SOLOPOS.COM - Rumah paling sepi di dunia (Istimewa/Wikipedia)

Solopos.com, VESTMANNAEYJAR – Ada pulau di Islandia yang memiliki sebuah rumah putih misterius dan menjadi satu-satunya rumah yang ada di pulau tesebut. Rumah ini berada di pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan sejauh mata memandang dan dijuluki dengan Rumah Paling Sepi di Dunia.

Seperti dilansir Wikipedia, Vestmannaeyjar adalah kepulauan kecil di pantai selatan Islandia. Vestmannaeyjar memiliki luas sebesar 16,3 km². Pada 1 Desember 2007, Vestmannaeyjar tercatat dihuni sebanyak 4.027 jiwa.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Mengutip dari Liputan6.com, kepulauan Vestmannaeyja terdiri dari sekelompok pulau kecil di lepas pantai selatan Islandia. Elliðaey atau Ellirey merupakan pulau yang letaknya berada di paling timur laut dari pulau-pulau ini dan tempat bagi satu rumah ikonik yang terletak sendirian di padang rumput yang berumput dan landai.

Pulau tersebut, sebenarnya merupakan tempat yang sangat indah dan tak berpenghuni sejak tahun 1930-an. Meskipun, tak berpenghuni, keberadaan bangunan buatan yang tampaknya terawat baik ini membingungkan banyak orang.

Ekspedisi Mudik 2024

Ikut FGD Virtual Solopos, Selvi Ananda Istri Gibran Berbagi Tips Asyik Di Rumah Saja

Rumor dan teori tentang rumah di Pulau Elliðaey ini telah beredar di Internet selama bertahun-tahun. Termasuk rumor, bahwa itu dibangun oleh seorang pengusaha eksentrik sebagai tempat penampungan kiamat zombie. Ada kabar lain yang juga menyebut bahwa rumah itu adalah milik seorang fanatik agama.

Bahkan, penyanyi Islandia bernama Bjork juga pernah dikabarkan memiliki pulau itu. Namun, mundur dan bernegosiasi dengan pihak berwenang untuk membeli pulau itu. Meski begitu, Tak satu pun teori di atas yang ternyata benar. Banyak teori konspirasi yang muncul, tetapi itu lebih banyak dari kisah nyata rumah tersebut.

Sebenarnya, rumah itu hanyalah sebuah pondok berburu yang dibangun pada tahun 1950-an oleh Asosiasi Berburu Elliðaey. Rumah ini digunakan anggota mereka, saat datang ke pulau terpencil ini untuk berburu burung puffin. Namun, tidak jelas bagaimana pulau itu bahkan memiliki asosiasi berburu, mengingat tidak ada yang tinggal di sana, tapi begitulah kabarnya.

Pernah Ditinggali

Uniknya, pernah ada segelintir keluarga yang benar-benar tinggal di Pulau Elliðaey hingga tahun 1930-an. Tetapi, mereka akhirnya memutuskan untuk pindah ke wilayah yang lebih padat di Islandia, untuk mencari peluang yang lebih baik.

Mungkin karena tahu apa yang mereka tinggalkan di sana, seperti burung puffin dan ikan Atlantik, jadi mereka kembali ke pulau itu secara berkala untuk berburu. Hal itulah yang kemungkinan menjadi asal mula asosiasi berburu tercipta di pulau tersebut.

Meskipun, pondok berburu Elliðaey terus dipertahankan dalam kondisi baik oleh asosiasi berburu pulau, tetapi rumah itu bukan rumah ternyaman di dunia. Jika ingin hidup disini, maka kalian harus bersiap hidup tanpa listrik, air ledeng atau pipa ledeng dalam ruangan.

Time: BTS Entertainer Of The Year

Walaupun tidak ada orang yang tinggal, terdapat sistem pengumpulan air yang didapat dari hujan dan pagar di sekitarnya

Pulau Elliðaey sebenarnya adalah daerah bersarang utama bagi burung petrel badai dan burung laut lainnya. Pulai ini juga terdaftar sebagai cagar alam dan kawasan lindung, tetapi hal itu tampaknya tidak menghentikan anggota Asosiasi Perburuan Elliðaey untuk mendatanginya.

Tetapi jika, kalian hanya ingin mengagumi keindahan alam tempat ini, ada perusahaan tur yang beroperasi di kepulauan Vestmannaejar dan menawarkan perjalanan sehari ke pulau tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya