SOLOPOS.COM - ORI017 (www.kemenkeu.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Permintaan investasi obligasi negara ritel seri ORI017 terus mengalir deras jelang akhir periode pemesanan pada Kamis (9/7/2020). Tingginya permintaan ORI017 menunjukkan masyarakat Indonesia yang memiliki uang berlebih kian paham pentingnya investasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Deni Ridwan mengungkapkan total keseluruhan completed order senilai Rp11,40 triliun sampai Jumat (3/7/2020). Realisasi itu sudah melewati target awal Rp10 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jumlah investor terbesar dari kalangan wiraswasta sebesar 45,1 persen,” ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (6/7/2020).

Marak Jual Beli Akun Rekening Bank di Medsos, BTPN Ancam Tindak Tegas Pelaku

Selain wiraswasta, lanjut dia, investor dari pegawai swasta menempati urutan kedua sebesar 22,7 persen. Adapun, ibu rumah tangga berada di urutan ketiga dengan 12,7 persen.

Berdasarkan geografis, pemesanan ORI017 terbesar masih berasal dari Jawa. Deni menyebut tiga provinsi asal investor paling banyak berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Sebagai catatan, instrumen investasi ORI017 memiliki kupon tetap 6,40 persen per tahun. Masa penawaran berlangsung mulai 15 Juni 2020 dan ditutup 9 Juli 2020.

Begini Cara Mendidik Anak Melek Finansial Sejak Kecil

Cocok untuk Investasi dengan Risiko Rendah

Dengan minimum Rp1 juta dan maksimum Rp3 miliar, seluruh investor warga negara Indonesia (WNI) dapat berinvestasi di dalam ORI017.

Instrumen investasi ORI017 menjadi alternatif bagi investor ritel dengan profil risiko rendah. Instrumen itu menawarkan tingkat kupon tetap serta memberikan kepastian karena kupon dan pokok dijamin oleh Undang-undang.

Selain itu, ORI017 juga dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Jual beli dapat dilakukan setelah melewati minimum holding period yakni pada tanggal 15 September 2020.

Duh! Ada Klaster Baru Covid-19 Semarang, Klaster Perusahaan

Jual beli bisa antar investor domestik atau lokal dengan mengacu kepada digit ketiga kode nomor tunggal identitas pemodal atau single investor identification (SID).

Sementara itu, salah satu keuntungan berinvestasi ORI017 adalah aman. Sebagai instrumen investasi yang ditawarkan dan dijamin oleh pemerintah, ORI017 memungkinkan masyarakat untuk berinvestasi dengan aman dan minim risiko.

Konsep sederhana investasi ini adalah masyarakat meminjamkan uang ke pemerintah. Lalu, pemerintah akan mengembalikannya beserta keuntungan setelah jatuh tempo berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya