SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Ketua Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sugiri Syarief mengungkapkan, bahwa epidemi HIV telah terjadi di Indonesia. Bahkan Indonesia merupakan negara dengan penularan HIV tercepat di Asia Tenggar. Sugiri menyebutkan, berdasarkan data resmi Kementerian Kesehatan, sekitar 26.400 pengidap AIDS dan 66.600 pengidap HIV positif, lebih dari 70 persen di antaranya adalah generasi muda usia produktif yang berumur di antara 20 hingg 39 tahun. Sugiri di Jakarta Minggu (20/11) mengatakan, saat ini Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang mengetahui diri mereka terinfeksi HIV hanya sekitar 20 persen.

Dengan kata lain 8 dari 10 ODHA tidak mengetahui, bahwa diri mereka sudah terinveksi HIV, dan dapat menularkan virus tersebut kepada orang lain. Oleh karena, Sugiri mengingatkan, sangat penting untuk melakukan deteksi dini infeksi HIV. Deteksi dini  dapat dilakukan melalui konseling dan testing, secara sukarela bagi mereka yang memiliki perilaku dengan resiko tinggi tertular HIV, sebagai upaya pencegahan agar tidak terinveksi HIV.[vivanews/hen]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya