SOLOPOS.COM - Mobil Daihatsu Ayla (ilustrasi/JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA—Penjualan mobil di pasar domestik pada November 2013 diperkirakan berada diatas 100.000 unit. Dengan perkiraan pertumbuhan penjualan yang stagnan ini maka target penjualan mobil pada 2013 optimistis tercapai 1,2 juta unit.

Berdasarkan data sementara Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada November 2013 menunjukkan penjualan November masih berada diatas 100.000 unit. Dari data tersebut, penjualan dari pabrikan ke diler (Wholesales) diprediksi menyentuh angka 104.825 unit. Sementara itu, penjualan dari diler ke konsumen (Retailsales) diperkirakan menyentuh angka penjualan 94.000.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hingga saat ini, data penjualan yang sudah resmi masuk baru dari PT Astra Daihatsu Motor dengan total penjualan pada November yakni 17.039 unit, sedangkan agen tunggal pemegang merek lain belum memasukan datanya.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo menjelaskan meskipun ada beberapa tantangan secara umum dari sisi makro ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi yang diturunkan ke level 5,81%, depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang berada dikisaran Rp 11.000 menuju Rp12.000 dan penaikan suku bunga acuan ke 7,5% tidak menyurutkan penjualan mobil di dalam negeri.

Menurutnya, tren penjualan pada November masih terbilang baik dan dipastikan berada di atas 100.000 unit meskipun data resmi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia belum dikeluarkan karena masing-masing agen tunggal pemegang merek belum merampungkan laporan penjualan November 2013.

“Tren penjualan masih meningkat diatas 100.000 unit,” ujarnya, Senin (2/12/2013).

Selain itu, sambungnya, masuknya beberapa produsen baru dengan produknya yang terbilang bagus juga membuat pilihan konsumen bervariasi. Samulo memperkirakan, segmen low MPV masih memimpin penjualan untuk semua segmen mobil. Hal ini, sambungnya, disebabkan konsumen domestik masih memilih mobil berdaya tampung penumpang banyak.

Samulo juga optimis bahwa penjualan mobil di pasar domestik pada 2013 meski dihadang memburuknya ekonomi berpotensi mencapai 1,2 juta. Target ini, lanjutnya, jika penjualan pada November dan Desember 2013 menyentuh angka penjualan diatas 100.000 unit.


Ayla Melejit

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menjelaskan dari data penjualan secara wholesales, produk di segmen mobil dengan harga terjangkau dan hemat energi yakni Astra Daihatsu Ayla mendominasi penjualan pada November 2013 dengan mencatatkan pertumbuhan penjualan 0,08% menjadi 5.098 unit dibandingkan dengan penjualan pada Oktober 2013 yakni 4.704 unit.

Sementara itu, Daihatsu Grand Max Pick Up menduduki posisi kedua dengan mencatatkan peningkatan penjualan pada November yakni 4.492 unit. Adapun, Daihatsu Xenia membukukan penjualan pada November yakni 3.261 unit, Daihatsu Terios 1894 unit, Grand Max Minibus 1.476 unit, Xirion 542 unit, dan Luxio 276 unit.

Lebih lanjut, Amelia optimis, pertumbuhan penjualan  pada November meskipun masih bersifat sementara tetapi dipastikan berada diatas 100.000 unit.

Menurutnya, pertumbuhan ini sejalan dengan meningkatnya penjualan mobil dengan harga terjangkau dan hemat energi seperti Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan Honda Brio yang pada November mulai diproduksi dan dijual.

“Ramainya penjualan ini masih dipengaruhi dengan adanya kehadiran mobil LCGC,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya