Penukaran Uang Rp75.000 Seri Kemerdekaan di BI Solo Masih Dibuka, Mau?
Uang pecahan nominal Rp75.000. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Penurakan uang pecahan Rp75.000 seri peringatan kemerdekaan atau uang peringatan kemerdekaan (UPK) masih dibuka di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Solo.

Layanan penukaran uang seri khusus ini dilayani hingga akhir September 2020. Sejauh ini, sudah ada 10.747 lembar uang peringatan kemerdekaan yang didistribusikan KPw BI Solo hingga Rabu (2/9/2020).

Jumlah ini dari total 1,5 juta lembar uang Rp75.000 seri kemerdekaan yang menjadi jatah KPw BI Solo. Artinya, baru 0,72 persen uang seri itu yang didistribusikan.

Pengen Bisa Menyetir Mobil? Stop Belajar Sama Suami!

Ketua Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) KPw BI Solo, Gunawan Purbowo, mengatakan pihaknya menambah kuota layanan penukaran uang seri kemerdekaan mengingat animo masyarakat yang cukup tinggi.

Jika sebelumnya penukaran individu dijatah 150 per hari menjadi 300 per hari. Selain itu, pelayanan penukaran uang dibagi dalam tiga sif.

“Kami dorong masyarakat untuk penukaran kolektif agar lebih mudah dengan minimal 17 orang dan maksimal tidak terbatas,” jelas dia saat ditemui wartawan di Solo, Rabu.

Tutup Akibat Covid-19, Pabrik Garmen di Delanggu Klaten Disemprot Disinfektan

Cara Menukarkan Uang

Gunawan menjelaskan sebanyak 10.474 lembar uang Rp75.000 seri kemerdekaan ke-75 Indonesia telah didistribusikan. Perinciannya, 1.464 lembar untuk penukaran individual dan 9.007 lembar dari penukaran kolektif.

Uang khusus ini dapat dimiliki oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Sragen, Uang Rp5 Juta dan Perhiasan Ludes

Caranya, masyarakat bisa mendaftar jadwal penukaran uang pada aplikasi berbasis situs pintar.bi.go.id. Satu KTP tersebut berlaku untuk satu lembar uang.

Sedangkan penukaran kolektif syaratnya, antara lain pihak yang bersangkutan mengajukan surat permohonan dan daftar pemesan kolektif. Format surat dapat diunduh pada situs pintar.bi.go.id.

Pada awal Oktober 2020 penukaran uang Rp75.000 seri kemerdekaan ini juga bakal dilayani di sejumlah perbankan. Perbankan yang melayani penukaran uang seri kemerdekaan ini adalah BNI, BRI, Bank Mandiri, BCA, dan CIMB Niaga.

Ternyata Gondhez’s Punya Hubungan Spesial dengan Geng Joxzin Jogja



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom