SOLOPOS.COM - Penukaran uang baru di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY, Senin (12/6/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Bank Indonesia tidak sepenuhnya menyediakan uang Tahun Emisi (TE) 2016 untuk melayani penukaran uang baru

Harianjogja.com, JOGJA-Bank Indonesia tidak sepenuhnya menyediakan uang Tahun Emisi (TE) 2016 untuk melayani penukaran uang baru jelang Lebaran tahun ini. Uang emisi lama juga masih akan diberikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita akan mix [campur dengan uang emisi lama] jadi nggak semuanya yang baru,” kata Probo Sukesi selaku Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah dan Operasional Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY di ruangannya, Senin (12/6/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan, uang lama masih beredar karena Bank Indonesia sendiri belum menyabut peredarannya. Namun ia menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir karena meski tahun emisi lama tetapi Bank Indonesia masih mengeluarkan cetakan terbaru.

Probo menjelaskan, uang TE 2016 akan lebih diprioritaskan untuk penukaran uang di bank umum. Bank umum sendiri memberikan pelayanan penukaran uang di kantor dan juga melalui kas keliling yang beredar di beberapa titik, salah satunya Pasar Prambanan, Sleman.

Ia mengatakan, tahun ini BI memang sudah tidak melayani penukaran uang secara langsung tetapi diserahkan pada bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). BPR sendiri juga tidak bisa langsung mengambil uang dari BI tetapi melalui bank umum.

“BPR kan tidak punya rekening di kami [Bank Indonesia] jadi mereka ambil lewat bank umum,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya