Jibi

Jibi

Kumpulan artikel Jibi yang tayang di solopos.com

Follow Me:

Daftar Tulisan Jibi

+ PLUS Setahun Gerakan Yogowes, Bersepeda untuk Pemberdayaan Masyarakat

Pemerintah Kota Jogja, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, mengajak masyarakat semakin sering bersepeda. Gerakan bersepeda menjadi wahana memberdayakan masyarakat.

+ PLUS Era Analog Memang Telah Usai, tapi Tidak bagi Pencinta Kaset

Kaset atau kaset pita pernah merajai pasaran industri musik pada 1970-an hingga awal 2.000-an. Kini era kaset telah usai, tapi tidak bagi para pencinta dan kolektor.

+ PLUS Ekonomi Digital Baru Sumbang 4% PDB, Peluang Pengembangan Terbuka Lebar

Perekonomian digital Indonesia saat ini baru menyumbang 4% dari produk domestik bruto atau PDB. Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah perlu mencermati peluang peningkatan usaha melalui peningkatan tren ekonomi digital.

+ PLUS Perang Energi di Tengah Kegagalan Kampanye Rusia di Ukraina

Presiden Amerika Serikat Joe Biden resmi melarang impor minyak, gas alam, dan sumber energi lainnya dari Rusia sejak Selasa (8/3/2022). Kampanye Rusia di Ukraina bisa disimpulkan gagal.

+ PLUS Alasan Perempuan Penting sebagai Subjek Pengembangan EBT

Aspirasi dan kebutuhan dari masyarakat seperti kelompok perempuan dan masyarakat di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal serta pendekatan gender belum terwakili dalam draf RUU EBT.

+ PLUS KPA: Bank Tanah Bisa Berujung Korupsi Institusional

Kajian Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA) menyimpulkan Bank Tanah bisa menjadi awal korupsi institusional.

+ PLUS Fasad Bangunan Malioboro Ditata, Jalur Pedestrian Segera Berlaku Penuh

Penataan fasad bangunan di Malioboro terus dilakukan. Sesuai rencana, Malioboro akan menjadi jalur pedestrian penuh.

+ PLUS Tren Kolaborasi E-Commerce dengan Entitas Lain akan Makin Marak

Tren kolaborasi e-commerce dengan entitas lain akan makin marak. Ini adalah upaya untuk menyediakan semua produk yang dibutuhkan pembeli dan pelanggan.

+ PLUS Mengemuka Dugaan Penyiksaan di Kerangkeng Manusia Libatkan Anggota TNI

LPSK menerima permohonan perlindungan dari empat eks penghuni kerangkeng manusia di Rumah Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin. Mengemuka dugaan keterlibatan anggota TNI dalam penyiksaan penghuni kerangkeng tersebut.

+ PLUS Dua PLTA Milik Jusuf Kalla Pembangkit EBT Terbesar di Indonesia Timur

PLTA Poso dan PLTA Malea menjadi pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) terbesar di Indonesia Timur dengan kapasitas 605 megawatt (MW).

Pentas Seni di Teras Malioboro Dihentikan Sementara Waktu

Pentas seni di Teras Malioboro dihentikan sementara waktu karena persebaran Covid-19 melonjak. Hasil riset akademis menunjukkan gerakan Warga Desa Wadas menolak penambangan batu andesit murni muncul di kalangan mereka.

+ PLUS Peta Jalan Pajak Karbon Harus Bisa Diakses Publik

Pajak karbon segera berlaku pada April 2022. Peta jalan penerapan pajak karbon harus bisa diakses publik. Pajak karbon bukan informasi yang dikecualikan.

+ PLUS Pentas Seni dan Budaya untuk Menghidupkan Teras Malioboro

Penyelenggaraan pentas seni dan budaya di Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2 dievaluasi agar makin baik dan sesuai tujuan menghidupkan kawasan tersebut.

Dekriminalisasi Pengguna Narkoba Lewat Skema Intervensi Kesehatan

Jaringan Reformasi Kebijakan Narkotika (JRKN) mengusulkan skema intervensi kesehatan terhadap pengguna narkotika sebagai bentuk dekriminalisasi pengguna narkotika di Indonesia.

+ PLUS Penghentian PLTU Berdampak pada Keuangan PLN hingga Rp543 Triliun

Skema phase out atau penghentian pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan bakar batu bara berdampak pada finansial PLN sekitar US$38 miliar atau setara Rp543 triliun.

Harga Kedelai, Amdal Bendungan Bener Tak Valid, dan Teknologi Drone

Harga kedelai dunia meningkat karena China memborong 100 juta ton kedelai untuk pakan ternak. Akademisi dari IPB dan UGM menilai amdal Bendungan Bener tidak valid untuk landasan kebijakan.

+ PLUS China Borong 100 Juta Ton Kedelai Pangkal Harga Kedelai Dunia Naik

China memborong lebih dari 60% atau lebih dari 100 juta ton pasokan kedelai dunia untuk kebutuhan pakan ternak. Peningkatan pembelian ini mengakibatkan harga kedelai di pasar global meningkat.

+ PLUS Bos BPJS Kesehatan: Banyak Regulasi Mewajibkan Jadi Peserta JKN-KIS

Sebenarnya banyak regulasi yang mewajibkan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIN). Kalangan wakil rakyat menilai syarat itu memberatkan dan tidak relevan dengan kewajiban negara menyediakan pelayanan publik.

+ PLUS Investasi Kripto akan Makin Umum Lima Tahun ke Depan

Berinvestasi aset kripto akan menjadi semakin mainstream atau umum di masyarakat Indonesia hinggga lebih dari lima tahun ke depan.

+ PLUS Bioskop Lokal Menyerah kepada Perubahan Zaman

Bioskop tidak hilang. Hanya berubah. Pengelola bioskop lokal di Kota Jogja yang tak sanggup berubah akhirnya menyerah kepada perubahan zaman.

+ PLUS Indonesia Layak Menjadi Pusat Energi Biomassa Dunia

Salah satu jenis EBT berpotensi besar di Indonesia adalah biomassa. Energi biomassa adalah bahan bakar yang dibuat dengan mengonversi bahan-bahan biologis seperti tanaman serta produk-produk pertanian dan perkebunan.

+ PLUS Garuda Siap Bayar Utang 100%, DPR Beri Dukungan Politik Penyelamatan

Manajemen Garuda Indonesia optimistis restrukturisasi utang melalui proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) di pengadilan berhasil, walaupun negosiasi dengan sejumlah lessor alot.

+ PLUS Februari Bulan Sepi, Dampak Pemindahan PKL Malioboro Belum Terasa

Perlu waktu panjang untuk melihat dampak pemindahan PKL dari jalur pedestrian Malioboro ke Teras Malioboro terhadap penjualan toko-toko di kawasan Malioboro.

+ PLUS Layanan Internet Buruk, Pemerintah Optimistis Bisa Memperbaiki

Kualitas layanan Internet di Indonesia tertinggal di kawasan Asia Tenggara. Pemerintah optimistis bisa memperbaiki. Momentum keketuaan Indonesia di G20 harus memacu perbaikan tersebut.

+ PLUS Polisi Bongkar Kuburan Dua Penghuni Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat

Kepolisian Daerah Sumatra Utara membongkar dua makam atau kuburan warga yang pernah menghuni kerangkeng di rumah Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin.

+ PLUS Pekan Budaya Tionghoa untuk Mengingat Identitas Berbasis Keberagaman

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2022 mengajak masyarakat untuk mengingat lagi bahwa Indonesia dibangun oleh keberagaman, demikian juga Kota Jogja.

+ PLUS Kerelaan PKL Pindah Harus Diikuti Konsistensi Penataan Malioboro

Kepindahan PKL yang biasa memangkal di jalur pedestrian Malioboro, Kota Jogja, ke Teras Malioboro 1 dan 2 harus diikuti konsistensi penataan Malioboro. Jangan sampai muncul PKL baru di jalur pedestrian Malioboro.

+ PLUS Warga Desa Wadas Jatuh Bangun Menolak Pertambangan Batu Andesit

Warga Desa Wadas sejak 2018 menolak penambangan batu andesit di desa itu untuk pembangunan Bendungan Bener. Pada Selasa (8/2/2022) pecah konflik lagi antara warga Desa Wadas dengan polisi yang mengawal tim pengukur tanah dari BPN

+ PLUS Pertumbuhan Ekonomi Masih Terpusat di Jawa, Butuh Pemerataan Selekasnya

Perekonomian nasional masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Ini tercermin dari kontribusi pulau tersebut terhadap produk domestik bruto atau PDB nasional yang lebih dari setengah.

+ PLUS Analisis Utang Global Berdasarkan Negara Menunjukkan Indonesia Aman

Negara-negara telah mengambil utang baru untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19. Peningkatan utang ini secara global menghasilkan tingkat utang global tertinggi dalam setengah abad terakhir.

+ PLUS Urban Farming Berkembang Pesat Jadi Pendukung Pertanian Hortikultura

Sebuah penelitian oleh peneliti di Arizona State University mengungkap implementasi urban farming secara penuh di setiap kota besar di dunia dapat menghasilkan 180 juta ton bahan makanan selama setahun.

+ PLUS Penghapusan Presidential Threshold Mencegah Polarisasi dan Disintegrasi

Lebih bijak apabila pemerintah menghapus ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) dibandingkan dengan mempersingkat durasi kampanye.

+ PLUS McDonald's Setop Jual Kentang Goreng Besar, Bukti Tergantung Impor

McDonalds Indonesia menghentikan sementara penjualan kentang goreng ukuran besar sejak 2 Februari 2022. McDonalds Jepang lebih dulu melakukan itu. Pasokan bahan baku yang berkurang jadi alasan utama.

+ PLUS OMS Sebut Lubang Tambang di IKN, Otoritas Menilai Itu Data Karangan

Koalisi organisasi masyarakat sipil (OMS) menyatakan terdapat banyak lubang bekas tambang di wilayah calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.

+ PLUS IKN Nusantara Ditargetkan Jadi Kota Paling Layak Huni pada 2045

Pembangunan IKN Nusantara dengan konsep dan strategi ramah lingkungan serta menggunakan 100% energi terbarukan.

+ PLUS Kadang Kala Ngalong Walau Berisiko Jadi Korban Pelecehan Seksual

Perempuan pengemudi ojek online minoritas di dunia kerja ini. Mereka juga sering bekerja hingga tengah malam dan dini hari. Kekerasan seksual jadi risiko yang membuat mereka khawatir setiap hari.

+ PLUS Menggantungkan Harapan Baru di Teras Malioboro

PKL Malioboro yang mendapat lokasi memangkal baru di Teras Malioboro dilarang menyewakan atau menjual jatah lokasi baru itu kepada orang lain. Pemindahan PKL Malioboro dilaksanakan pada 1-7 Februari 2022.

+ PLUS Legal dan Logis Syarat Utama Memilih Aplikasi Trading dan Investasi

Perkembangan teknologi memungkinkan pengelola aplikasi-aplikasi trading dan investasi mempromosikan produk melalui bermacam-macam iklan di media sosial.

+ PLUS Metaverse Menjadi Gaya Hidup Satu Dekade Lagi

Ekosistem metaverse di Indonesia belum siap. Teknologi ini diperkirakan akan menjadi gaya hidup satu dekade lagi. Metaverse butuh akses Internet level 5G.

+ PLUS Hari Privasi Data Pengingat Urgensi Pengesahan Segera RUU PDP

Hari Privasi Data Internasional jadi pengingat urgensi payung hukum perlindungan data pribadi. DPR dan pemerintah harus mempercepat pembahasan RUU PDP dan segera mengesahkan menjadi undang-undang.

+ PLUS Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

+ PLUS Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik

Pemerintah yakin proses restrukturisasi PT Garuda Indonesia Tbk. lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) akan berakhir baik seperti Philippine Airlines.

+ PLUS Indonesia-Singapura Mempersempit Ruang Gerak Koruptor dan Teroris

Perjanjian ekstradisi Indonesia dan Singapura akan mempersempit ruang gerak korupor dan teroris yang jamak melakukan tindak pidana lintas negara.

+ PLUS Desain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

Desain dan konsep Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sepenuhnya kota masa depan. Infrastrukturnya belum pernah ada di kota-kota masa kini.

+ PLUS Malioboro akan Dilengkapi Museum Jogja Masa Lalu dan Masa Depan

Kawasan Malioboro akan dilengkapi museum yang menghadirkan Jogja pada masa lalu dan masa depan yang disebut proyek Jogja Planning Gallery (JPG). Lokasi JPG di Gedung DPRD DIY. Kantor DPRD DIY akan dipindah ke Umbulharjo, Kota Jogja.

+ PLUS Pemungutan Suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024

Rapat dengar pendapat Komisi II DPR pada Senin (24/1/2024) secara bulat menyepakati hari pemungutan suara Pemilu 2024 adalah Rabu 14 Februari 2024. Kepastian ini harus mengakhiri semua spekulasi tentang Pemilu 2024.

+ PLUS Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

QZRUH yang pada era 1980-an hingga 1990-an dikenal sebagai geng remaja anarkistis di Kota Jogja kini mengubah citra menjadi geng dengan aneka kegiatan sosial. QZRUH Reborn berusaha mengubah citra geng ini menjadi lebih humanis.

+ PLUS Pembangunan Kawasan Inti Ibu Kota Baru Masih Menunggu Alokasi Biaya

Realisasi pembangunan infrastruktur di kawasan inti ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur masih menunggu alokasi anggaran dan perintah Presiden Joko Widodo. Seluruh lahan bakal lokasi ibu kota baru adalah tanah negara.

+ PLUS Terburu-Buru Menuju Bonus Sambal Terong

Pembahasan RUU IKN hingga ditetapkan menjadi undang-undang hanya butuh waktu 42 hari. Undang-undang ini potensial digugat ke Mahkamah Konstitusi terutama karena aspek partisipasi publik yang tidak bermakna.

+ PLUS Penataan Malioboro dan PKL di Ruang Sarat Konflik Kepentingan

Penataan Malioboro dan rencana pemindahan para pedagan kaki lima adalah wujud konflik kepentingan di ruang besar Malioboro pada era kiwari. Sejarah Malioboro adalah sejarah tentang konflik kepentingan.

+ PLUS Ekspor Hortikultura ke 14 Negara Terbuka Luas

Potensi produksi hortikultura di Indonesia cukup besar. Potensi ekspor juga sangat tinggi. Setidaknya ada 14 negara yang bisa menjadi tujuan ekspor hortikultura.

+ PLUS Krisis Listrik Bisa Berulang, Transisi ke Energi Bersih Harus Segera

Indonesia terancam menghadapi krisis listrik berulang akibat defisit pasokan batu bara di pembangkit listrik milik PT PLN. Transisi energi menjadi pilihan paling logis dengan meminimalkan energi fosil seperti batu bara.

+ PLUS Pemindahan PKL Malioboro Layak Ditunda Setahun hingga Tiga Tahun

Pemindahan PKL Malioboro layak ditunda setahun hingga tiga tahun lagi. Kini belum ada urgensi memindah mereka. Pemerintah Provinsi DY butuh waktu 15 hari hingga 20 hari untuk memindah semua PKL Malioboro pada Januari 2022.

+ PLUS Dokumen Kependudukan Berhuruf Braille untuk Memenuhi Hak Sipil

Dokumen kependudukan berhuruf Braille adalah ikhtiar memenuhi hak-hak sipil warga penyandang disabilitas netra. Inovasi demikian telah dilakukan sejumlah pemerintah kota/kabupaten.

+ PLUS Perlu Mitigasi Dampak Psikologis Pandemi Jangka Menengah dan Panjang

Beberapa studi menunjukkan dampak negatif psikologis timbul dari penerapan sistem kenormalan baru menghadapi pandemi Covid-19. Perlu mitigasi dampak itu dalam jangka menengah dan jangka panjang.

+ PLUS Ketimpangan Akses Internet Pengaruhi Pengembangan Pasar di Perdesaan

Pemerataan akses Internet sebagai salah satu cara perdagangan daring atau e-commerce menembus dan memperluas pasar di kawasan perdesaan.

+ PLUS Pencabutan 2.078 Izin Momentum Perbaikan Tata Kelola Pertambangan

Kebijakan Presiden Joko Widodo mencabut 2.078 izin usaha pertambangan adalah langkah tepat. Kebijakan ini menjadi momentum sangat baik untuk memperbaiki tata kelola pertambangan.

+ PLUS Ketika Malioboro Tanpa PKL

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pemindahan PKL Malioboro dilakukan secepatnya, tak perlu menunggu hingga setelah Lebaran 2022.

+ PLUS Penataan Kawasan Malioboro, PKL Minta Pemindahan Setelah Lebaran

Penataan kawasan Malioboro, Kota Jogja, untuk menyejahteraan warga dan memuliakan kawasan ini. Para pedagang kaki lima berharap pemindahan mereka dari Malioboro ke lokasi baru dilakukan setelah Lebaran.

+ PLUS Pemuliaan Warga Senior Terkendala Data Tidak Akurat

Peningkatan kesejahteraan warga senior memerlukan data mikro dan data makro yang akurat, memiliki variabel lengkap sesuai kebutuhan dan tujuan, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai acuan merumuskan kebijakan nasional.

+ PLUS Jalan Panjang Mewujudkan Kawasan Tanpa Rokok di Kota Jogja

Pemerintah Kota Jogja, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan road map atau peta jalan kawasan tanpa rokok (KTR) yang akan diwujudkan pada 2022-2027.

+ PLUS Data Tidak Valid, Perlu Sensus Penduduk Miskin

Perlu penyelenggaraan sensus penduduk miskin karena data kemiskinan ekstrem faktual berbeda antara data di level desa dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

+ PLUS Program Kota Masa Depan Mendigitalkan UMKM di Kota-Kota Kecil

Tiga perusahaan bisnis digital dan teknologi berkolaborasi menciptakan ekosistem digital bagi UMKM di kota-kota kecil melalui program Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan atau Kota Masa Depan.

+ PLUS Bisnis Properti 2022 Diprediksi Cerah, Pemerintah Perpanjang Insentif

Bisnis sektor properti diyakini semakin membaik pada 2022. Insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah atau PPN DTP untuk properti diperpanjang hingga Juni 2022.

+ PLUS Mengamati Burung Migran, Mengetahui Kondisi Lingkungan Terkini

Setiap akhir tahun burung layang-payang asia dan burung pemangsa bermigrasi dan singgah di berbagai tempat di Indonesia. Mengamati burung migran bermanfaat untuk mengetaui kondisi lingkungan terkini.

+ PLUS BPKN Optimistis Ekonomi 2022 Tumbuh dan Konsumen Lebih Berdaya

Peningkatan pengaduan masyarakat konsumen yang disampaikan kepada BPKN juga menjadi indikator jelas bahwa konsumen makin berdaya.

+ PLUS Menikmati Harmoni Kota Jogja di Lima Jalur Sepeda

Program wisata Monalisa adalah Menikmati Harmoni Jogja Dengan Lima Jalur Sepeda. Monalisa ini gabungan wisata olahraga bersepeda, menikmati harmoni Kota Jogja dari segi bangunan serta masyarakatnya, serta kuliner dan atraksi seni budaya.

+ PLUS Putusan PKPU Membuka Jalan Pemulihan Kinerja Garuda

Dalam status PKPU membuat Garuda punya waktu leluasa menyusun strategi restrukturisasi utang-utang jumbo tersebut, namun risiko tetap ada. Dalam beberapa kasus negosiasi dengan penggugat tidak selalu berjalan mulus.

+ PLUS Smart City untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Era Digital

Gerakan menuju smart city menjadi salah satu upaya untuk mengantisipasi aneka problem yang akan muncul dari perkembangan kependudukan hingga tahun 2045.

+ PLUS Penggunaan EBT Selamatkan 40.000 Jiwa Tiap Tahun

Pada saat bank-bank di dunia mulai berubah menjadi green banking, bank yang lebih ramah lingkungan, bank-bank BUMN di Indonesia justru terus mendanai proyek batu bara, penyebab krisis iklim.

+ PLUS Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

Sekolah informal seperti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu akan semakin mengadopsi sistem daring. Penyelenggara edtech akan lebih untung jika masuk pasar kursus dan berbagai jasa pelatihan.

+ PLUS PKL Harus Pindah agar Malioboro Menjadi Mirip Orchard Road

Konsep besar yang segera direlisasikan adalah mengembangkan Malioboro menjadi seperti kawasan Orchard Road di Singapura. Basisnya adalah penataan dan pemberdayaan sumbu filosofis keraton dan Kota Jogja.

+ PLUS Hasil Riset: Toleransi Bekerja secara Berbeda pada Situasi Berbeda

Tindak kekerasan ternyata tidak hanya berlangsung pada kelompok luar yang memiliki keyakinan berbeda, tetapi juga pada kelompok yang memiliki keyakinan sama.

+ PLUS Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Harus Adaptif dengan Perkembangan

Persoalan paling mendasar adalah ketidakmampuan beradaptasi dengan perubahan sosial. Penyebab lainnya adalah pengelola desa wisata tidak berinovasi sehingga kalah dalam persaingan dengan desa wisata lainnya.

+ PLUS Festival Hak Asasi Manusia Menguatkan Kegembiraan Merayakan Keberagaman

Kado indah diberikan Pemerintah Kota Semarang kepada warga kota ini bersamaan dengan Festival Hak Asasi Manusia 2021, yaitu pengesahan peraturan daerah tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas serta pengarusutamaan gender.

+ PLUS Kepala Daerah Tak akan Memilih Jalur Populis dalam Penetapan Upah

Para kepala daerah cenderung memilih kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah pusat ihwal kenaikan rata-rata upah minimum tahun 2022 yang dipatok sebesar 1,09%.

+ PLUS Pemerintah Daerah Kesulitan Menarik Retribusi Berdasar UUCK

Perubahan izin mendirikan bangunan (IMB) menjadi persetujuan bangunan gedung (PBG) membuat pemerintah daerah tidak dapat menarik retribusi jika belum terdapat perda yang mengatur penarikannya.

+ PLUS Menuntaskan Pembacaan dan Pemaknaan Oceania sebagai Ruang Kebudayaan

Biennale Jogja yang genap satu dekade pada 2021 ini ingin memperlihatkan Indonesia dan kawasan Oceania merupakan wilayah yang dekat secara geografis, namun praktik geopolitik membuat mereka saling merasa asing.

+ PLUS Aturan Bappebti Mengikat Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto

Perdagangan di pasar fisik aset kripto wajib memperhatikan kepastian hukum. MUI mengharamkan kripto menjadi mata uang.

+ PLUS Penghentian PLTU Batu Bara Kabar Baik untuk Gas Bumi Dalam Negeri

Keterbukaan pemerintah Indonesia untuk melakukan transisi energi, salah satunya dengan mengurangi PLTU secara bertahap, patut diapresiasi.

+ PLUS Indonesia Butuh Rp3.779 Triliun untuk Mitigasi Dampak Krisis Iklim

Perwakilan dari korporasi dan sektor bisnis justru difasilitasi dan diberi ruang mempromosikan gagasan dan solusi palsu yang berdasarkan pada mekanisme pasar.

+ PLUS Teknologi Makin Maju dan Aman, Nuklir Bukan Lagi Pilihan Terakhir

Pengembangan pembangkit energi yang berbahan bakar uranium dan thorium telah mendapatkan tempat dalam peta jalan energi Indonesia.

+ PLUS Aftech akan Luncurkan Situs untuk Memberantas Pinjol Ilegal

Peluncuran aplikasi khusus untuk memberantas pinjol ilegal untuk membangun ekosistem layanan keuangan digital yang sehat dan bertanggung jawab.

+ PLUS UGM Inisiasi Penguatan Kosmopolitanisme Rempah Nusantara

Menurut Tome Pires, pada masa itu para pedagang Melayu berkata Tuhan telah menciptakan Timor untuk kayu cendana, Banda untuk pala, dan Maluku untuk cengkih.

+ PLUS Mayoritas Gen-Z dan Milenial Sadar dan Tahu Krisis Iklim

Mayoritas responden Gen-Z dan milenial juga memandang krisis iklim sebagai akibat ulah manusia dan perlu segera diatasi.

+ PLUS Moderasi Beragama Syarat Menjadi Adil dan Berkemanusiaan

Menjadi moderat bukan berarti menjadi lemah dalam beragama. Menjadi moderat bukan berarti cenderung terbuka dan mengarah pada kebebasan.

+ PLUS Serangan Siber di Sektor Keuangan Makin Meningkat

Kebijakan keamanan siber harus menciptakan kultur organisasi dan perilaku individu yang mendukung langkah-langkah penguatan keamanan di dunia maya.

+ PLUS Jawa Tengah Matangkan Wacana Bus Listrik untuk Transportasi Umum

Saat ini yang sedang dibahas pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah penggunaan bus listrik untuk transportasi umum di Jawa Tengah.

+ PLUS Fesyen Berkelanjutan pada Era Kiwari adalah Keharusan

Negara-negara di Eropa menjalankan konsep berkelanjutan pada industri fesyen sejak beberapa tahun lalu yang dimulai dari pelaku industri hingga konsumen.

+ PLUS Mengkritik Pejabat Publik Bukanlah Pencemaran Nama baik

Riset ekonomi-politik tidak bisa dimonopoli oleh satu pihak saja. Riset demikian boleh dan bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk oleh kalangan organisasi masyarakat sipil.

+ PLUS Jebakan Pinjaman Online Meresahkan Pelaku UMKM

Praktik pinjaman yang menjebak bukan hanya dilakukan pinjaman online ilegal, tapi juga oleh sebagian fintech peer-to-peer (P2P) lending resmi di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan.

+ PLUS Yuni Meneriakkan ”dengan Lembut” Suara Perempuan yang Tak Terdengar

Cerita Yuni adalah kisah dengan basis eksplorasi tentang anak-anak dan remaja yang menghadapi misteri hidup dan mati.

+ PLUS Perjanjian Dagang RCEP Bisa Merugikan Petani dan Buruh

Pemerintah Indonesia tengah menyusun rencana aksi atau peta jalan untuk memastikan kesiapan seluruh pemangku kepentingan saat implementasi RCEP.

+ PLUS Keseimbangan Baru di Industri Pers Indonesia Segera Muncul

Industri pers di Eropa telah lebih dulu mengalami disrupsi. Ketakutan akan habisnya media-media konvensional seperti televisi, radio, media cetak, dan media siber terbantahkan.

+ PLUS Presidensi G20 Mendorong Indonesia Fokus pada Pemulihan Ekonomi

Indonesia berkomitmen memberdayakan bisnis digital dan menciptakan masyarakat digital untuk menghasilkan ekosistem digital yang menyeluruh.

+ PLUS Perlu Subsidi untuk Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia Timur

Pemerintah disarankan mengeluarkan subsidi atau menetapkan subsidi silang agar harga layanan tekelomunikasi di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) lebih terjangkau.

+ PLUS Biennale Jogja XVI Equator #6 2021, Catatan Konsistensi Satu Dekade

Sebagai gerakan konfrontasi seni atas kemapanan pada era kontemporer, pameran arsip dihadirkan dengan tujuan memunculkan relasi kebudayaan yang telah dilakukan selama 10 tahun ke belakang.

+ PLUS Koperasi Jadi Alternatif Menjauhkan Pelaku UMKM dari Rentenir

Sebenarnya rentenir memberi kemudahan dalam proses peminjaman uang sehingga hal itulah yang membuat masyarakat akhirnya terjebak.

+ PLUS Kini Saat Terbaik bagi Generasi Milenial Membeli Rumah

Data KPR FLPP menunjukkan lebih dari 70% dimanfaatkan oleh generasi milenial yang membutuhkan hunian.

Sering Dicibir Telat, Ternyata Lion Air Justru Angkut Paling Banyak Penumpang Domestik

Maskapai Lion Air tercatat sebagai maskapai yang paling banyak mengangkut penumpang rute domestik sepanjang 2020.