SOLOPOS.COM - Ponsel Huawei. (Gsmarena.com)

Huawei menjadi produsen ponsel Tiongkok dengan penjualan terlaris di dalam negeri pada kuartal kedua 2016 ini.

Solopos.com, BEIJING – Market share Xiaomi di pasar domestic Tiongkok menyusut di kuarta kedua 2016 ini. Huawei menjadi jawara produsen Tiongkok dengan penjualan gadget terlaris di dalam negeri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perusahaan riset Gartner telah merilis merilis laporan kuartal kedua (Q2) 2016, yang menunjukkan bagaimana nasib merek ponsel pada kuartal terakhir.

Ekspedisi Mudik 2024

Dilansir Gizmo China, Jumat (19/8/2016), secara keseluruhan, laporan menunjukkan penjualan smartphone selama kuartal kedua bertumbuh 4,3 persen jika dibandingkan dengan pertumbuhan tahun lalu. Dalam keseluruhan ranking, tiga smartphone Tiongkok, seperti Huawei, Oppo, dan Xiaomi diperingkat dari tiga hingga lima dalam urutan tersebut.

Huawei mempertahankan posisi ketiga dalam penjualan global untuk kuartal kedua 2016 dengan penjualan lebih dari 30 jutasmartphone selama periode itu, mewakili 8.9 dari market share atau pangsa pasar dan pertumbuhan 0,9 persen untuk Huawei dari angka Q2 tahun lalu.kalahkan-xiaomi-huawei-berhasil-jual-smartphone-terbanyak-4xK51Og02b

Di sisi lain, Oppo terus melaju selama kuartal kedua didorong oleh keberhasilan R9. Padahal tahun lalu perusahaan Tiongkok menjual di atas delapan juta ponsel pada kuartal kedua.

Pengapalan Xiaomi selama Q2 2016 mencatat margin pertumbuhan terkecil hanya 0,2 persen melompat dari market share 4,5 persen di Q2 2015 hingga 4.7 persen tahun ini. Selama Q2 ini , Xiaomi berhasil menjual sebanyak 15 juta unit. Selain itu, Vivo juga berhasil masuk ke daftar top 10 merek smartphone untuk Q2 2016.

Sementara itu, Samsung sendiri berhasil bertengker sebagai top smartphone seller, dengan penjualan smartphone sejumlah 76,7 juta, dibandingkan tahun lalu hanya menjual 72 juta smartphone.

Selain itu, Gartner juga mengungkapkan penjualan Apple iPhone turun 7,7 persen pada kuartal kedua dengan penjualan secara global 44,4 juta, turun dari 48 juta tahun sebelumnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya