Penting Dilakukan, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis bagi Pelaku UMKM?

Mempunyai peran yang begitu besar dalam suksesnya usaha, bagaimana sih cara mendapatkan mentor bisnis yang tepat bagi pelaku UMKM?

 Ilustrasi mencari peluang bisnis yang menjanjikan. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencari peluang bisnis yang menjanjikan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Bagaimana sih cara para pelaku UMKM bisa mendapatkan mentor bisnis?

Perlu diketahui, mentoring atau pendampingan sangat penting dilakukan baik oleh pelaku bisnis pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Mentoring dirasa sangat penting untuk bisa meningkatkan kualitas bisnis yang imbasnya bisa meningkatkan pendapatan dan juga jejaring pemasaran.

Baca Juga:  Deretan Orang Kaya dari Jogja, Ada Nama Artis Ibu Kota

Melihat hal tersebut, Diplomat Success Challenge (DSC), salah satu kompetisi wirausaha terbesar dan terdepan di Indonesia yang dilakukan oleh Wismilak Foundation, kembali hadir untuk ke-12 kalinya pada tahun ini, 2021.

Sehingga dengan cara mengikuti DSC 12, kamu pelaku UMKM bisa mendapatkan mentor bisnis secara optimal.

Baca Juga:  Dua Kunci untuk Mengubah Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

Adapun salah satu kegiatan dari rangkaian acara DSC 12 adalah DSC Weekend. Acara tersebut untuk mendorong pertumbuhan bisnis anak muda dan terus membangun ekosistem wirausaha Tanah Air

DSC Weekend merupakan program roadshow nasional dengan format “kompetisi mini’ untuk mengasah ide-ide bisnis yang baru dan berlandaskan atas masalah yang ada. Kompetisi ini menantang peserta untuk membuat perencanaan bisnis dalam waktu 48 jam dan bertemu dengan para coach dari berbagai berlatar belakang.

“Sejak awal, tujuan rangkaian roadshow berupa DSC 12 Weekend dan DSC Mini Event untuk untuk membangun ekosistem wirausaha Indonesia dengan menekankan pentingnya proses pembinaan atau mentorship bagi calon wirausahawan. Format baru DSC Weekend dan DSC Mini Event ini memberikan jangkauan lebih luas kepada calon wirausahawan muda baik itu di kota besar maupun di kota kecil. Roadshow terbuka untuk publik ini diharapkan dapat memantik semangat dan mendorong calon peserta untuk berpartisipasi dalam gelaran DSC 12 2021,” ujar Program Initiator DSC, Edric Chandra dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Kamis, 2 September 2021.

Baca Juga:  Potret Megah Istana 81 Ha Milik Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang

Dengan cara mengikuti program DSC Weekend ini, kamu bisa memperoleh mentor dari pelaku bisnis hebat Tanah Air.

Bahkan, di hari pertama DSC Weekend, calon wirausahawan dapat belajar materi langsung dari para coach seperti product, finance & marketing strategy. Nantinya mereka diminta untuk mengirimkan ide proposal bisnisnya, untuk dipilih 5 ide proposal bisnis terbaik yang  berkesempatan  untuk melakukan presentasi langsung kepada coach di hari berikutnya.

Cara Mendapatkan Mentor Bisnis Lewat DSC 12

Selama ini DSC Weekend telah sukses dilakukan di Surabaya, Semarang, Bandung, Jakarta dan Makassar. Selain itu, kompetisi yang digelar Wismilak Foundation ini juga akan mengadakan DSC Mini Event, berupa webinar dengan mengundang mentor-mentor hebat, para pelaku bisnis muda yang penuh inspiratif.

DSC Mini Event pun telah menjangkau beberapa kota seperti Ngawi, Sidoarjo, Solo dan Palembang.  Seluruh materi DSC Mini Event seputar literasi dan pengembangan wirausaha yang disajikan melalui format live streaming dan mendapatkan atensi yang luar biasa dari masyarakat.

Baca Juga:  Kamu Vaksin di Luar Negeri? Ini Cara Dapat Sertifikat Vaksinasi di Aplikasi Pedulilindungi

Penasaran dengan program DSC 12 secara keseluruhan? Yuk, segera persiapkan diri kamu atau tim kamu agar kamu bisa mendapatkan mentor bisnis dari ahlinya dengan cara mendaftarkan diri dan proposal ide bisnisnya melalui situs www.diplomatsukses.com, hingga 19 Oktober 2021. Format proposal bisnis juga dapat diunduh di situs tersebut untuk memudahkan para peserta menuangkan ide bisnisnya.

Ikuti terus update tentang DSC di lini masa media sosial DSC 12; Instagram @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, Twitter @diplomat_sukses, dan situs www.diplomatsukses.com.

Baca Juga:  4 Tanaman Hias dengan Harga Mahal, Ada yang Capai Ratusan Juta

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Inilah Capaian Pemerintah dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi

Terkait program pemulihan ekonomi nasional, Airlangga menjabarkan per 15 Oktober 2021 anggaran PEN telah terealisasi sebesar Rp428,21 triliun atau 57,5 persen dari pagu Rp744,77 triliun. 

Insan Perhotelan Suarakan Aspirasi Soal CHSE kepada Pemprov Jateng

Kali ini sertifikasi CHSE tidak lagi difasilitasi pemerintah, sehingga masing-masing hotel harus mengupayakan secara mandiri dan berbiaya.

Sambut Investasi, Keandalan Listrik di Papua Terus Berlanjut Pasca PON

Berakhirnya PON XX Papua bukan berarti pembangunan selesai. PLN Berkomitmen untuk terus meningkatkan keandalan suplai listrik Tanah Papua.

Astra Life Luncurkan Kampanye #BetterSandwichGen

BPS menyebutkan bahwa 78.27% sumber pembiayaan rumah tangga lansia ditopang oleh anggota rumah tangga yang bekerja.

Naik Lagi Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Jumat 22 Oktober 2021 

Harga emas hari ini di Pegadaian, Jumat (22/10/2021) untuk logam mulia Antam ukuran 2 gram mencapai Rp1.853.000.

Banting Setir, Atlet Bulutangkis Ini jadi Pengusaha Warung Gongso Solo

Warung Gongso merupakan usaha yang ide Dhaka Yudha Sakti datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

Krisis Energi Melanda Dunia, Ini Pengaruhnya untuk Indonesia

Tingginya permintaan energi seiring dengan pemulihan ekonomi tapi tak dibarengi dengan ketersediaan pasokan memadai, membuat harga gas alam dan batu bara melonjak.

Dipesan Tamu World Superbike, Hotel di Mataram Hampir Fully Booked

sejumlah hotel di Mataram sudah menerima reservasi atau pesanan kamar dari tamu kegiatan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.

Pertashop Dorong Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Pertashop Pertamina diharapkan bisa jadi upaya mendorong pemerataan akses energi dengan tujuan membangkitkan kembali ekonomi di tengah pandemi.

Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah (Patriot) diresmikan di Solo, Kamis (21/10/2021). Patriot merupakan program yang diluncurkan Grab bekerja sama dengan OVO.

Jumlah Wisatawan Meningkat, Pemkot Jogja Batasi Pengunjung

Pada PPKM Level 2 di DIY, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengantisipasi kemungkinan meningkatkan jumlah wisatawan.

Aturan Baru: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Pesawat dan Kereta

Anak usia di bawah 12 tahun bisa diajak naik pesawat hingga kereta api antarkota namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

BNI Luncurkan BNI Xpora untuk Dukung UMKM Go Global

BNI memperkenalkan BNI Xpora yang telah memberikan layanan di 7 kota yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Jangan Terkecoh! Ini Beda Pinjol Ilegal dengan Pinjol Legal

Pemerintah melakukan penindakan tegas terhadap pinjol ilegal, sedangkan pinjol-pinjol lain yang legal sudah ada izin, sah, dipersilakan berkembang.

Resmikan Pabrik Biodiesel, Begini Penegasan Jokowi Soal Energi Fosil

Pada tahun 2021 Presiden Jokowi menargetkan Indonesia mampu memproduksi dan menyalurkan 9,2 juta kiloliter biodiesel.

Diproyeksi Gantikan Garuda, Pelita Air Butuh Persiapan 3 Bulan

BUMN memperkirakan penyiapan PT Pelita Air Service (PAS) sebagai maskapai yang melayani penerbangan berjadwal membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan.