Ilustrasi kuntilanak (Youtube.com)

Solopos.com, SOLO -- Kuntilanak menjadi satu dari sekian banyak hantu yang paling populer di kalangan masyarakat. Setidaknya sudah ada puluhan judul film dan serial telivisi yang memakai tema kuntilanak. Belum lagi kemunculannya di acara ragam hingga merambah platform Internet. Hampir setiap penampakan sosok wanita berbaju putih selalu dilabeli kuntilanak.

Kuntilanak digambarkan sebagai sosok yang memiliki wujud seorang perempuan bergaun putih yang suka mengganggu anak kecil hingga wanita yang sedang hamil ataupun yang baru melahirkan. Konon, hal ini dikarenakan kuntilanak meninggal saat melahirkan, sehingga kuntilanak menjadi arwah gentayangan yang mencari-cari anaknya.

Lee R. dalam buku The Almost Complete Collection of True Singapore Ghost Stories (1989) menyebut kuntilanak adalah hantu dalam kepercayaan masyarakat Melayu. Hantu ini dipercaya ada di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Nama Kuntilanak sendiri berasal dari kata "puntianak" yang merupakan singkatan dari "perempuan mati beranak".

Dalam cerita rakyat Melayu, sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik dengan punggung berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas.

Sejarah Halloween: Bermula Tradisi Pagan hingga Jadi Atraksi Horror

Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kemboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah.

Kuntilanak dikatakan sering menjelma sebagai wanita cantik yang berjalan seorang diri dijalan yang sunyi. Oleh karena itu, cerita ini kemungkinan bertujuan menghindari golongan wanita daripada diganggu oleh pemuda-pemuda yang takut akan kuntilanak ketika berjalan seorang diri di jalan yang sunyi.

Dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara mengisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir.

Agak berbeda dengan Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda adalah hantu yang tidak memiliki lubang di punggung. Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong.

Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat bersemayam. Misalnya waru yang tumbuh condong ke samping atau populer disebut waru doyong.

Serial HBO Asia Halfworlds menampilkan sosok kuntilanak sebagai salah satu dedemit bernama "Ros" yang diperankan oleh Tara Basro. Ros digambarkan sebagai kuntilanak yang cantik, penggoda dan merupakan kekasih dari Tony, genderuwo yang diperankan oleh Reza Rahadian. Senjata andalan Ros adalah pasak kuntilanak yang dijadikan asesoris rambut olehnya.

Video Viral Penampakan Kuntilanak di Lampung, Percaya?

Penjelasan Om Hao dan UAS

Penggambaran Ros memang terbilang dramatis, namun ada benarnya. Benar yang pertama adalah lantaran menyerupai wanita, dan yang kedua sifatnya yang penggoda.

Hal ini pula yang diungkapkan pakar Rekrokognisi, Hari Kurniawan alias Om Hao. Di salah satu video wawancara dengan Youtuber Raditya Dika, Om Hao menyebut kuntilanak umumnya suka mencari perhatian.

Om Hao menyebut kuntilanak adalah qorin yang tertinggal setelah manusia mati. Dalam kesempatan yang sama, Om Hao menjelaskan kuntilanak bukan ruh manusia.

Sebagai qorin, Kuntilanak punya karakteristik tergantung dari warnanya. Kuntilanak merah disebut memiliki grade tertinggi dan suka mengganggu. Merah adalah lambang amarah dan dendam karenanya, kuntilanak ini akan terus mencari orang untuk sekadar menyampaikan pesan yang lama tak tersampaikan.

Cara Usir Kuntilanak Versi Citra Prima: Pakai Ikan Asin Hingga Kucing

Dalam kepercayaan agama samawi, Islam, Nasrani, dan Yahudi, kuntilanak masuk dalam golongan jin atau setan.

Penjelasan Ustaz Abdul Somad di salah satu video yang diunggah akun Youtube Tafaqquh, kuntilanak termasuk golongan jin dari jenis haffaf. Jin jenis ini suka mengganggu dan menakut-nakuti manusia.

Jin ini bisa menyerupai manusia dan mengaku-ngaku orang yang telah tiada .Adapun cara menangkal menurut yaitu dengan cara berdoa terlebih dahulu sebelum berpergian.

Dalam Islam diajarkan untuk senantiasa berdoa sebelum melakukan aktivitas dan selalu mengingat Allah. Ayat Kursi (Al-Baqarah ayat 255) dipercaya bisa melindungi manusia dari godaan jin. Selain itu, kuntilanak akan lari jika mendengar suara azan.

Dalam kepercayaan agama samawi lain, hantu kuntilanak yang menampakkan diri bisa dilukai karena masuk ke alam manusia. Kuntilanak yang masuk alam manusia akan berlakulah hukum manusia.

Tak Punya Badan, Kenapa Hantu Kuyang Menyeramkan?


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten