SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Penjualan tiket kereta api (KA) untuk perjalanan libur panjang akhir tahun 2012 masih minim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Supervisor Pelayanan Stasiun Balapan Solo, Sunaryo, menyampaikan tiket KA untuk perjalanan jarak jauh akhir tahun baik rute Solo-Jakarta maupun Jakarta-Solo belum banyak diburu calon penumpang.

“Baik tiket KA Argolawu, KA Argodwipangga, Bima, Gajayana dan Senja Utama semua masih relatif tersedia,” kata Sunaryo, saat ditemui di Stasiun Balapan Solo, akhir pekan kemarin.

Meskipun penjualan tiket masih minim, namun dia tetap memprediksi akan terjadi kenaikan penumpang KA selama libur Natal dan Tahun Baru. “Seluruh jadwal perjalanan kereta akan mencapai tingkat keterisian 100%.”

Sementara itu, hingga akhir pekan kemarin penjualan tiket khusus untuk tanggal 27-28 Desember dan 30 Desember 2012 masih dikisaran 100 tiket hingga 200 tiket. Sementara, untuk arus balik 2 Januari baru berkisar 40 tiket hingga 100-an tiket.

“Calon penumpang bisa segera membeli tiket sebelum kehabisan. Prediksi kami, memasuki musim liburan sekolah pekan depan, grafik penjualan akan semakin meningkat.”

Semestinya, calon penumpang sudah bisa memesan tiket KA sejak jauh-jauh hari karena saat ini PT KAI menerapkan penjualan tiket H-90.

Dia memperkirakan tidak akan terjadi lonjakan calon penumpang yang signifikan karena saat ini setiap perjalanan jarak jauh memiliki daya tampung maksimal hanya 100%. Sampai saat ini pun belum ada informasi mengenai operasional kereta tambahan.

“Justru nanti kereta komuter bisnis seperti Prambanan Ekspress (Prameks), Madiun Jaya dan KA Sriwedari yang kemungkinan melonjak.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya