SOLOPOS.COM - Menteri Perindustrian Saleh Husin didampingi oleh (kedua kanan) President Director AHM Toshiyuki Inuma, dan (kedua kanan) Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menyaksikan pameran local konten sepeda motor Honda pada acara ekspor perdana AHM di pabrik perakitan AHM, Cikarang, Selasa (26/5/2015)/Harian Jogja-Humas Honda.

Penjualan motor Honda yang dirakit di dalam negeri kini diekspor ke Filipina.

Harianjogja.com, Jakarta– PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan ekspor perdana All New Honda
BeAT eSP ke Filipina tahun ini. Tak tanggung, AHM mengirimkan sebanyak 30.000 unit dengan dukungan 98,8% komponen lokal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelepasan ekspor perdana AHM ke Filipina dilakukan di pabrik AHM Cikarang oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Saleh Husin. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Nus Nuzulia Ishak, General Manager of Motorcycle Business Planning Honda Motor Co. Ltd Atsushi Ogata dan President Director of Honda Phillipines Inc. Daiki Mihara selaku negara tujuan ekspor AHM.

Menurut President Director AHM Toshiyuki Inuma, ekspor perdana tersebut merupakan tahap lanjutan
antara kerjasama PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co. Ltd dalam mengembangkan industri sepeda motor di Indonesia. Jumlah unit yang diekspor, lanjutnya, akan ditingkatkan secara bertahap. Diharapkan, tahun depan volume ekspornya mencapai 50.000 unit per tahun.

“Kami optimis kegiatan ekspor ini akan memberikan kontribusi pada kehidupan masyarakat Filipina sekaligus meningkatkan ekonomi Indonesia. Kami yakin, ekspor ini akan meningkat lagi di masa mendatang,” kata Toshiyuki melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (27/5/2015).

Model yang akan diekspor adalah All New Honda BeAT eSP (CW) dan All New Honda BeAT eSP CBS-ISS. Model tersebut dipilih karena dianggap sebagai produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar di negara tujuan. Honda BeAT merupakan produk motor skutik terlaris di dunia karena telah mampu membukukan penjualan hingga 8,3 juta unit sejak dipasarkan pertama kali di Indonesia pada
2008 silam.

“Kami pun yakin, All New Honda BeAT eSP ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat Filipina. Dan bagi kami, ekspor ini merupakan wujud nyata bahwa sepeda motor produksi Indonesia sangat berkualitas dan memiliki daya saing tinggi.”

Sekadar diketahui, All New Honda BeAT eSP diproduksi dan dirakit langsung oleh SDM Indonesia di pabrik AHM Cikarang, Jawa Barat. Kandungan komponen lokal mencapai 98,8%. Tingginya kandungan komponen lokal ini mencerminkan besarnya kemampuan produsen suku cadang di dalam negeri dalam memproduksi komponen berkualitas yang dibutuhkan AHM. Tercatat sebanyak 86 perusahaan dalam negeri binaan AHM yang terlibat dalam produksi model skutik terlaris di dunia ini.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menambahkan, untuk memproduksi sepeda motor kualitas ekspor, AHM didukung oleh 1.180 suplier produsen komponen lokal yang melibatkan lebih dari 76.000 karyawan.

“Secara tidak langsung, ekspor ini akan menciptakan multiplier efek terutama di kalangan produsen komponen. Ini akan meningkatkan pergerakan roda industri di sisi hulu industri otomotif dan tentu saja akan meningkatkan kontribusi devisa bagi Negara,” ujarnya.

Nilai ekspor komponen sepeda motor tersebut mencapai Rp853 miliar per tahun dan akan semakin meningkat kedepannya. Komponen-komponen buatan dalam negeri ini telah diekspor ke berbagai negara di lingkup ASEAN, Asia, Eropa, hingga Amerika. “AHM bersama jaringan bisnisnya berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis dan memperkuat kontribusinya dalam pembangunan bangsa,” tutupnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya