Jiwa Kesatria dari Lumajang

Selebgram yang menjual konten seksi memunculkan pertanyaan, apa tujuan mereka melakukan hal tersebut? Apakah demi sesuap nasi, menghidupi gengsi, atau sekadar menunjukkan eksistensi diri.

Solo Pernah Caplok Desa di Colomadu dan Gondangrejo Karanganyar

Kecamatan Colomadu yang terpisah dari Kabupaten Karanganyar, sebelumnya tak benar-benar berpisah karena sebagian wilayah yang menyambungkannya dengan kecamatan lain terputus karena dicaplok oleh Kota Solo, termasuk sebagian wilayah Kecamatan Gondangrejo.

Kisah Sunarti, Gerwani, dan Jeruji Besi

Gerwani adalah organisasi wanita yang dikaitkan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan dituduh terlibat dalam Gerakan 30 September, yang kemudian dilarang dan banyak anggotanya ditangkap dan dijebloskan ke jeruji besi, salah satunya, Sunarti, bekas pengurus Gerwani Solo.

Keharuman Cendana, Bahan Balsam Jenazah Putra-Putri Raja

Cendana yang bernama latin Santalum album Linn menjadi komoditi mahal sejak berabad silam, yang karena julukannya sebagai the king of parfum, digunakan untuk membalsam jenazah putra-putri raja di Sri Lanka sejak abad ke-9.

Berulang Kali, Ratu Elizabeth II Bertahan dari Percobaan Pembunuhan

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) waktu Inggris. Pemimpin kerajaan terlama di Inggris sepanjang sejarah itu sedikitnya tiga kali melewati percobaan pembunuhan.

Invasi Warung Kelontong 24 Jam Madura, Saingan Minimarket Dimana-Mana

Sejumlah kota besar di Pulau Jawa melaporkan keberadaan warung Madura 24 jam yang mulai menginvasi kawasan padat penduduk hingga menjadi saingan minimarket waralaba.

Sri Asih, Adisatria Wanita Pertama dari Komik Wayang

Pevita Pearce bakal menjadi pemeran sosok adisatria (pahlawan super) wanita Sri Asih, dalam film Sri Asih dalam waktu dekat.

Tradisi Berburu Kepala Manusia oleh Suku Kuno di Indonesia

Sejumlah suku di Nusantara memiliki tradisi kuno berupa berburu kepala manusia, sebagai persembahan untuk ritual tertentu.

Espos Plus: Macan Tutul Jawa Terdeteksi Kamera di Gunung Lawu Bagian Selatan

Seekor macan tutul terekam kamera jebak sedang berkeliaran di Kesatuan Pengelolaan Hutan Gunung Lawu bagian selatan, beberapa waktu lalu. Video penampakan macan tutul berukuran besar itu menandakan bahwa keberadaan spesies tersebut masih lestari di alam bebas, utamanya di hutan lindung Gunung Lawu bagian selatan.

Macan Tutul Gunung Lawu Tertangkap Kamera, Biarkan Lestari Jangan Diburu

Seekor macan tutul terekam kamera jebak sedang berkeliaran di Kesatuan Pengelolaan Hutan Gunung Lawu bagian selatan, beberapa waktu lalu.

Hukum Adat buat Wanita Hamil di Luar Nikah

Sejumlah wilayah di Indonesia menerapkan hukum adat untuk memberikan sanksi kepada wanita yang hamil di luar nikah.

Dijual Bebas, Parasetamol Diduga Sebabkan Kematian Puluhan Anak Gambia

Pemerintah Gambia tengah menyelidiki apakah kematian puluhan anak akibat gagal ginjal dalam beberapa bulan belakangan yang diduga ada kaitannya dengan sirup parasetamol.

Gempa Bumi di Primbon Jawa Kadang Dimaknai Pertanda

Primbon Jawa memaknai peristiwa bencana alam, salah satunya gempa bumi sebagai pertanda.

Espos Plus: Adab Bermedsos dalam Konten Terkait Siswi Berkutu di Karanganyar

Tanpa menyembunyikan identitas, Baim Wong mengunggah lima video di Youtube terkait siswi SD di Karanganyar yang viral karena memiliki banyak kutu rambut. Viralnya video tentang siswi dengan kutu rambut banyak itu membuat Bupati Karanganyar Juliyatmono tidak senang.

Siswi Hamil dan Melahirkan di Sekolah, Kerek Angka Pernikahan Anak

Indonesia menempati posisi ke-7 kasus pernikahan anak di dunia, salah satunya terkerek akibat fenomena siswi yang hamil, kemudian melahirkan dan harus meninggalkan bangku pendidikan untuk menikah.

Dijepit Atas-Bawah, Beban Berat Generasi Sandwich Si Roti Apit

Bak daging di tengah roti apit secara jelas menggambarkan kondisi generasi sandwich yang dijepit atas-bawah oleh beban dari generasi di atasnya dan generasi di bawahnya.

Perumahan Mewah Cota Blunda di Villa Park Banjarsari Nan Asri

Villa Park Banjarsari adalah salah satu cota blunda atau kawasan permukiman mewah warga Belanda dan Eropa di masa silam, yang asrinya masih terasa sampai kini.

Puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu, Saksi Ritual Zaman Dulu

Di puncak Gunung Merbabu terdapat situs arkeologi yang diduga merupakan sarana ritual pada zaman dulu, berupa bebatuan megalitikum di puncak Watu Lumpang dan puncak Kenteng Songo.

Jejak Paku Buwono X dalam Jangkah Persis Solo

Paku Buwono (PB) X turut berperan dalam jangkah Persis Solo, salah satunya mendorong klub sepak bola berjuluk Laskar Sambernyawa ini menjuarai tujuh kali liga perserikatan.

Soetarni Njoto, Dipenjara Bersama Tujuh Anaknya karena Cinta

Raden Ayu Soetarni, masih kerabat dari Pura Mangkunegaran, dipenjara bersama ketujuh anaknya, hanya karena menjadi istri dari Wakil Ketua Comite Central Partai Komunis Indonesia (CC PKI), Njoto.

Bak Kiamat Kecil, Banjir Pakistan Akibat Perubahan Iklim

Musim hujan tak terduga akibat perubahan iklim di Pakistan telah membuat sepertiga wilayah di negara itu dilanda banjir dahsyat selama berpekan-pekan hingga membuatnya bak kiamat kecil. 

Naga dalam Mitologi Jawa, Hanya Legenda atau Benar Ada

Naga menjadi makhluk mitologi dan legenda, yang dipercaya pernah ada, termasuk dalam kebudayaan Jawa.

Anak Muda Kencan Online di Aplikasi, Biro Jodoh Masa Kini

Berburu pacar lewat aplikasi kencan online menjadi alternatif anak muda masa kini yang menggantikan rubrik biro jodoh pada majalah maupun koran yang populer pada era 1980an hingga 1990an.

Fenomena Remaja Jompo, Yang Muda Yang Mudah Lelah

Fenomena remaja jompo menjadi istilah populer setahun terakhir, yang merujuk pada anak-anak muda yang mudah merasa lelah letih, lesu, pegal-pegal, dan masuk angin ketika melakukan berbagai aktivitas. 

Ruwat Rambut Gimbal Gembel, Rawat Tradisi Kejawen

Meruwat bocah berambut gimbal atau gembel menjadi tradisi rutin yang dilakukan penduduk di dataran tinggi Dieng, sebagai wujud kepercayaan, sekaligus merawat dan melestarikan budaya kejawen.

Empat Desa Tak Berpenghuni di Lereng Gunung Merapi

Erupsi Gunung Merapi pada 1961 berimbas pada empat desa di lereng Gunung Merapi yang hancur dan terkubur, hingga tak lagi berpenghuni karena penduduknya mengikuti program transmigrasi bedol desa ke Lampung.

Espos Plus: Konten Porno Tumbuh Subur di Twitter

Konten mengandung pornografi sangat mudah ditemukan di Twitter dalam bentuk foto maupun video. Kenapa tidak diblokir oleh Kominfo?

Sarang Walet Si Emas Putih, Ekspor Andalan Jawa Tengah

Sarang burung walet yang kerap disebut emas putih menjadi komoditas ekspor andalan dari Jawa Tengah (Jateng) yang nilainya meningkat cukup signifikan selama masa pandemi Covid-19.

Panic Buying di SPBU Jadi Pemandangan Lumrah Setiap Muncul Isu Kenaikan BBM

Kepanikan semacam ini menjadi pemandangan yang lumrah terjadi menjelang kenaikan harga BBM. Mayoritas warga Indonesia, baik yang kaya dengan dua sampai lima mobil maupun miskin yang hanya memiliki satu sepeda motor selalu panik diguncang isu tersebut.

Siapa Raden Saleh

Film Mengejar Raden Saleh menjadi perbincangan menarik di media sosial sepekan terakhir, hingga mengemuka pertanyaan mengenai siapakah sosok Raden Saleh itu.

Fenomena Percaya Dukun

Fenomena percaya pada kemampuan dukun telah mengiringi masyarakat Indonesia dalam setiap sendi kehidupan.

Simbol Kesejahteraan Ritual Yaa Qawiyyu Ki Ageng Gribig

Setelah terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, penyebaran apam sebagai simbol kesejahteraan Yaa Qawiyyu Ki Ageng Gribig rencananya kembali digelar di Lapangan Klampeyan, Jatinom, Klaten, Jumat (16/9/2022) siang atau setelah Salat Jumat.

Jamu dari Masa Lalu di Gunung Lawu

Aneka ragam flora menjadi pengisi relief pada candi dan situs di lereng barat Gunung Lawu, yang jamaknya menggambarkan fungsinya di masa lalu, di antaranya sebagai jamu maupun bahan upakara.

Konsep Pajupat Kalima Pancer Kota Solo

Konsep Pajupat Kalima Pancer, kesatuan dari empat arah dengan yang kelima sebagai pusatnya diterapkan dalam pendirian Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, yang kini juga dikenal dengan Kota Solo.

Populasi Menurun Drastis, Kera Ekor Panjang Terancam Punah

Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) telah menaikkan status kera ekor panjang dari vulnerable atau rentan ke endangered yakni terancam punah, akibat populasinya yang menurun drastis.

Tapal Penegas Trah Mataram Islam Pecah Dua Bagian

Di wilayah perbatasan Klaten dan Gunungkidul, dekat Bukit Botak, ada tugu tapal batas penegas pecahnya trah Kerajaan Mataram Islam menjadi dua bagian, yakni Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Kasultanan Yogyakarta. 

Bancakan Weton dan Harapan dalam Setampah Makanan

Bancakan weton adalah tradisi masyarakat Jawa yang berlangsung untuk memperingati hari kelahiran dalam hitungan kalender Jawa setiap 25 hari sekali (selapan), sebagai wujud syukur sekaligus menyampaikan harapan dalam setampah makanan yang disajikan untuk kemudian dibagikan.

Young and Broke, Gen Z Stres Karena Uang

Sebuah survei mengungkap kondisi keuangan di masa depan menjadi salah satu hal paling dicemaskan generasi Z (Gen Z), yang agaknya mirip dengan lagu penyanyi asal Amerika Serikat,  Khalid berjudul Young, Dumb, and Broke.

Wasabi Jadi Komoditas Mahal yang Diekspor Jawa Tengah

Wasabi, tanaman asli Jepang yang berhasil dibudidaya di Indonesia menjadi salah satu komoditas berharga mahal yang diekspor Jawa Tengah (Jateng) pada akhir tahun lalu.

Wasabi Asal Jawa Tengah Diekspor Mahal ke Jepang

Wasabi, tanaman asli Jepang yang berhasil dibudidaya di Indonesia menjadi salah satu komoditas berharga mahal yang diekspor Jawa Tengah (Jateng) pada akhir tahun lalu.

Sekaten, Tradisi Religi Jadi Budaya dan Alat Legitimasi Raja

Sekatenan atau sekaten Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah tradisi religi yang berkembang menjadi budaya, sekaligus alat legitimasi raja, yang tahun ini kembali digelar mulai tanggal 16 September 2022 hingga 16 Oktober 2022.

Di Candi Sukuh, Sahadewa Meruwat Durga dari Dosa

Relief di kompleks Candi Sukuh salah satunya berkisah mengenai sosok Sahadewa yang meruwat Dewi Durga agar terbebas dari kutukan dan dosa.

Kuburan Massal Tragedi 1965 yang Terserak

Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan (YPKP) 65 telah melacak lokasi kuburan massal korban tragedi 1965, dengan jumlah terbanyak di Jawa Tengah, disusul Jawa Timur.

Mengenang Plombir, Si Pajak Sepeda Onthel

Sejak 1930 hingga 1997, pemilik sepeda onthel dikenai pajak yang disebut plombir atau plembir.

Letusan Gunung Merapi Kubur Peradaban Situs Wonoboyo

Aliran lahar letusan Gunung Merapi telah mengubur peradaban di Situs Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten, beratus tahun silam.

“Cota Blunda” Kota Belanda di Surakarta

Vonstenlanden Surakarta memiliki Cota Blunda atau Kota Belanda, kompleks hunian bagi warga Belanda atau Eropa yang bertempat tinggal di kota raja.

Cerita Bill Gates Beternak Nyamuk Wolbachia

Sosok filantropis dan pebisnis ternama, Bill Gates menggunakan sebagian kekayaannya untuk berternak nyamuk, langkah tak biasa namun disebutnya bakal bermanfaat bagi dunia.

Judi Togel dan Capjikia Pernah Merajalela di Soloraya di Awal 2000-an

Pemberantasan judi yang dilakukan aparat kepolisian di berbagai daerah sejak awal pekan ini, pernah berlangsung pada awal tahun 2000an lalu, salah satunya mengosek praktik judi togel (toto gelap) dan capjikia yang merajalela di Soloraya.