SOLOPOS.COM - Ilustrasi kapal tenggelam (Freepik)

Solopos.com, SOLO--Penting sekali mengetahui cara menyelamatkan diri jika alami musibah kapal tenggelam. Ya, berbagai kemungkinan bisa saja terjadi saat berwisata dengan perahu, termasuk tenggelam.

Kalau sampai mengalami musibah kapal tenggelam, ada 5 hal yang harus dilakukan. Kesigapan melakukan hal ini bisa menentukan keselamatan Anda saat mengalami peristiwa ini.

Promosi BRI-MI Sabet Top 5 Manajer Investasi di Tahun Pertama Gabung BRI Group

Berikut ini 5 hal penting yang harus dilakukan jika mengalami musibah kapal tenggelam sebagaimana dikutip dari detikcom, belum lama ini :

1. Jangan panik

Mencoba tidak panik ketika mengalami musibah kapal tenggelam mungkin sulit dilakukan. Tapi setidaknya kamu harus mencoba hal ini. Sikap panik hanya akan membuat pikiran semakin kalut. Kamu pun jadi tidak bisa berpikir hal-hal apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga: Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Selain itu, sikap panik justru mendorong seseorang lebih banyak bergerak yang akhirnya membuat jadi semakin tenggelam. Padahal, kalau bisa tenang, kamu bisa mengambang secara otomatis karena berat jenis tubuh kita lebih kecil ketimbang berat jenis air laut.

2. Lihat posisi kapal

Setelah berhasil menenangkan diri saat mengalami musibah kapal tenggelam, segera cari tahu posisi kapal. Jika masih mampun berenang, cobalah untuk meraih kapan. Biasanya, tim penolong akan memulai mencari korban dari dekat kapal.

3. Cari benda yang mengapung

Langkah selanjutnya saat mengalami musibah kapal tenggelam adalah cobalah mengapung dengan pertolongan benda di sekitar. Jika ada bongkahan kayu atau benda besar lain yang mengambang di dekat kamu, cobalah raih. Tujuannya untuk menjadikan benda tersebut sebagai tempat bersandar. Lama mengapung di tengah lautan tanpa ada benda untuk berpegang pasti melelahkan.

Baca Juga: Kisah Penumpang Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali: Anak Saya Tenggelam

4. Coba selamatkan diri sendiri dulu baru kemudian orang lain

Kalau belum berhasil menyelamatkan diri dalam musibah kapal tenggelam, jangan coba-coba menyelamatkan orang lain. Yang ada, bukannya kamu dan teman selamat, tapi malah tenggelam bersama-sama.

5. Cari pelampung

Nah ini yang paling penting! Sebelum naik kapal pasti penumpang dianjurkan untuk mengenakan pelampung atau mencari tahu lokasi pelampung. Tujuannya agar ketika kapal tenggelam atau mulai karam, dan ada tanda-tanda akan tenggelam, kamu bisa selamat karena mengenakan baju pelampung.

Nah, kalau kamu belum mengenakan pelampung, coba cari ke sekitar untuk tahu apakah ada orang yang mengenakan pelampung. Jika ada, dekati dan peganglah pelampung miliknya agar kamu bisa ikut mengambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya