SOLOPOS.COM - Ilustrasi tablet (Softpedia)

Penjualan tablet diprediksi akan terus mengalami penurunan.

Solopos.com, SOLO – Tablet nampaknya sudah tidak semenarik dulu. Oleh karena itu, penjualan tablet pun diprediksi menurun pada masa mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir Phone Arena, Selasa (14/7/2015), prediksi itu dikemukakan oleh salah satu lembaga riset bernama Forrester Research. Mereka menyebut penurunan penjualan tablet dikarenakan banyaknya smartphone yang menggunakan layar lebih lebar atau phablet.

Forrester Research mencatat 41% dari pekerja informasi global menggunakan smartphone dengan layar di atas 5 inci. Sementara 11% dari mereka lebih mengatakan lebih mengutamakan phablet ketimbang tablet.

Bukti statistik yang menyebut hadirnya phablet mempengaruhi penurunan penjualan tablet adalah ketika peluncuran Samsung Galaxy Note 4 pada 2014 lalu. Saat itu, penjualan tablet langsung menurun lima poin.

Fenomena serupa juga tampak saat Apple menghadirkan Iphone 6 Plus yang memiliki layar 5,5 inci. Kala itu, penjualan tablet milik Apple, Ipad langsung merosot.

Menurut laporan, penjualan Ipad menurun hingga 18% dari tahun ke tahun. Faktor lain yang disebut menjadi penyebab penurunan penjualan tablet adalah tidak adanya inovasi yang maksimal pada perangkat itu.

Bukan seperti smartphone yang selalu menghadirkan fitur-fitur canggih, inovasi di tablet cenderung stagnan. Meski begitu, para produsen menganggap tablet masih memiliki tempat di pangsa pasar teknologi. Tablet diyakini masih sangat dibutuhkan oleh para karyawan untuk digunakan saat bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya