Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

 Ilustrasi wanita hamil (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita hamil (freepik)

Solopos.com, WONOGIRI—Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri mencatat baru 45% dari target sasaran ibu hamil (bumil) menjalani tes HIV di Wonogiri per November 2021 akibat pandemi Covid-19. Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DKK Wonogiri, Satyawati Prawirohardjo, menjelaskan ada penurunan tes pada program triple eliminasi untuk mengeliminasi penularan penyakit infeksi dari ibu ke anak, seperti HIV, sifilis, dan hepatitis. Pencapaian tes terhadap ibu hamil 95% dari target sasaran pada 2020 namun sampai November 2021 hanya 48% dari sekitar 12.000 bumil di Wonogiri.

Dia mengatakan program tersebut merupakan upaya untuk menemukan HIV sedini mungkin pada bumil supaya tidak menularkan virus kepada janinnya. Kementerian Kesehatan membuat regulasi untuk menolong ibu hamil yang ditemukan positif HIV.

Baca Juga: Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

“Memang ini menjadi tantangan kami untuk menemukan kasus sedini mungkin karena terkendala kunjungan ibu hamil ke puskesmas yang turun selama pandemi Covid-19,” kata dia kepada Solopos.com setelah melakukan siaran di UPT Radio Siaran Pemerintah Daerah Wonogiri saat peringatan Hari AIDS Sedunia, Rabu (1/12/2021).

Menurut dia, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan capaian, antara lain dengan mengaktifkan kegiatan posyandu yang memberikan sosialisasi dan memotivasi ibu hamil untuk berkunjung ke puskesmas. Tes HIV direkomendasikan sejak usia kandungan memasuki triwulan I. Namun, sulit untuk memperoleh capaian sama dengan tahun lalu.

Adapun dari 48% ibu hamil yang menjalani tes HIV ditemukan satu perempuan yang terkonfirmasi positif HIV. DKK Wonogiri melakukan intervensi untuk mempertahankan kekebalan tubuh ibu hamil tersebut, salah satunya pemberian jenis obat antiretroviral (ARV) yang diminum setiap hari. Terapi ini tidak bisa menyembuhkan pasien HIV namun untuk menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

“Ibu hamil mengkonsumsi ARV tidak apa-apa dan kami rujuk ke PDP [Perawatan Dukungan Pengobatan] melalui empat rumah sakit dan 11 puskesmas. Jadi pentingnya terkait deteksi dini bisa menekan jumlah virusnya sampai undetected. Saking sedikitnya sampai gak terdeteksi,” ungkapnya.

Dokter Layanan Pengobatan dan Dukungan Perawatan HIV-AIDS RS Umum Maguan Husada, Dhian Prasetyo, mengatakan penurunan jumlah pasien yang berkunjung ke fasyankes tidak hanya ibu hamil tetapi pasien secara umum saat angka Covid-19 tinggi beberapa bulan lalu.

“Sangat mungkin kekhawatiran mereka tertular Covid saat berkunjung ke fasilitas kesehatan menjadikan mereka menunda kunjungan ke fasilitas kesehatan, kecuali dalam kondisi gawat darurat. Tapi hal ini perlu kajian yang lebih mendalam,” katanya.

Baca Juga: Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Dhian menjelaskan data Kementerian Kesehatan pada triwulan I 2021 risiko penularan HIV dari bumil ODHA ke bayi adalah 20-50%. Jika diperinci risiko saat masa kehamilan 5-10%, saat proses melahirkan 10-20%, dan saat menyusui 5-20%. Namun persentase risiko tersebut dapat diturunkan hingga <2%, bahkan <1% apabila dilakukan upaya pencegahan penularan yang tepat.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Tahun Ini, Bawaslu Solo Panaskan Mesin

Bawaslu Kota Solo sudah mulai bersiap menghadapi tahapan Pemilu 2024 yang akan dimulai pada 2022 ini, salah satunya memetakan potensi pelanggaran.

8 Keluarga di Klaten Ini Dikepung Sungai dan Jalan Tol Solo-Jogja

Sekitar 14 jiwa di Dukuh Pasekan, Desa Ngabeyan, Kecamatan Karanganom, Klaten, tinggal pada satu kompleks yang dikepung sungai dan jalan tol Solo-Jogja.

Sepekan 9.069 Wong Sukoharjo Disuntik Vaksin Booster

Vaksinasi booster di Sukoharjo dicanangkan saat kunjungan kerja Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Griya Sejahtera, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, pada 19 Januari 2022.

Untung Maksimal, Porang Jadi Primadona Petani Jatisari Wonogiri

Penanaman dan perawatan porang mudah, tetapi petani bisa memperoleh keuntungan usaha yang besar.

BLK Boyolali Buka 6 Program Pelatihan Kerja Gratis, Buruan Daftar Lur

Walaupun lokasi pelatihan berada di BLK Boyolali, namun peserta yang ingin mendaftar diperbolehkan dari luar Boyolali.

Anak Disabilitas Korban Pemerkosaan di Tanon Sragen Dipindahkan ke Solo

Anak disabilitas di bawah umur asal Tanon, Sragen, korban pemerkosaan bersama keluarganya dipindahkan ke Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof. Dr. Soeharso Solo.

Kasus Pencabulan Anak Disabilitas di Tanon Bukan yang Pertama di Sragen

Aliansi Peduli Perempuan Sukowati (APPS) pernah menangani empat kasus pencabulan dengan korbannya adalah anak disablitas (keterbelakangan mental) di Sragen.

5 Sampel Swab Satu Keluarga di Sukoharjo Dicek WGS

Keluarga tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota, namun berdasarkan hasil swab PCR, CT value mereka kurang dari 30.

Tarif Manahan dan Sriwedari Diprotes, Gibran: Silakan Ajukan Keringanan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berjanji memberikan keringanan bagi yang mengajukan keberatan mengenai tarif sewa atau penggunaan fasilitas di Stadion Manahan dan Sriwedari.

Pembangunan Telaga Madirda Diduga Menyimpang, Kejari Turun Tangan

Kejari Karanganyar menyelidiki dugaan adanya penyimpangan dalam proyek pengembangan Telaga Madirda oleh BUMDes Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Hujan Disertai Angin, 2 Bangunan Telaga Rindu Resto Lalung Roboh

Bangunan Telaga Rindu Resto di Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar roboh diterjang hujan disertai angin.

Sukses Ubah Citra Kemukus, Bupati Siap Bongkar 2 Tempat Lokalisasi Lain

Bupati Sragen akan membongkar Pasar Nglangon dan Pasar Joko Tingkir untuk menghilangkan citra buruk sebagai tempat lokalisasi terselubung.

Polisi Sukoharjo Bekuk Penipu Berkedok Jual Minyak Goreng Murah

Penangkapan berawal dari laporan salah satu korban ke personel Satreskrim Polres Sukoharjo yang mengaku tertipu Rp58 juta lantaran termakan iming-iming memperoleh minyak goreng murah.

Petugas Sampah Kelurahan Solo Pakai Trik Ini demi Hindari Antre di TPA

Antrean kendaraan pengangkut sampah di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, terjadi hampir setiap pagi membuat petugas sampah kelurahan mencari cara menghindarinya.

Pemkab Karanganyar Usulkan Penambahan 600 PPPK Tahun Ini

Pemkab Karanganyar telah mengusulkan perekrutan 600 PPPK untuk formasi guru tahun ini ke Kemenpan RB.