Solopos.com, TOKYO — Kabar mengejutkan kembali muncul. Kali ini datang dari produsen mobil Mazda. Rumornya adalah Mazda5 bakal tutup usia alias tidak akan diproduksi lagi.

Dikutip automotivenews dan leftlanenews, Rabu (27/8/2014), Mazda merencanakan bakal mengakhiri pertualangan minivan Mazda5 di tahun 2015 mendatang.

Berakhirnya Mazda5 ini disinyalir akibat terus menurunnya permintaan minivan seperti Mazda5, dan terus meningkatnya permintaan kendaraan model crossover.

Penurunan penjualan global Mazda5 kerap dirasakan Mazda, penjualan Mazda terbaik hadir pada 2008 silam dengan mampu menjual hingga 22.021 unit, dan terus meturun hingga 13.884 pada tahun lalu.

Dan dikabarkan kini Mazda akan lebih memfokuskan pada model crossover, seperti entry-level dari CX-3 subkompak CUV yang diharapkan bakal hadir 2016. Selain itu Mazda CX-9 juga akan hadir pada 2017, dengan membawa mesin 2.5 liter 4 silinder turbocharged.

Sebagai catatan, diketahui bersama Mazda5 yang ada saat ini merupakan model ketiga dari generasi kedua. Dengan memiliki tampilan yang mengutamakan keluasan kabin namun tetap mengutamakan kegesitan, jelas memberikan perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan Crossover yang lebih kecil.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten