Penjelasan Ridwan Kamil Soal Desain Masjid Al Safar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sendiri langsung angkat bicara memberi penjelasan pada warganet tentang makna arsitektur masjid tersebut.

Penjelasan Ridwan Kamil Soal Desain Masjid Al Safar

SOLOPOS.COM - Gubernur Jabar Ridwan Kamil di mimbar saat tarawih keliling. (Istimewa/Facebook)

Solopos.com, BANDUNG – Ramai potongan video seorang penceramah soal Masjid Al Safar di rest area KM 88 B Tol Cipularang, Purwakarta yang didesain Ridwan Kamil dan tim arsitek Urbane sarat iluminati diyakini hanya sisa kampanye negatif saat Pilgub Jabar 2018 lalu.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sendiri langsung angkat bicara memberi penjelasan pada warganet tentang makna arsitektur masjid tersebut.

Masjid Al Safar adalah eksperimentasi teori lipat Folding Architecture. Jika eksperimentasi bentuk itu ditafsir, ya tentu tidak bisa dihindari. Tapi jika disimpulkan bahwa bentuk-bentuknya adalah menerjemahkan simbol iluminati dkk, saya kira itu tidak betul. Mari fokus saja ibadah kepada Allah,” dalam cuitannya di akun twitter @ridwankamil Jumat (31/5/2019) siang ini.

Tudingan tersebut juga malah berbanding terbalik dengan penilaian Al Mafa dari Arab Saudi yang menjadikan masjid tersebut nominasi masjid berasitektur terbaik Abdullatif Al Fozan Award 2019 bersama 26 masjid lain di dunia.

Dari data yang diperoleh Bisnis dari Ridwan Kamil penghargaan ini diberikan pada masjid-masjid yang menunjukan desain, perencanaan dan ide arsitektur brilian di abad 21.

Al Safar sendiri bersaing dengan masjid-masjid unik seperti Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Minor Uzbekistan, Masjid Sancaklar Turki, Masjid Komunitas Ghana hingga dua masjid rancangan Ridwan Kamil dan Urbane sendiri yakni Mesjid Raya Sumatera Barat, dan Al Irsyad, Bandung Barat.

Ridwan Kamil sendiri saat ini sudah menuntaskan desain baru Masjid Alajin yang akan dibangun di Gaza Palestina.

Masjid tersebut menurutnya dibuat sesuai keinginan masyarakat di sana. “Dari empat pilihan desain yang dipilih yang ada kubahnya, dan itulah yang kita bangun namanya masjid Syeikh Alajin,” tuturnya.

Pihaknya bertutur, masjid tersebut sebetulnya masjid besar yang hancur oleh serangan tentara Israel. Padahal masjid tersebut selama ini menjadi tempat ibadah utama di Palestina mengingat sudah menghasilkan 7.000-an penghapal Alquran.

“Sekarang rata dengan tanah maka salatnya di tenda kawinan begitu sehingga betul-betul menderita. Dan mereka request pribadi meminta Gubernur Jabar mendesainkan dan menggalang dananya,” ujarnya.

Pembangunan dan penggalangan dana untuk masjid tersebut menurut Ridwan Kamil menjadi bukti kerukukan umat Islam di Indonesia dan Palestina. Jika terealisasi masjid yang konsepnya memiliki lima kubah besar menandakan Rukum Islam tersebut akan menjadi sumbangan berupa masjid terbesar dari Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.

Pembangunan Fisik Capai 95%, Bendungan Bendo Ponorogo Mulai Diisi Air

Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, mulai diisi air awal atau impounding, Sabtu (31/7/2021)

Terlibat Kejar-kejaran dengan Orang Tak Dikenal, Remaja Meninggal Seusai Tabrak Pohon di Jogja

Seorang remaja meninggal setelah menabrak pohon perindang di Jalan AM. Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Sabtu (31/7/2021) dini hari.

Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Wagub DKI Jakarta menegaskan wilayahnya tidak akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan karena sederet jurus pencegahan yang dilakukan.

Warga Karangudi Jadi Korban ke-19 yang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Warga Desa Karangudi, menjadi korban meninggal tersetrum jebakan tikus berlistrik ke-19 dalam kurun waktu dua tahun terakhir di Sragen.