Arif Budisusilo

Arif Budisusilo

Jurnalis di Solopos Group. Menulis konten di Solopos Group yaitu Harian Umum Solopos, Koran Solo, Solopos.com.

Follow Me:

Daftar Tulisan Arif Budisusilo

Bukan Ecek-Ecek

Tampak jelas, Indonesia memiliki banyak "anomali positif" bila disandingkan dengan kondisi global hari-hari ini. Bukan hanya perdagangan internasional yang moncer. Kinerja investasi Indonesia dan sejumlah indikator makroekonomi lainnya juga relatif kinclong.

Legacy Pak Jokowi

Kita merasakan, hari ini Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang relatif sangat berhasil dalam pengendalian pandemi Covid-19. Indonesia juga relatif aman dari risiko sebagai negara gagal.

Swasembada Beras, Hil yang (Tak Lagi) Mustahal

Berbeda dengan keberadaan jalan tol, keberadaan infrastuktur penyedia air irigasi bagi lahan pertanian yang juga banyak dibangun belakangan ini, relatif jarang dibicarakan.

Kue Ekonomi Lebaran

Lebaran tahun ini menjadi evidence alias bukti yang nyata. Mudik bukan sekadar perjalanan spiritual menengok kampung leluhur atau sungkem kepada orang tua, melainkan juga menjadi manifestasi geliat ekonomi wisata yang nyata.

Amerika Polah, Ekonomi Dunia Kepradah

Mungkin hari ini dalam konteks geopolitik dan geoekonomi global, analogi itu bisa dipakai. Amerika polah, ekonomi dunia kepradah.

+ PLUS Perangnya Amerika Serikat, Krisis Ganda bagi Dunia

Yang bikin pusing Indonesia, Amerika juga mengancam "boikot" KTT G-20 akhir tahun ini, bila mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin. Begitu kira-kira.

Boy Thohir Buka-bukaan Soal Transformasi Adaro

Boy Thohir bercita-cita bahwa kebutuhan kendaraan listrik di dunia nantinya bahan bakunya berasal dari Indonesia.

Catatan Perjalanan dari AS: Politik Boy Thohir, Negara yang Utama

Pada 25 Maret hingga 1 April lalu, Presdir Solopos Media Group Arif Budisusilo diundang oleh Garibaldi 'Boy' Thohir, Presdir Adaro Energy Tbk, berkunjung ke Los Angeles. Selain menghadiri peresmian masjid At-Thohir, kunjungan tersebut juga bermaksud melihat dari dekat perkembangan mobil listrik di Amerika, serta sejumlah agenda lainnya. Berikut ini adalah bagian terakhir catatan perjalanan tersebut.

Catatan Perjalanan dari AS: "Seeing is Believing", Bukan Sekadar Transformasi

Pada 25 Maret hingga 1 April lalu, Presdir Solopos Media Group Arif Budisusilo diundang oleh Garibaldi 'Boy' Thohir, Presdir PT Adaro Energy Tbk, berkunjung ke Los Angeles. Selain menghadiri peresmian masjid At-Thohir, kunjungan tersebut juga bermaksud Melihat dari dekat perkembangan mobil listrik di Amerika, serta sejumlah agenda lainnya. Berikut ini adalah bagian kedua dari catatan perjalanan tersebut.

Catatan Perjalanan dari AS: The American Dream, Mimpi Amerika

Pada 25 Maret 2022 hingga 1 April 2022 lalu, Presdir Solopos Media Group Arif Budisusilo diundang oleh Garibaldi 'Boy' Thohir, Presdir PT Adaro Energy Tbk, berkunjung ke Los Angeles. Selain menghadiri peresmian Masjid At-Thohir, kunjungan tersebut juga bermaksud melihat dari dekat perkembangan mobil listrik di Amerika, serta sejumlah agenda lainnya. Berikut bagian pertama dari laporannya.

Adaro Group Siap Menjadi Penyuplai Komponen Mobil Listrik.

Presiden Direktur Adaro Group Garibaldi "Boy" Thohir mengungkap perusahaannya secara bertahap siap menjadi penyuplai komponen untuk mobil listrik.

Boy Thohir Beberkan Mimpi Adaro Soal Green Industry dan Mobil Listrik

Adaro akan berada di depan dalam menyongsong era di mana suatu saat nanti akan banyak mobil listrik yang diproduksi di Indonesia.

Grup Adaro Bangun Kawasan Industri Hijau di Kalimantan

Pembangunan kawasan industri hijau di Kalimantan diharapkan selesai dalam dua tahun mendatang.

Dubes Rosan Resmikan Masjid At Thohir di Los Angeles

Masjid At-Thohir Los Angeles, Amerika Serikat (AS) yang dibangun keluarga Thohir resmi beroperasi.

Pelajaran dari Mbak Rara

Jurnalis senior Solopos Media Group Arif Budisusilo menyebut atraksi Mbak Rara telah menjadi gimmick pemasaran pariwisata yang luar biasa.

+ PLUS Recover Together, Recover Stronger

Jurnalis Bisnis Indonesia Arief Budisusilo meyakini Soloraya, dengan kepemimpinan antar-daerah yang kuat, didukung visi entrepreneurship yang menonjol dari Wali Kota Gibran Rakabuming Raka bakal lebih cepat lari.

Maju Saklawase

Dan Mas Wali bertekad untuk menjadikan Solo sebagai hub Soloraya dan hub ekonomi Indonesia. Tekad itu masuk akal dengan modal yang cukup kuat.

+ PLUS Blak-Blakan Chairul Tanjung: Saya Nggak Pernah Ngotot Cari Rezeki

Chairul Tanjung punya cara tersendiri dalam berbisnis termasuk mengembangkan social responsibility, dan pendekatan baru.

+ PLUS Blak-blakan Boy Thohir: Nasionalisme ala Taipan Indonesia

Garibaldi Thohir akrab disapa Boy Thohir blak-blakan soal mimpinya dan tantangan yang dihadapi bangsa ini saat ini.

Melawan Begal Digital

Esai ini ditulis oleh Arif Budisusilo, jurnalis senior Bisnis Indonesia Group, dan telah terbit di Koran Solopos edisi 22 September 2021.

Pitulungan

Esai ini karya Arif Budisusilo, wartawan senior Bisnis Indonesia (Grup Jaringan Informasi Bisnis Indonesia atau JIBI).

Pabaliut Gara-Gara Pandemi

Bukan sesederhana "tidak boleh keluar rumah pada Sabtu dan Minggu" saja. Imbauan semacam itu seakan mengindikasikan pembuat kebijakan mengabaikan esensi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Hadiah Lebaran dari Mas Edi

Buat saya, di tengah pandemi seperti saat ini, orang-orang seperti Mas Edi inilah bantalan kuat bagi ketahanan ekonomi Indonesia.

Pekerjaan Rumah Mas Wali

Soloraya akan menjadi megapolitan baru. Apalagi bila Mas Wali dapat memimpin langkah sinergi dan kolaborasi dengan pemerintahan lainnya di kawasan Soloraya.

Akeh Apike

Tentang berfikir positif, ketimbang larut pada racun pikiran negatif. Tentang menebar harapan, ketimbang menabur virus ketakutan, apalagi kecemasan.