Pentingnya IMD dan ASI Eksklusif bagi Bayi untuk Cegah Stunting

Stunting dapat dicegah dengan menjaga asupan dan memperhatikan kesehatan bayi. Di antaranya dengan melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) dan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif.

 Ilustrasi bayi baru lahir. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi baru lahir. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Stunting dapat dicegah dengan menjaga asupan dan memperhatikan kesehatan bayi. Di antaranya dengan melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) dan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif.

Salah satu dokter Spesialis Anak Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Lucy Endang Savitri, Sp.A, menyampaikan IMD merupakan salah satu proses yang penting dilakukan sesaat setelah bayi lahir.

Saat proses itu, bukan saja memberikan kesempatan kepada bayi untuk mencari puting susu ibunya, namun ada beragam manfaat yang didapatkan bayi dan ibunya.

Pada proses itu, biasanya bayi diletakkan di atas dada ibunya dan dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri IMD disebut akan sangat membantu dalam keberlangsungan pemberian ASI eksklusif.

Dalam proses tersebut secara tidak langsung, juga akan terjadi skin to skin contact atau kontak antarkulit bayi dan ibunya. Hal itu juga memberikan manfaat untuk bayi.

“Jadi bayi baru lahir, pertama kali yang dikenalkan adalah ibunya. Dia akan kontak dengan ibunya skin to skin, ini juga untuk mengurangi risiko hipotermia atau kondisi dimana suhu tubuh bayi yang turun drastis setelah bayi lahir,” urainya, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Nyeri Saat Berhubungan Intim, Wajar atau Harus Diwaspadai?

Sementara jika bayi kedinginan, itu akan menimbulkan dampak yang kurang baik untuk kesejahteraannya saat itu. Sebab jika bayi mengalami kedinginan maka tubuhnya akan berusaha meningkatkan suhu tubuh dengan pembakaran kalori dengan cepat ,halini akan menghabiskan energi, kalorinya akan habis, dan cadangan gulanya juga berkurang.

“Kemudian mengganggu semua sistem, jadi anaknya tidak bugar kalau bayi kedinginan itu,” tambahnya.

Selain itu, dr Lucy melanjutkan, saat IMD, selain terjadi kontak antara ibu dan bayi itu, hal ini memungkinkan bayi untuk menjilat kulit ibunya.

Dengan cara itu, bayi akan mendapatkan bakteri baik pada kulit ibunya yang kemudian akan masuk ke saluran pencernaannya.

“Ini sebagai modal, mendapatkan bakteri baik untuk saluran cernanya,” ungkapnya.

Baca Juga: Talkshow Kesehatan RS JIH Solo Mengulas Pentingnya Medical Check Up

Dari sisi psikologis ibu yang melahirkan, proses tersebut juga akan memberikan dampak positif. Dengan berinteraksi dengan bayi yang baru saja dilahirkan akan mengurangi stres dan mengurangi nyeri pada ibu pascamelahirkan.

Berdasarkan penelitian yang ada, Lucy menyampaikan pada bayi-bayi yang melaksanakan IMD, akan lebih mudah dalam menjalani proses ASI eksklusif nantinya dibandingkan pada bayi-bayi yang tidak melakukan IMD.

Hanya perlu diperhatikan bahwa IMD itu harus dilakukan secara benar dan dilanjutkan dengan program rawat gabung dengan ibunya selama mereka berdua menjalani masa perawatan di RS, dengan begitu bayi tetap bisa menyusu ibunyasetiap kali membutuhkan.

“NamunIni kita bicara ketika kondisi bayi maupun ibunya dalam kondisi sehat dan bugar,” ingatnya.

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Cara Mencegah Penularan Penyakit Cacar Monyet

Dikombinasikan Secara Seimbang

Dokter Spesialis Anak RS JIH Solo, dr. Lucy Endang Savitri, Sp.A, menyampaikan IMD merupakan salah satu proses yang penting dilakukan sesaat setelah bayi lahir. (Istimewa)
Dokter Spesialis Anak RS JIH Solo, dr. Lucy Endang Savitri, Sp.A, menyampaikan IMD merupakan salah satu proses yang penting dilakukan sesaat setelah bayi lahir. (Istimewa)

Sedangkan ketika salah satu atau keduanya tidak dalam kondisi baik, ada kemungkinan tidak bisa melaksanakan IMD ataupun rawat gabung. Namun jika hal ini terjadi bukan berarti ke depan tidak bisa menjalankan program ASI eksklusif.

Bayi tetap bisa mendapatkan ASI Eksklusif setelah pulih dengan menjalani beberapa langkah yang diarahkan oleh dokter. ASI eksklusif itu merupakan pemberian ASI tanpa adanya tambahan makanan atau minuman lainnya, kecuali obat. Proses tersebut berjalan selama enam bulan pertama usia bayi.

“Jadi selama enam bulan pertama, bayi tidak minum apapun kecuali ASI. Baru setelah itu dilanjutkan dengan penambahan makanan pendamping ASI, sampai usia dua tahun,” jelasnya.

Pemberian makanan pendamping tersebut harus dikombinasikan dengan ASI secara seimbang. Artinya setelah melewati masa enam bulan pemberian ASI eksklusif, kemudian dilanjutkan dengan pemberian ASI dan makanan pendamping berupa makanan padat secara seimbang.

“Setelah bayi melewati usia 6 bulan, jika asupannya hanya ASI dengan tanpa pemberian makanan itu tidak baik. Demikian pula jika pemberian makanan tanpa ASI, itupun tidak baik,” ujar Lucy.

Baca Juga: Kista dan Miom Sering Dikeluhkan Kaum Perempuan, Berbahayakah?

Lalu bagaimana kaitan pemberian IMD dan ASI eksklusif dengan pencegahan stunting?

Dokter Lucy menjelaskan bahwa stunting bisa terjadi ketika bayi mengalami kekurangan asupan atau mengalami infeksi berulang terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan.

“Sebenarnya tidak secara langsung, pakai ASI lalu tidak stunting, itu tidak secara langsung. Tapi dengan pemberian ASI, membuat bayi-bayi ini mendapatkan support asupan selama enam bulan secara baik dan sekaligus mendapatkan perlindungan terhadap kejadian infeksi. Itu yang membuat bayi terlindungi dari infeksi sehingga pertumbuhannya tidak gampang terhambat,” ujarnya.

Bagaimana jika paskamelahirkan ASI tidak keluar sama sekali? Apa yang harus dilakukan oleh sang bunda?

Dokter cantik dan penyabar ini menerangkan bahwa haltersebut sangat jarang terjadi, karena sejak usia kehamilan memasuki bulan ke-5, ASI mulai diproduksi. Dengan demikian ASI sudah siap untuk diberikan paskapersalinan

“Hanya,memang dibutuhkan support psikologis keluarga sangat dibutuhkan oleh sang ibudalam proses tersebut karena faktor kekhawatiran yang tinggi dari sang ibu turut berperan dalam tertundanya pengeluaran ASI,” ujarnya.

Baca Juga: Ingin Jalani Pola Hidup Sehat? Ini yang Harus Diperhatikan

Bagaimana cara ibu dan ayah mengetahui kecukupan ASI untuk bayinya?

“Hal itu dapat diketahui melihat urine [air kencing] yang dikeluarkan bayi tersebut, jika urinenya sebanyak lama dia menyedot ASI, maka ASI yang didapatkannya sesuai dengan yang dibutuhkannya. Selain itu, dapat pula diketahui dengan cara menimbang berat badan bayi dimana untuk periode harian bisa dicek melalui pipis bayi, sedangkan monitor perbulannya dapat diketahui dari berat badannya,” jelas Lucy.

Mengingat betapa pentingnya IMD dan ASI Eksklusif tersebut, Lucy sangat mengimbau kepada ibu hamil dan orang-orang di sekitarnya untuk berkonsultasi lebih dahulu dan lebih lengkap mengenai laktasi sebelum bayi lahir.

“Dengan pemahaman yang baik serta support keluarga Indonesia yang tinggi terkait IMD dan ASI Eksklusif, saya yakin angka stunting di negara tercinta ini segera dapat diturunkan sehingga rakyat Indonesia lebih sehat dan negara lebih kuat,” jelasnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkini

Bisa Pengaruhi Kebugaran Tubuh, Ini Gejala Insomnia yang Perlu Diwaspadai

Meski begitu, setiap orang bisa memiliki kualitas tidur yang beragam. Bahkan sebagian harus mengalami kondisi lesu saat pagi hari karena tidak bisa tidur nyenyak pada pagi harinya.

Antisipasi Diabetes Melitus Sejak Dini, Perhatikan Faktor Risiko Ini

Diabetes Militus (DM) atau juga dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan penyakit metabolik yang harus dicegah sebelum menimbulkan permasalahan lebih jauh

Jangan Anggap Enteng Gigi Goyang, Ini Cara Mencegahnya

Ketika gigi itu bergoyang, akan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan nyeri. Lalu bagaimana mencegah gigi agar tidak goyang?

Tips Program Penurunan Berat Badan yang Aman untuk Penderita Diabetes

Berdasarkan penelitian, penurunan berat badan telah terbukti meningkatkan kontrol gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan pengambilan glukosa dan mengurangi keluaran gula darah dari hati.

Ibu-Ibu Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Keluhan pada Trimester Kedua Kehamilan

Masa kehamilan trimester kedua dapat dibilang masa yang paling nyaman untuk ibu hamil. Namun bukan berarti sudah tidak ada keluhan sama sekali.

Banyak Keluhan Saat Hamil Trimester Pertama, Ini Solusinya

Penyebab morning sickness karena si ibu mengalami perubahan hormon, dari yang sebelumnya tidak dalam kondisi hamil kemudian hamil, tubuh seorang ibu akan ada perubahan hormon.

Menjaga Kesehatan di Usia Senja dengan Gaya Hidup Sehat

Disebutkan, ada beberapa perilaku kurang baik yang sebaiknya dihindari para lansia. Di antaranya adalah kurangnya berserah diri, suka marah, selalu merasa tidak puas, murung dan putus asa serta sering menyendiri.

Anak Sering Muntah Saat Minum Obat, Antisipasi dengan Cara Ini

Ada orang tua yang khawatir anak akan muntah saat minum obat. Hal itu dapat diantisipasi dengan mengatur waktu pemberian obatnya.

Soal Potensi Stroke Bisa Sembuh Total, Begini Penjelasan Dokter Ahli

Setiap penderita stroke tentu ingin segera sembuh dari penyakitnya. Namun apakah stroke bisa sembuh total? Ini penjelasannya.

Tindakan DSA Bisa Dilakukan untuk Atasi Stroke pada Penderita Hipertensi

Setiap penderita stroke tentu ingin segera mendapatkan tindakan. Salah satu tindakan untuk mengidentifikasi letak gangguannya adalah dengan Digital Subtraction Angiography (DSA).

Mengulas Stroke dari Gejala, Penyebab, hingga Pencegahannya

Stroke merupakan penyakit gangguan otak yang disebabkan oleh gangguan di pembuluh darahnya. Ada dua jenis stroke yang dikenal, yakni stroke iskemik atau stroke sumbatan dan stroke berdarah.

Waspada, Ini Gejala Pasien Gagal Ginjal Akut Menurut Dokter Ahli

Dr. Debby Andina Landiasari, Sp.A, dokter spesialis anak RS JIH Solo mengatakan obat sirop yang kabarnya menjadi penyebab penyakit gangguan ginjal akut, masih berada di tahap penelitian.

Tak Perlu Takut Operasi Ambeien, Ini Penjelasan Dokter Ahli

Dokter spesialis bedah Umum Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Nurfathonah, Sp.B., M.Kes., menyarankan agar pasien yang mengalami gejala ambeien tidak takut untuk datang ke dokter untuk melakukan konsultasi atau pemeriksaan.

Sering Sariawan, Waspadai Penyakit Rongga Mulut dan Penyebabnya

Ada baiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya dan untuk penanganannya. Sariawan merupakan salah satu jenis penyakit dalam rongga mulut.

Cegah Penyakit Tulang Rapuh Perlu Dilakukan Sejak Dini, Ini Penjelasan Ahli

Penyakit tulang rapuh, meski sifatnya adalah genetik, perlu dilakukan penanganan sejak dini untuk bisa mendukung aktivitas sehari-harinya.

Ibu-Ibu Perlu Tahu, Ini Pentingnya Sayuran untuk Kesehatan Anak

Menjaga kesehatan anak juga bisa dilakukan dengan menjaga asupan gizi dan vitamin. Selain multivitamin, mengonsumsi sayuran juga merupakan hal yang baik dilakukan.

Wanita Usia Dewasa Tak Kunjung Menstruasi, segera Periksakan ke Ahli

Biasanya menstruasi dialami wanita dengan usia rata-rata mulai 12 tahun. Sedangkan ketika wanita yang sudah menginjak usia 20 tahun atau lebih namun belum menstruasi, ada kemungkinan mengalami gangguan.

Antisipasi Anak Sakit di Malam Hari, Sediakan Obat-obat Ini

Pada masa pancaroba, orang tua disarankan untuk mempersiapkan beberapa obat untuk mengantisipasi jika di masa pancaroba ini si buah hati mengalami gejala gangguan kesehatan di malam hari.

Musim Pancaroba Tiba, Ini Tips Menjaga Kesehatan Anak

Musim pancaroba biasanya akan berdampak pada masalah kesehatan, terutama pada anak-anak. Sebagai orang tua tentu juga harus tanggap dalam menjaga kesehatan anak.

Mengulas Timplanoplasti untuk Atasi Gendang Telinga Pecah

Beberapa kondisi terkadang bisa mengganggu fungsi pendengaran. Salah satunya karena gendang telinga yang pecah atau berlubang. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Beriku t penjelasan ahli.

Penderita Kolesterol Tinggi Boleh Konsumsi Daging, Ini Penjelasan Dokter

Bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, mungkin akan merasa memiliki keterbatasan dalam menonsumsi sesuatu. Lantas bagaimana solusinya?

Nyeri Punggung Bawah Terjadi karena Faktor Usia dan Aktivitas

Nyeri punggung bawah bisa dialami siapa saja. Namun benarkah gangguan ini lebih banyak dialami oleh laki-laki? Begini penjelasannya.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Bawah Menurut Dokter Spesialis Syaraf RS JIH Solo

Bagi para pekerja, entah pekerja berat atau kantoran, nyeri punggung bawah tentu pernah dirasakan. Lalu apa sebenarnya penyebab nyeri punggung bawah dan bagaimana cara mengatasinya?

Dokter JIH Solo Beri Penjelasan soal Cacar Monyet Serang Janin Pasien Hamil

Cacar monyet atau monkeypox merupakan penyakit zoonosis, yakni penyakit yang yang menular dari hewan ke manusia. Namun kini penyakit tersebut juga bisa menular dari manusia ke manusia.

Bingung Membedakan Cacar Monyet dan Cacar Air? Ini Penjelasan Dokter

Penyakit cacar monyet atau monkeypox masih menjadi perbincangan di masyarakat. Lalu bagaimana membedakan gejala monkeypox dengan cacar air?

Ancaman Beragam Penyakit di Balik Pakaian Bekas, Ini Penjelasan Dokter

Pakaian bekas itu sangat rentan atau sangat berpotensi menjadi media baik untuk mentransmisikan beberapa jenis penyakit.

Pejuang Diet Perlu Tahu, Menimbang Berat Badan Sebaiknya di Waktu Pagi

Dokter spesialis gizi klinis RS JIH Solo, dr. Indrawati Sp. GK, mengatakan jadwal makan perlu diperhatikan saat diet. Terlebih ketika menjelang waktu tidur atau saat malam hari.

Butuh Kesabaran untuk Diet, Begini Saran Ahli Gizi

Banyak orang melakukan program diet namun gagal karena terlalu terburu-buru ingin mendapatkan hasil yang dia inginkan. Begini saran ahli dari Rumah Sakit JIH Solo.

Ini Keunggulan RS JIH Solo hingga Sabet Indonesia Marketing Champion 2022

Penghargaan yang diterima RS JIH Solo ini menjadi pemicu bagi manajemen untuk terus mencapai yang terbaik bagi pasien.

Pentingnya IMD dan ASI Eksklusif bagi Bayi untuk Cegah Stunting

Stunting dapat dicegah dengan menjaga asupan dan memperhatikan kesehatan bayi. Di antaranya dengan melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) dan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif.

Talkshow Kesehatan RS JIH Solo Mengulas Pentingnya Medical Check Up

umah Sakit (RS) JIH Solo bekerjasa sama dengan Rotary Club Solo Kartini menggelar Talkshow Kesehatan dengan tema Mengenal Silent Killer dan Pentingnya Medical Check Up.

Nyeri Saat Berhubungan Intim, Wajar atau Harus Diwaspadai?

Nyeri saat berhubungan suami istri sering muncul pada sebagian wanita. Ada yang menganggap wajar, namun ada pula yang sampai menimbulkan waswas dan trauma.

Kista dan Miom Sering Dikeluhkan Kaum Perempuan, Berbahayakah?

Sebagian wanita yang mengeluh adanya kista atau miom. Bahkan hingga mengganggu kehamilannya. Lalu apakah kista dan miom itu?

Jangan Panik, Begini Cara Mencegah Penularan Penyakit Cacar Monyet

Cacar monyet atau monkeypox tengah banyak diperbincangkan. Terlebih belum lama ini muncul kasus suspek di Jawa Tengah. Lantas apa yang harus kita lakukan?

Mual Berlebih Saat Hamil? Begini Saran Dokter

Dokter spesialis obsgyn RS JIH Solo, Zamzuri Hudaya, mengatakan hal yang paling sering terjadi, trimester pertama dalam kehamilan merupakan trimester yang paling berat di periode kehamilan.

Sering Periksa USG, Bahayakah Bagi Kandungan? Ini Kata Dokter RS JIH

Dokter spesialis obsgyn RS JIH Solo, Zamzuri Hudaya, mengatakan pemeriksaan USG memang diperlukan untuk mengetahui kondisi kandungan.

Ingin Jalani Pola Hidup Sehat? Ini yang Harus Diperhatikan

Banyak orang yang sudah mulai tertarik untuk menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan mereka.  Lantas bagaimana langkah awal untuk menuju pola hidup sehat?

Ajak Anak-Anak ke Mal, Ini yang Dilakukan RS JIH Solo di Hari Anak

RS JIH Solo memberikan edukasi kesehatan, terutama untuk anak, yang dipadukan dengan kegiatan lomba mewarnai dan fashion show anak di Solo Paragon Mall.

Pelihara Kucing Bisa Menyebabkan Tidak Bisa Hamil, Benarkah?

Terkait anggapan memelihara kucing dapat wanita hamil, dokter spesialis andrologi RS JIH Solo memberikan penjelasan.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Program Hamil? Ini Kata Ahli

Beberapa pasangan ada yang kemudian harus mendatangi dokter kandungan untuk melakukan program hami atau promil.

Tidak Cukup Andalkan Krim, Wajah Bopeng Perlu Treatment Khusus

Penanganan bopeng tidak cukup hanya mengandalkan krim wajah. Meski krim dapat digunakan, itu hanya sebagai pelengkap.

Bisakah Bopeng di Wajah Ditangani? Ini Penjelasan Ahli

Bopeng bukan hanya muncul akibat jerawat. Bopeng juga bisa terjadi ketika kulit mengalami peradangan akibat hal lain, termasuk karena cacar air.

Mengupas Ramsay Hunt Syndrome, Penyakit yang Dialami Justin Bieber

Ramsay hunt syndrome beberapa waktu terakhir ramai dibicarakan. Terutama saat penyakit yang menyerang sebagian saraf wajah ini juga menyasar seorang penyanyi beken Justin Bieber.

Mengupas Hipospadia, Kelainan Bawaan yang Bisa Dialami Anak Laki-Laki

Dokter Spesialis Urologi dan Konsultan Urologi Anak Rumah Sakit (RS) JIH Solo, Fajar Sudarsono, menjelaskan hipospadia termasuk jenis kelainan bawaan pada anak laki-laki.

BPJS Ketenagakerjaan & RS JIH Solo Siap Layani Pasien Kecelakaan Kerja

Rumah Sakit (RS) JIH Solo berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik untuk masyarakat, termasuk para pekerja yang mengalami kecelakaan kerja.

Mau Punya Tubuh Ideal dengan Body Contouring? Ini Saran Dokter

Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh ideal adalah dengan melakukan body countouring melalui sedot lemak. Dokter RSJIH Solo menyarankan ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan body contouring.

Waspadai Hipospadia pada Anak Laki-laki, Ini Saran dari Ahli

Pernah menemui kondisi alat kelamin anak laki-laki yang tidak biasa, seperti ujung saluran kencing tidak berada di ujung kepala penis? Bisa jadi anak tersebut mengalami hipospadia.

Dukung Wisata Kesehatan, RS JIH Solo Tawarkan Berbagai Layanan

Rumah Sakit (RS) JIH Solo berkomitmen untuk turut mendukung program wisata kesehatan dengan berbagai layanan kesehatan.

Jangan Bingung Bunda, Ini Tips Mencegah Ruam Popok pada Bayi

Menurut salah satu dokter di Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Arieffah, Sp. KK, sekitar 7-35% bayi mengalami ruam popok, tersering terjadi pada bayi berusia 9-12 bulan.

Segini Biaya Sunat Anak di RS JIH Solo, Ada Promo sampai 31 Juli 2022

Biaya sunat atau khitan anak di RS JIH Solo sudah meliputi tindakan khitan, obat sampai, gift khusus.

Mengenal Inseminasi Intrauterin, Program Kehamilan Berbantu Minim Risiko

Program kehamilan berbantu lewat inseminasi intrauterin tergolong tidak terlalu mahal dengan efek samping dan risiko yang terbilang minimal.

One Stop Dental Care Rumah Sakit JIH Solo, Atasi Tuntas Masalah Gigi

Rumah sakit JIH Solo menawarkan One Stop Dental Care dengan lima spesialisasi kedokteran gigi yang mumpuni untuk memberikan pelayanan dan menangani semua permasalahan gigi.

Mulai Rp222.100, Ini Daftar Paket Promo Perawatan Kulit di RS JIH Solo

Swan Aesthetic Clinic RS JIH Solo memiliki beberapa layanan khusus untuk perawatan kulit.

Terapi Vertigo dan Depresi di RS JIH Solo, 5 Kali Terapi Bayar 4 Kali

Tak cuma vertigo, banyak gangguan kesehatan yang bisa ditangani dengan terapi TMS maupun FMS.

Brain and Spine Center Rumah Sakit JIH Solo, Solusi Masalah Neurologis

Untuk memberikan dukungan ahli dan informasi tentang berbagai kondisi dan masalah neurologis RS JIH Solo telah memiliki Brain & Spine Center.

Kapan Harus Periksa Indera Pendengaran, Ini Kata Dokter

Menjaga kesehatan pendengaran sangat penting dilakukan. Namun ketika ada gangguan pendengaran, masyarakat diharapkan bisa segera memeriksakannya.

Sering Memakai Headphone, Ini Saran Dokter THT RS JIH

Ada aturan khusus menggunakan headphone, yakni rumus 60-60. Jadi pemakaian headphone itu volume maksimal adalah 60% kemudian pemakaian maksimal adalah 60 menit. Kalau sudah 60 menit istirahat dulu sebelum melanjutkan lagi

Mengenal Lebih Dekat tentang Bedah Estetik, Bisa untuk Apa Saja?

RS JIH Solo telah menyediakan layanan bedah rekonstruksi dan estetika

Ada Benjolan pada Payudara, Segera Lakukan Langkah Ini

Dokter spesialis bedah umum RS JIH Solo, Sri Pratomo, mengatakan benjolan pada payudara tidak selalu identik kanker payudara.

Begini Alasan Menkes Beri 3 Vaksin Program Imunisasi Rutin

Kemenkes menambah tiga jenis vaksin pada imunisasi rutin karena melihat banyaknya kasus kematian ibu dan anak.

Kapan Penanganan Bibir Sumbing? Ini Penjelasan Dokter RS JIH Solo

Ketika ada celah bibir, penanganan dapat dilakukan dengan operasi setelah anak berusia 3 bulan

Ini dia, Tips Buka Puasa dan Sahur Agar Nyaman dari RS JIH Solo

Saat berbuka puasa disarankan dengan konsumsi makanan yang manis, yakni makanan alami manis atau kurma.

Anak Mulai Belajar Puasa? Ini Cara Menjaga Asupan Gizinya

Dokter spesialis anak Rumah Sakit (RS) JIH Solo, Murniati Rahayu, mengatakan puasa sudah dikenal sebagai salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Mau Mengajari Anak Berpuasa? Begini Caranya

Dokter spesialis anak Rumah Sakit (RS) JIH Solo, Murniati Rahayu, mengatakan meski anak-anak tidak diwajibkan untuk berpuasa Ramadan, namun tidak ada salahnya mulai mengenalkan puasa sejak dini.

Catat, Ini Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil berpuasa akan mencegah kemungkinan terjadinya DM gestasional.

Flexing Memaksa, Bisa Jadi Gangguan Mental?

Ada banyak hal yang mendorong orang melakukan flexing. Salah satunya faktor lingkungan. Takut tidak diterima lingkungan jika tidak terlihat kaya.

Puasa Saat Hamil, Ini Tips dari Dokter Obsgyn RS JIH Solo

Puasa masih bisa dilakukan oleh ibu hamil, namun dengan persyaratan melhat kondisi ibu dan jabang bayi.

Ini Kata Psikolog Mengenai Fenomena Flexing

Flexing atau pamer, terlebih untuk barang-barang mewah saat ini sudah semacam fenomena yang banyak mucul di media sosial

Waspada Gejala CVS pada Mata saat Pandemi, Ini Kata Dokter RS JIH Solo

Shabrina mengatakan CVS merupakan kumpulan gejala yang muncul di mata dan di leher yang biasanya berkaitan dengan penggunaan komputer atau gadget dalam waktu lama.

Jaga Mental Anak Usai Ortu Bercerai, Ini Jawaban Psikiater RS JIH Solo

Ada beberapa gangguan mental anak saat mengetahui orang tua bercerai.

Jadi Pelaksana Jamkestama bagi DPR, Begini Kesiapan RS JIH Solo

Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR meninjau pelaksanaan Program Jamkestama di RS JIH Solo.

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Penanganan Trauma pada Anak

Meski trauma atau cedera yang terjadi pada anak bisa ditangani dengan pertolongan di rumah, namun tetap harus dilakukan secara benar.

Awas Resistensi Penggunaan Antibiotik, Ikuti Aturan Pakai

Antibiotik adalah jenis obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri bisa juga untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri.

Tips Penggunaan dan Penyimpanan Obat yang Benar dari RS JIH Solo

Perhatikan cara penggunaan dan penyimpanan obat, karena itu akan berpengaruh kepada efektivitas obat tersebut.

Benarkah Angin Malam Sebabkan Paru-Paru Basah?

Banyak orang memercayai bahwa angin malam yang terasa lebih dingin bisa menyebabkan penyakit paru-paru basah.

Perhatikan, Ini Penyakit Telinga Yang Sering Muncul

Penumpukan kotoran telinga dan infeksi bisa menjadi penyebab penyakit telinga. Akibatnya terjadi penuruan fungsi pendengaran.

Diderita Wanita, Apa Itu Miom dan Bagaimana Gejalanya

Ada beberapa penyakit yang berisiko diderita kaum wanita atau perempuan. Salah satunya adalah mioma uteri atau lebih dikenal dengan sebutan miom.

Saat Cuaca Ekstrem, Waspadai Tiga Penyakit Ini

Saat cuaca ekstrem, biasanya ada beberapa penyakit yang hits atau sering muncul saat cuaca tersebut muncul.

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Dengan Baby Spa

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk optimalisasi tumbuh kembang anak, salah satunya stimulasi melalui baby spa.

Ketahui Kondisi Kesehatan Mata Anda Dengan Pemeriksaan Tonometri

Untuk mengetahui kondisi saraf optik dan apakah kita mengalami glukoma adalah dengan pemeriksaan tonometri dan ini bisa dilakukan di Poli Mata RS JIH Solo.

Bisa Lihat Organ Dalam Tubuh, Ini Keunggulan MRI di RS JIH Solo

Hadirnya MRI di RS JIH Solo ini akan melengkapi layanan yang sebelumnya ada seperti CT Scan.

Launching MRI, RS JIH Solo Siap Sambut Event Olahraga

MRI di RS JIH Solo tidak menggunakan sinar-x sehingga tidak ada kekhawatiran timbulnya efek biologis, mutasi gen, dan terjadinya keganasan.

Ketahui Kondisi Jantung dengan Cath Lab atau Kateter Jantung

Salah satu prosedur yang bisa dilakukan untuk deteksi dini untuk kesehatan jantung adalah Cath Lab atau kateter jantung.

Mendiagnosis Penyakit Dengan Fluoroskopi, Begini Penjelasannya

Pemeriksaan menggunakan fluoroskopi ini bisa dilakukan di rumah sakit yang memiliki fasilitas tersebut, seperti RS JIH Solo.

Kenali Penyakit Akibat Disfungsi Sistem Imun Dalam Tubuh

Penyakit disfungsi sistem imun bisa diatasi dengan pendekatan imunologi, konsultasikan hal ini dengan dokter penyakit dalam di Poli Penyakit Dalam RS JIH Solo.

Tidak Hanya Kecantikan, Ternyata Ini Manfaat Lain Akupunktur Medik

Selain berperan pada program pelangsingan tubuh dan kecantikan, manfaat akupunktur sangatlah luas. Layanan akupunktur medik bisa didapatkan di RS JIH Solo.

Apa Itu OCD Seperti yang Diidap Aktor Aliando Syarief

Aktor Aliando Syarief melalui akun Instagram miliknya mengaku mengidap Obsessive Compulsive Disorder (OCD) sehingga muncul kecemasan dan melakukan tindakan berulang.

Varian Baru Covid-19 Omicron, Gejala dan Pencegahannya

Bagaimana gejala orang yang terpapar virus ini, benarkah mudah menular, dan bagaimana pencegahannya.Berikut penjelasan dokter spesialis paru dari RS JIH Solo.

Pentingnya Skrinning untuk Mendeteksi Gangguan Pendengaran pada Bayi

Untuk mendeteksi gangguan pendengaran pada bayi maupun anak-anak perlu dilakukan skrinning di RS JIH Solo.

Diduga Dialami Puteri Artis Nurul Arifin, Apa Itu Henti Jantung

Berkonsultasi rutin dengan dokter jantung, seperti di poli jantung RS JIH Solo untuk mengurangi faktor risiko henti jantung.

Fisioterapi, Hindarkan Risiko Cacat Fisik Akibat Cidera dan Penyakit

fisioterapi disarankan kepada pasien yang cidera atau terserang penyakit agar terhindar dari risiko cacat fisik.

Gigi Anda Impaksi, Ini yang Harus Dilakukan

Kasus-kasus gigi seperti impaksi menjadi salah satu kasus yang cukup banyak di RS JIH Solo.

Deteksi Gangguan Pencernaan Dengan Endoskopi Diagnostic

Salah satu alat penunjang terbaru di RS JIH Solo adalah Endoskopi Diagnostic dan Terapeutik, untuk mendeteksi adanya kelainan di saluran cerna.

Terapi Cuci Otak Ampuh Obati Stroke? Ini Penjelasannya

Apakah informasi mengenai terapi cuci otak ini benar atau hanya hoax. Berikut penjelasan dr Baarid Luqman, spesialis saraf RS JIH Solo.

Ini Pentingnya Mendeteksi Gangguan Pendengaran pada Bayi Sejak Dini

Skrining terhadap bayi baru lahir penting agar kondisi penyakit yang dapat mengganggu tumbuh kembang dapat diatasi dan mendapatkan generasi yang berkualitas.

5 Bahan Rumahan Ini Bisa Percepat Penyembuhan Anosmia, Coba Yuk!

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mempercepat penyembuhan anosmia, salah satunya dengan melakukan latihan membau atau smell training secara alami dan rutin.

Cukup 30 Menit per Hari, Ini Segudang Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

Anak Moms Sulit Konsentrasi Saat Belajar? Begini Cara Menanganinya

Susah konsentrasi merupakan kondisi yang sangat wajar anak-anak alami, apalagi saat sedang di sekolah atau belajar di rumah secara daring (online)

Hipertensi Jadi The Silent Killer, Ini Tips Cegah Tekanan Darah Tinggi

Jumlah penyandang hipertensi terus meningkat setiap tahunnya, diperkirakan pada tahun 2025 akan ada 1,5 miliar orang yang terkena hipertensi.

Waspada! Ini Gejala TBC Tulang Sendi pada Anak

TBC tulang terjadi ketika tubuh terjangkit infeksi bakteri penyebab TBC yaitu Mycobacterium tuberculosis, kemudian bakteri tersebut menyebar ke luar paru-paru.