SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan smartphone (Phantom Glass)

Penjualan smartphone selama 2015 diperkirakan akan mencapai 1,9 miliar unit.

Solopos.com, SOLOSmartphone kini menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Tak pelak penjualan ponsel pintar pun kian meningkat setiap tahunnya.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Seperti dilansir Techweekeurope, Selasa (7/7/2015), lembaga riset, Gartner, memprediksi akan ada 2,5 miliar perangkat pintar yang terjual yang terdiri dari PC, tablet, ultramobile, serta smartphone. Namun dari jumlah tersebut, smartphone lah yang paling banyak dikapalkan.

Menurut Gartner akan ada 1,9 miliar unit smartphone yang akan terjual selama 2015. Angka itu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang tercatat 1,8 miliar unit pengapalan ponsel pintar. Meski begitu, pertumbuhan pasar smartphone masih dianggap lambat.

Gartner mencatat pertumbuhan pasar ponsel pintar hanya meningkat 3,3% di 2015. “Melemahnya pasar global smartphone dipengaruhi lemahnya pasar Tiongkok. Kami telah melihat lebih sedikit pembeli pertama di Tiongkok. Ini menunjukkan pasar ponsel di sana mengalami masalah,” ujar Direktur Gartner, Annete Zimmermann

“Vendor smartphone di Tiongkok harus meningkatkan daya tarik pada penawaran premium mereka untuk menarik minat konsumen. Ini cara untuk tetap bertahan dan meningkatkan pangsa pasar mereka,” imbuh dia.

Sementara untuk tablet, penjualannya diperkirakan menurun dari tahun lalu. Pada 2015 ini tablet diprediksi hanya terjual sebanyak 207 juta unit. Angka tersebut menurun 5,9% dari tahun lalu.

Hal serupa juga akan dialami PC. Menurut Gartner penjualan PC belum membaik meski akan kehadiran sistem operasi anyar Windows 10 pada Juli 2015. Penjualan perangkat tersebut diperkirakan akan mencapai 300 juta unit atau menurun 4,5% dari tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya