SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA -- Penjualan kuliner secara online tengah naik daun selama masa new normal. Penjualan kuliner daring yang terpantau naik ini terutama melalui e-commerce.

Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), gerai-gerai fisik restoran banyak yang terbatas operasionalnya dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut mendorong masyarakat memesan makanan dan minuman secara online.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain GoFood dan GrabFood, para pelaku usaha dapat memanfaatkan saluran pemasaran melalui e-commerce. Pelanggan yang melakukan pemesanan melalui e-commerce dapat memanfaatkan ongkos kirim gratis dan pengiriman cepat. Khususnya dengan fasilitas same day dan instant delivery.

Gunung Merapi Sudah Bengkak 14 Cm, Ganjar: Insya Allah Masih Aman

Salah satu e-commerce yang menyediakan layanan ini adalah Blibli melalui BlibliMart yang menghadirkan kurasi Menu Restoran. Fitur ini menyediakan kuliner online berupa berbagai menu makanan dan minuman siap saji mulai dari kopi literan hingga makanan beku.

Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Blibli, Fransisca Krisantia Nugraha, mengatakan kehadiran penjual kuliner online di e-commerce memungkinkan mereka untuk mengekspansi saluran penjualan dan memperluas jangkauan pasar. Selain itu, menambah lini produk walau di tengah pandemi dan new normal.

Penjual kuliner online juga dapat memanfaatkan ekosistem Blibli, mulai dari sistem pembayaran, logistik, hingga keamanan, untuk memperlancar bisnis online mereka.

Pesan Berantai tentang Denda bagi Warga Tak Bermasker di Jateng Hoaks!

Es Kopi dan Bakmi  Jadi Favorit Konsumen

Dari segi pelanggan, mereka dapat dengan mudah menemukan dan membeli menu siap saji favorit, termasuk es kopi dan bakmi. Semuanya tersedia di Menu Restoran.

Saat ini, Menu Restoran menaungi sembilan sub-kategori. Perinciannya, Minuman Segar, Cemilan Enak, Makanan Sehat, Dessert, Asupan Kalori, Saus & Bumbu, Dim Sum, Hidangan Keluarga, dan Bakmi.

"Antusiasme pelanggan sangat baik yang ditunjukkan oleh performa positif Menu Restoran di mana jumlah order meningkat enam kali lipat antara April-Juni 2020," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (16/7/2020).

Waspada! Ini Modus Penipuan Investasi Saham yang Perlu Kamu Tahu

Adapun hidangan lokal dan western yang paling populer berdasarkan jumlah order adalah bakmi, bakso, dan spaghetti untuk makanan. Sedangkan kopi susu, earl grey tea, dan chocolate drink paling popular untuk minuman.

Co-Founder Bakmi Tiga Marga, Ferrie Woen, mengatakan Bakmi Tiga Marga bergabung pada kategori Menu Restoran sejak tiga bulan lalu. Kini penjualannya telah meningkat hingga enam kali lipat dibandingkan dengan sebelumnya.

"Hal ini mendorong peningkatan signifikan sebesar enam kali lipat pada penjualan Bakmi Tiga Marga selama tiga bulan terakhir ini," ujarnya.

Blibli melakukan kurasi yang ketat untuk memastikan penjual kuliner online yang tergabung di Menu Restoran dapat menyediakan produk dan layanan berkualitas bagi pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya