SOLOPOS.COM - Ilustrasi Petani Merawat Tanaman Tembakau (Dok/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi, meminta petani tembakau di daerah tersebut menjaga kemurnian tembakau Temanggung agar memiliki nilai jual tinggi.

“Kami minta para petani untuk mengolah tembakau sebaik-baiknya dengan menjaga kemurnian tembakau Temanggung agar berkualitas sehingga nilai jualnya tinggi. Dengan demikian petani berpeluang mendapat penghasilan bagus guna meningkatkan kesejahteraannya,” katanya seperti dikutip Antara, Senin (18/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan hal tersebut saat meninjau areal pertanian tembakau di Kecamatan Kledung dan Bansari bersama Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Agus Prasodjo dan Kepala Bagian Perekonomian Kristiwidodo. Pada kesempatan tersebut Irawan berdialog langsung dengan petani guna menyerap aspirasi sekaligus mendapat berbagai masukan tentang pertembakaun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Usaha pertembakuan tetap menjadi primadona petani Temanggung, oleh karena itu hendaknya dirawat dan diolah sebaik-baiknya agar menghasilkan tembakau rajangan berkualitas sehingga berpeluang memiliki nilai jual tinggi,” katanya.

Menurut dia, tembakau Temanggung selama ini dikenal sebagai tembakau lauk yang memiliki keunggulan dibanding tembakau luar Temanggung. Oleh karena itu guna mempertahankan kualitas petani harus menjaga kemurniannya.

Ia menuturkan, budidaya tembakau sampai saat ini masih menjadi andalan pendapatan petani dan memberikan dampak bagi pergerakan perekonomian daerah.

“Agar usaha pertembakauan bisa berjalan efektif dan efisien maka petani sudah selayaknya menjaga mutu sebagai ciri khas tembakau Temanggung yang merupakan tembakau terbaik di dunia,” katanya.

Ia mengatakan, Pemkab sudah membentuk tim kecil yang terdiri dari unsur birokrasi, petani, dan greder yang berfungsi sebagai wadah berembug masalah pertembakauan terutama tentang tata niaga tembakau.

“Komunikasi yang efektif diharapkan pemasaran tembakau berjalan lancar saling menguntungkan,” katanya.

Petani tembakau warga Kledung, Ismanto menuturkan, petani saat ini sudah memulai memanen tembakau untuk diolah menjadi tembakau rajangan.

Ia berharap tembakau rajangan dibeli oleh pabrikan dengan harga tinggi minimal Rp20.000 per grade seperti pada panen 2011 sehingga petani bisa menikmati keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya