SOLOPOS.COM - Logo Apple (Dok)

Apple akhirnya dapat menyalip Samsung dalam penjualan ponsel terlaris dunia.

Solopos.com, SOLO — Dua raksasa teknologi, Apple dan Samsung, masih menguasai pasar smartphone dunia. Dua perusahaan ini bersaing dalam jumlah penjualan ponsel terlaris dunia. Setelah beberapa tahun berkuasa, Samsung rupanya harus merelakan posisi jawara penjualan ponsel terlaris dunia.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Berdasarkan data dari Gartner yang dikutip oleh PC World, Rabu (15/2/2017), Samsung memiliki pangsa pasar smartphone sebesar 17,8%. Sedangkan kompetitornya, Apple, memiliki persentase 17,9%. Data ini menegaskan jelang berakhirnya 2016, penjualan smartphone Apple diketahui mampu mengalahkan jumlah penjualan milik Samsung. Keduanya terpaut persentase yang cukup tipis.

Masing-masing dari kedua perusahaan tersebut memiliki jumlah unit smartphone yang terjual sebanyak 76,8 juta (Samsung), dan 77 juta unit (Apple) di sepanjang kuartal keempat 2016. Pencapaian Apple untuk menggulingkan Samsung di takhta raja tak lepas dari strategi bisnis pada musim liburan tahun lalu.

Penjualan seri Iphone 7 diketahui turut menjadi pendorong dalam kenaikan pangsa pasar Apple. Galaxy Note 7 yang telah menghasilkan 10% hingga 15% pangsa pasar bagi Samsung, batal menjadi primadona karena kasus ledakan yang diakibatkan masalah baterai.

Sedangkan produsen smartphone yang berada di bawah Apple dan Samsung, didominasi oleh perusahaan asal Tiongkok seperti Huawei (9,5%), Oppo (6,2%), dan BBK Communication Equipment (5,6%).

Pencapaian Apple di akhir tahun sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya. Pada 2015, Apple juga berhasil merebut pangsa pasar Samsung. Hanya saja dari segi pangsa pasar secara tahunan, Apple masih kalah dibandingkan Samsung yang jauh lebih unggul yakni 14,4% (Apple), dan 20,5% (Samsung).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya