SOLOPOS.COM - Ilustrasi perawatan wajah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Selain melakukan perawatan kulit di pagi hari, perawatan kulit di malam hari sebelum tidur juga tidak kalah pentingnya untuk wanita. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian dari University of California-Irvine.

Hasil penelitian mengungkapkan, regenerasi kulit terjadi di malam hari, sehingga perawatan kulit di malam hari menjadi aktivitas yang penting untuk kecantikan wajah. Simak ulasan selengkapnya di tips perawatan kulit wajah kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perawatan kulit di malam hari sebelum tidur dapat memperbaiki setiap kerusakan sel-sel kulit akibat radiasi sinar matahari, polusi, dan stres yang dialami sepanjang hari. Bingung harus mulai darimana melakukan perawatan wajah di malam hari?

Baca Juga: Perawatan Kulit Sensitif Saat Musim Hujan

Perawatan kulit di malam hari sebelum tidur berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, karena kamu akan kehilangan banyak cairan tubuh saat tidur. Ikuti urutan perawatan wajah di malam hari berikut ini seperti dikutip dari halodoc.com pada Minggu (23/1/2022) :

1. Membersihkan Make-Up

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk perawatan kulit sebelum tidur adalah membersihkan make up pada wajah. Jika make up tidak dibersihkan maka dapat membuat pori-pori tersumbat dan masalah kulit wajah seperti jerawat dan iritasi. Kamu bisa menggunakan pembersih make up yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Melansir dari Healthline, oil cleanser atau pembersih make up berbasis minyak sebaiknya digunakan setelah kamu menggunakan BB cream, foundation atau concealer. Apabila kamu tidak menggunakan produk-produk tersebut, cukup bersihkan wajah dengan cleanser berbasis air.

2. Exfoliate Wajah

Langkah selanjutnya adalah melakukan exfoliation atau pengelupasan kulit. Perawatan ini berguna untuk menghilangkan sisa kotoran dan sel-sel mati yang membandel, sehingga sabun pembersih muka dapat bekerja lebih efisien saat kamu mencuci muka nantinya. Kamu bisa mengeksfoliasi wajah menggunakan scrub wajah yang bersifat mengeksfoliasi.

Baca Juga: Kenali Indikator Tidur yang Berkualitas

Menghilangkan kulit mati dengan menggunakan scrub tidak perlu dilakukan setiap hari, tapi cukup dua minggu sekali saja. Buat kamu yang punya kulit sensitif, exfoliation bisa dilakukan tiap seminggu sekali untuk mencegah iritasi kulit.

3. Cuci Muka

Walaupun kamu sudah membersihkan wajah dengan cleanser dan mengeksfoliasi kulit, tapi cuci muka tetap perlu dilakukan. Sebelum mencuci muka, bilas dulu wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori kulit terbuka.

Setelah itu, bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan kulit agar kotoran dan debu penyebab kulit kusam hilang.

4. Gunakan Toner

Setelah selesai mencuci muka, lanjutkan perawatan dengan mengusap wajah menggunakan kapas yang dibasahi toner untuk kebersihan wajah yang optimal.

Baca Juga: Ini Alasan Wanita Butuh Tidur Berkualitas Lebih Lama Dibandingkan Pria

Toner tidak hanya bisa menghilangkan kotoran seperti minyak dan sisa makeup, tapi juga menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan permukaan kulit, serta meminimalkan peradangan atau merah-merah pada kulit.

5. Sleeping Mask

Belajar dari para perempuan di Korea yang dikenal memiliki wajah mulus dan cerah. Salah satu ritual perawatan wajah yang sering mereka lakukan sebelum tidur adalah menggunakan sleeping mask, yaitu masker yang bisa dibawa tidur tanpa perlu membilasnya.

Teksturnya seperti krim namun lebih pekat. Sleeping mask berfungsi menjaga kulit tetap terhidrasi selama tidur, sehingga kamu bisa mendapatkan kulit kenyal dan lembap keesokan paginya.

Baca Juga: Dua Hal Ini Pengaruhi Kualitas Tidur Anda, Apa Saja?

6. Serum Wajah

Selain menggunakan sleeping mask, kamu bisa mengoleskan serum wajah. Serum wajah mengandung sejumlah bahan-bahan bermanfaat untuk wajah, mulai dari vitamin hingga antioksidan yang dirancang khusus untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu, seperti meremajakan kulit, mencerahkan, mengatasi noda hitam dan rona wajah yang tidak merata. Pilih serum wajah yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

7. Pelembap Wajah

Menggunakan pelembap wajah sebelum tidur wajib kamu lakukan. Oleskan pelembap wajah secara merata ke seluruh wajah dan leher sambil memijatnya dengan lembut. Pilihlah pelembap yang mengandung antioksidan, peptida, vitamin A, dan C untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi di siang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya