Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

DLH Solo saat ini tengah berdiskusi dengan pemerintah daerah sekitar mengenai rencana impor sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa Putri Cempo yang akan beroperasi Desember 2022.

 Tumpukan sampah di TPA Putri Cempo sedang dikeruk untuk dirapikan, nantinya TPA Putri Cempo akan mengimpor sampah dari daerah di luar Kota Solo untuk operasional PLTSa Putri Cempo (Kamis, 13/5/2022) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

SOLOPOS.COM - Tumpukan sampah di TPA Putri Cempo sedang dikeruk untuk dirapikan, nantinya TPA Putri Cempo akan mengimpor sampah dari daerah di luar Kota Solo untuk operasional PLTSa Putri Cempo (Kamis, 13/5/2022) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo saat ini tengah membahas rencana kerja sama impor sampah dengan pemerintah daerah tetangga di Soloraya. Impor sampai itu untuk kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa di TPA Putri Cempo.

PLTSa Putri Cempo membutuhkan rata-rata 550 ton sampah per harinya untuk operasional. Sedangkan sampah yang masuk ke TPA Putri Cempo hanya 300 ton per harinya. Artinya ada kekurangan sekitar 250 ton sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Kekurangan itu akan ditutup dengan menghimpun atau mengimpor sampah dari wilayah tetangga. Subkoordinator Pengelolaan Sampah Kota Solo, Tofan Bimas Susanto, kepada Solopos.com, Kamis (30/6/2022), mengatakan sedang membahas bersama pemerintah daerah sekitar terkait rencana impor sampah.

“Ini kami baru koordinasi dengan kabupaten atau kota sekitar. Wacananya kerja sama untuk 10 tahun ke depan,” terangnya. Sedangkan untuk wilayah yang diajak kerja sama adalah wilayah Soloraya yang meliputi Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar Wonogiri, Sragen, dan Klaten.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, kepada para wartawan saat uji coba PLTSa Putri Cempo, Selasa (28/6/2022), mengatakan operasional PLTSa butuh 550 ton sampah per hari. Sedangkan produksi sampah dalam kota Solo hanya 300 ton per hari.

Baca Juga: Wah! Mulai Uji Coba, PLTSa Putri Cempo Solo Segera Beroperasi Lur

“Kami butuh 550 ton sampah, oleh karena itu, kami sedang berkomunikasi dengan daerah lain agar sampah-sampah dari daerah sekitar tidak perlu dibuang ke TPS tetapi langsung ke TPA Putri Cempo untuk diolah,” ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com, sampah yang saat ini menggunung di TPA Putri Cempo diperkirakan habis diolah oleh PLTSa dalam waktu lima tahun ke depan. Maka untuk mengoptimalkan PLTSa, dibutuhkan impor sampah untuk diolah menjadi energi listrik.

Sampah-sampah itu diharapkan bisa dipasok dari daerah-daerah lain di sekitar Solo. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo Arthaty Mulatsih, belum lama ini, mengatakan PLTSa Putri Cempo butuh banyak sampah.

Baca Juga: DLH Selektif Terkait Kerjasama Pembuangan Sampah di TPA Putri Cempo

“Sehingga ke depan akan bekerja sama dengan daerah sekitar. Ini merupakan simbiosis mutualisme. Sampah di sekitar Kota Solo dapat dikirim ke TPA sehingga bisa mengurangi permasalahan sampah secara regional,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Saldo Rp33,65 Juta Milik Nasabah BRI Wonogiri Raib, Ini Kronologinya 

      Seusai mendaftarkan diri di BRI Mo, saldo nasabah BRI di Wonogiri tiba-tiba hilang tanpa ada transaksi yang dilakukan nasabah.

      Jalan Giriwoyo-Giritontro Minim PJU, Dishub Wonogiri: Kewenangan Pusat

      Dishub Wonogiri tak memiliki kewenangan dalam menangani penerangan jalan umum di ruas jalan Giriwoyo-Giritontro.

      Bundaran Gladag-Tugu Jam Pasar Gede Solo Dihias Lampu Wuku, Ada Apa Ya?

      Sepanjang Jl Jenderal Sudirman dari Bundaran Gladag hingga Tugu Jam Pasar Gede Solo hingga sebulan ke depan akan dihiasi dengan lampu Wuku.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.