Penting! Ini 7 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan
Bawang putih. (Boldsky.com)

Solopos.com, JAKARTA — Bawang putih sering menjadi bumbu dapur di rumah. Namun, bawang putih ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Biasanya, bawang putih juga digunakan sebagai obat tradisional dalam berbagai kondisi medis. Lalu, dunia kesehatan yang  lebih maju juga mengamini bahwa bawang putih sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Penggunaan bawang putih juga didokumentasikan dengan baik oleh banyak peradaban besar, termasuk Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi dan China. Mengutip dari Healthlines, Rabu (18/11/2020), ilmu pengetahuan modern baru-baru ini mengkonfirmasi manfaat bawang putih bagi kesehatan:

Fengsui Kamar Mandi: Bukan Hanya Material, Perhatikan Juga Hal Ini…

1. Bawang putih dapat melawan penyakit, termasuk pilek

Bawang putih dikenal dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Satu studi besar selama 12 minggu menemukan bahwa suplemen bawang putih setiap hari mengurangi jumlah pilek hingga 63% dibandingkan dengan plasebo.

Studi lain menemukan bahwa dosis tinggi ekstrak bawang putih tua (2,56 gram per hari) mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61%.

Astronom Deteksi Semburan Radio Misterius dari Galaksi Bima Sakti

2. Mengobati masuk angin

Beraktivitas seharian di dalam ruangan berpendingin ruangan dan melakukan perjalanan seharian penuh, akan membuat Anda mudah lelah dan masuk angin. Ulasan terbaru menunjukkan bawang putih mampu mengobati masuk angin.

Cara mengonsumsinya, cukup menambahkan bawang  putih ke dalam makanan, jika Anda sering masuk angin.

Celupkan Kepala Anak ke Ember, Mama Muda di Tangerang Viral

3. Senyawa aktif dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah

Penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke adalah pembunuh terbesar di dunia. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah salah satu pemicu terpenting penyakit ini.

Penelitian pada manusia telah menemukan menyimpulkan bahwa bawang putih memiliki dampak signifikan pada penurunan tekanan darah seseorang.

LG Patenkan Laptop Masa Depan, Layar Bisa Digulung Bak Kertas

4. Bawang Putih bisa menurunkan kolesterol

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat). LDL berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung pada seseorang.

Bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, suplemen bawang putih tampaknya mengurangi kolesterol sekitar 10–15%.

Kata Fengsui, Rezeki Datang Tergantung Penataan Rumahmu…

5. Bawang putih kandung antioksidan pencegah alzheimer dan demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif berkontribusi pada proses penuaan.

Adapun efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat mengurangi risiko penyakit otak umum seperti penyakit alzheimer dan demensia.

6. Bawang putih dapat membantu anda hidup lebih lama

Belasan Ular Kobra Sembunyi di Rumah, Warga Bogor Heboh…

Fakta yang terjadi di Indonesia adalah penyakit menular dan tidak menular menjadi faktor penyebab kematian. Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit tidak menular.

Penurunan risiko penyakit di atas dapat membuat Anda lebih bugar dan panjang umur, jika disertai dengan kegiatan olahraga yang rutin.

Mesum di Bajaj, Kakek-Kakek dan Wanita Muda Diusir Warga

7. Kinerja atletik dapat ditingkatkan dengan suplemen bawang putih

Bawang putih adalah salah satu zat peningkat kinerja yang paling awal. Secara tradisional, bawang putih digunakan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja para pekerja.

Pada saat Olimpiade di Yunani kuno, para atlet diberikan bawang putih untuk menjaga stamina mereka. Sementara itu, dalam studi lain menunjukkan bahwa kelelahan akibat olahraga dapat dikurangi dengan mengonsumsi bawang putih.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom