SOLOPOS.COM - Pesawat luar angkasa Endeavour yang telah pensiun tiba di California Science Center, Los Angeles, Minggu (14/10/2012) waktu setempat. (Reuters)

Pesawat luar angkasa Endeavour yang telah pensiun tiba di California Science Center, Los Angeles, Minggu (14/10/2012) waktu setempat. (Reuters)

LOS ANGELES — Pesawat ruang angkasa Endeavour yang telah pensiun melakukan perjalanan terakhirnya menuju museum di Los Angeles (LA), Minggu (14/10/2012), waktu setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah menempuh jutaan kilometer di luar angkasa, misi terakhir Endeavour menuju hanggar peristirahatan terakhirnya yang hanya berjarak sekitar 19 km membutuhkan waktu 17 jam. Selama melalui jalan-jalan di kota, badan raksasa sering terhambat pepohonan, tiang listrik, baliho-baliho ribuan penonton yang berbaris sepanjang jalan hingga kamera-kamera awak media yang ingin mengabadikan perjalanan terakhirnya tersebut

Endeavour akhirnya tiba di California Science Center untuk pesta ucapan perpisahan dari para pejabat dan akhirnya masuk hanggar pada Minggu malam waktu setempat atau Senin (15/10/2012) pagi WIB. “Ini seperti (perayaan) Natal!” kata Mark Behn, 55, seorang anggota tim pendukung di hanggar museum yang menonton arak-arakan Endeavour yang merayap.

“Kami telah menunggu begitu lama dan menunggu kapan dia (Endeavour) tiba. Tapi akhirnya dia tiba di sini dan mimpi ini menjadi kenyataan,” imbuhnya seperti dilansir yahoonews. Akibat penonton yang membeludak, pesawat yang pernah mengorbit dengan kecepatan lebih dari 27.000 km/jam itu hanya mampu menempuh perjalanan dengan kecepatan maksimal 3 km/jam dalam perjalanan terakhirnya melalui Inglewood dan Los Angeles selatan.

Mengangkut Endeavour melintasi lalu lintas kota adalah suatu prestasi tersendiri sekaligus sangat mahal. Diperlukan dana sekitar US$10 juta yang berasal dari dana pusat ilmu pengertahuan dan sumbangan donatur, hanya untuk membawanya menuju hangar terakhir.

Endeavor dijadwalkan mulai ditampilkan di museum mulai 30 Oktober 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya