SOLOPOS.COM - Ilustrasi sepak bola. (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Penjaringan atlet berprestasi dilakukan Askot & Disdikpora untuk seleksi tim Popda.

Solopos.com, SOLO — Liga Pendidikan Indonesia (Lipio) Tingkat Pelajar SMP dan SMA di Kota Solo tahun ini dimanfaatkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo untuk menjaring talenta terbaik di tingkat pelajar yang akan diproyeksikan tampil pada Pekan Olahraga Pelajar (Popda) tahun 2016 nanti.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Guna menjaring pemain-pemain berbakat ini, Disdikpora Kota Solo sudah meminta bantuan Askot PSSI Solo untuk menurunkan para pemandu bakatnya. Di tingkat pelajar SMP, tugas pemandu bakat diberikan kepada eks pemain Persis Solo di era 1990-an, Sarwoedi. Sedangkan, di tingkat pelajar tugas menjaring pemain dibebankan kepada Bambang Nugroho dan eks pemain Arseto Solo, Sriwidadi.

“Instruksi dari Disdikpora kepada Askot PSSI Solo memang seperti itu. Kami diminta untuk menjaring pemain-pemain terbaik yang mungkin nanti bisa dipersiapkan untuk tampil pada Popda tahun depan,” ujar Sekretaris Umum, Askot PSSI Solo, Sapto Joko Purwadi, saat dijumpai Espos di Stadion Sriwedari, Solo, Senin (19/10/2015).

Sementara itu, salah satu pemandu bakat, Sriwidadi, mengaku ada sekitar 30 pemain baik dari tingkat pelajar SMP maupun SMA yang akan dipilih dari ajang Lipio ini. Beberapa pemain itu bahkan sudah menunjukkan kemampuannya dan masuk dalam daftar pantauan.

Dadit, sapaan Sriwidadi, berharap dengan penjaringan ini akan ditemukan pemain-pemain berbakat yang bisa mendongkrak prestasi Kota Solo di ajang Popda. Maklum, selama ini prestasi Kota Solo di ajang Popda tak terlalu bagus.

Bahkan pada tahun ini, baik di tingkat pelajar SMP maupun SMA, Kota Solo gagal mengirimkan wakilnya ke tingkat Jateng setelah gagal di zona karesidenan.

“Ternyata di Solo ini banyak pemain muda yang potensial, tapi kenapa enggak bisa berprestasi di tingkat Popda? Semoga dengan seleksi ini akan ditemukan pemain-pemain terbaik yang bisa mendongkrak prestasi Kota Solo di ajang setingkat pelajar,” tutur Dadit. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya