SOLOPOS.COM - Tablet terbaru LG G Pad II. (Istimewa)

Penjualan tablet di seluruh dunia semakin berkurang.

Solopos.com, SOLO — Sempat menjadi gadget primadona, tablet makin berkurang peminatnya. Biro riset IDC mencatat untuk tujuh kuartal bertutut-turut, penjualan tablet global mengalami penurunan.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Seperti dikutip dari Zdnet, Rabu (3/8/2016), di kuartal II tahun 2016 ini, penjualan tablet merosot 12,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Dari jumlah pengapalan 44,1 juta menjadi 38,7 juta unit.

Pemimpin pasar masih dipegang Apple dan Samsung, dua perusahaan kelas dunia itu juga mengalami penurunan masing-masing 9,2% dan 24,5%. Apple mengapalkan 9,2 juta unit sedangkan Samsung 6 juta unit.

Nasib berbeda dialami oleh dua vendor Tiongkok, Lenovo dan Huawei yang menempati ranking 3 dan 4. Lenovo mengapalkan 2,5 juta unit tablet dan mengalami kenaikan 3,1%. Kemudian Huawei juga mengapalkan 2,5 juta unit dengan kenaikan 71%.

Posisi kelima ditempati oleh Amazon yang sukses dengan tablet merek Fire. Retail online terbesar di dunia itu berhasil mengapalkan 1,6 juta tablet selama kuartal II 2016.

Dalam hal sistem operasi, Android mendominasi dengan market share 65%. IOS di ranking kedua dengan pangsa pasar 26% menyusul Windows milik Microsoft yang meraup 9% market share.

IDC mencatat tablet kategori detachable alias bisa dibongkar pasang menunjukkan tanda-tanda kenaikan walau mayoritas unit terjual masih tablet kategori slate. Kategori detachable itu diminati terutama oleh konsumen di kalangan enterprise.

“Meskipun pertumbuhan kategori detachabel tak dapat dibantah, jenis slate tetap mayoritas,” kata Research Director Tablets IDC, Jean Philippe Bouchard.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya