SOLOPOS.COM - Kota Quito, ibu kota negara Ekuador (Freepik).

Solopos.com, SOLO -- Sudah menjadi rahasia umum, ibu kota negara merupakan pusat pemerintahan suatu negara. Tentunya pemilihan lokasi ibu kota negara tidak bisa sembarangan. Namun, ada beberapa negara di dunia yang memiliki ibu kota di pegunungan.

Tentu pemilihan pegunungan sebagai ibu kota negara juga telah melalui berbagai pertimbangan seperti aspek ekonomi sampai pertahanan dan keamanan.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Berikut 5 negara yang punya ibu kota di kawasan dataran tinggi atau daerah pegunungan sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, beberapa waktu lalu.

Ethiopia

ibu kota negara Ethiopia
Kota Addis Ababa (Youtube)

Negara ini beribu kota di Addis Ababa. Kota ini berada di ketinggian 2.355 meter di atas permukaan laut. Addis Ababa yang berarti bunga baru merupakan ibu kota sekaligus pusat komersial dan kota terbesar Ethiopia.

Kota ini memiliki populasi mencapai lebih dari 3 juta orang. Didirikan pada tahun 1887, Addis Ababa adalah kota paling modern di negara ini.

Ketemu Makhluk Cantik Luar Biasa, Adik Sara Wijayanto Melukis Sambil Senyum

Ibu kota negara yang ada di pegunungan ini menjadi sorotan pada pertengahan 2019 saat Pemerintah Kota Addis Ababa menerapkan aturan larangan sepeda motor di ibu kota negara ini.

Ketika itu, Wali Kota Addis Ababa Takele Uma mengatakan sebagian besar kejahatan dilakukan orang dengan menggunakan sepeda motor. Saat itu, Takele mengatakan pengecualian akan diberikan kepada orang-orang yang menggunakan sepeda motor untuk kepentingan bisnis.

Kolombia

ibu kota Kolombia
Kota Bogota, ibu kota Kolombia (Freepik)

Kota Bogota merupakan ibu kota Kolombia yang berada di ketinggian 2.625 meter di atas permukaan laut. Bogota termasuk kota terbesar ketiga di Amerika Latin setelah Sao Paulo di Brasil dan Lima di Peru.

Bogota yang menjadi ibu kota negara Kolombia ini memiliki keunikan karena berada di lembah antara Guadalupe dan pegunungan Montserrat dan beberapa sungai melintasinya. Sekilas, Bogota tidak jauh berbeda dengan Jakarta.

Berpotensi Tangkal Virus Corona, Tiga Tanaman Ini Diteliti LIPI

Infrastrukturnya pun kurang lebih sama. Konon, TransJakarta terinspirasi oleh Transmilenio milik Kolombia. Macetnya pun kurang lebih sama dengan di Jakarta. Bogota disebut-sebut sebagai kota pelopor car free day di Amerika Latin.

Setiap hari diperkirakan ada 900.000 pengguna sepeda di ibu kota negara ini. Jumlah tersebut meningkat menjadi 1,7 juta pada hari minggu atau hari libur nasional.

Bhutan

Thimphu
Kota Thimphu, Bhutan (Freepik)

Mungkin masih banyak yang asing dengan nama negara Bhutan. Negara ini berada di Asia Selatan yang berbentuk kerajaan dan dikenal dengan Negeri Naga Guntur. Wilayahnya terhimpit antara India dan Tiongkok. Nama lokal negara ini adalah Druk Yul, artinya "Negara Naga".

Negara ini memiliki ibu kota yang bernama Thimphu yang berada terletak di ketinggian 8.688 kaki atau 2.648 meter di atas permukaan laut. Thimphu adalah kota terbesar, paling padat penduduknya, dan satu-satunya kota di Kerajaan Bhutan.

Dikira Meninggal, Wanita Temanggung Ini Ternyata Masih Hidup

Kota ini menjadi ibu kota Bhutan pada 1961. Ada Sungai Wang Chu yang membelah kota ini pada arah utara-selatan. Ibu kota negara yang ada di pegunungan ini tidak punya bandara sendiri. Bandara terdekat dari kota ini adalah Bandara Paro di Paro, Bhutan yang berjarak sekitar 54 km.

Ekuador

ibu kota negara
Kota Quito, ibu kota negara Ekuador (Freepik)

Quito adalah ibu kota Ekuador yang terletak di sebuah lembah di bagian barat Pichincha, sebuah gunung berapi aktif di Pegunungan Andes. Kota ini berada di ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut.

Kota ini dihuni sekitar 1,3 juta penduduk. Menjadi ibu kota negara yang paling dekat dengan khatulistiwa. Namun, karena berada di ketinggian, suhu di Quito cenderung dingin.

Jus Jeruk, Solusi Sehat Mengatasi Sembelit

Rata-rata harian suhu di ibu kota negara ini adalah 13 derajat Celcius. Rekor suhu terendah bisa mencapai -21 derajat Celcius dan suhu tertinggi adalah 30 derajat Celcius.

Quito merupakan objek wisata yang populer. Namun, wisatawan yang berasal dari daerah dataran rendah mengalami mabuk ketinggian saat berada di sana.

Bolivia

La Paz Bolivia
La Paz Bolivia (Freepik)

La Paz adalah ibu kota Bolivia. Kota ini dinobatkan sebagai ibu kota negara di dunia yang paling tinggi. La Paz yang menjadi usat pemerintahan Bolivia yang terletak di ketinggian 11.942 kaki atau 3.640 meter di atas permukaan air laut.

Sementara Sucre adalah ibu kota konstitusional Bolivia dan terletak di ketinggian 9.022 kaki atau 2.749 meter di atas permukaan air laut. Kota ini terletak di Pegunungan Andes dan dikelilingi beberapa gunung seperti Illimani, Huayna Potosi, Mururata, & Illampu.



Menegangkan! Penumpang Keluar Saat Helikopter TNI AD Jatuh dan Meledak di Kendal

La Paz pernah dilarang oleh FIFA untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola internasional terkait dengan tipisnya lapisan udara di sana yang akan memengaruhi kesehatan bahkan keselamatan para pemain dari negara yang berada di dataran rendah.

Suhu rata-rata di La Paz sekitar 4-18 derajat Celcius. Jadi saat ada di ibu kota negara yang ada di pegunungan ini harus siap-siap membawa jaket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya