Penjahit, Ketua RW, Hingga Guru Ngaji, Ini Profil Cawali-Cawawali Independen Pilkada Solo 2020
Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Keberanian empat orang ini patut diacungi jempol. Dengan tekad kuat mereka menantang dominasi partai politik (parpol) dengan maju Pilkada Solo 2020 via jalur independen.

Mereka adalah Bagyo Wahyono, F.X. Supardjo, Muhammad Ali Naharussurur, dan Achmad Abu Jazid.

Bagyo Wahyono sebagai calon wali kota (cawali) berpasangan F.X. Supardjo membantuk Bajo. Sedangkan Muhammad Ali Naharussurur dan Achmad Abu Jazid berpasangan membentuk Alam.

Kisah Pemancing Selamatkan Puluhan Peserta Susur Sungai Sempor: Banyak Suara Tangis

Dukungan masyarakat terhadap dua pasangan itu diklaim sudah melampaui syarat minimal 35.870 orang.

Bila lolos verifikasi faktual (verfak) oleh KPU, dua pasangan itu bakal mencetak sejarah sebagai paslon pertama dari jalur perseorangan di Pilkada Solo.

Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) hendak menyerahkan syarat dukungan untuk maju di Pilkada Solo 2020 lewat jalur independen ke KPU Solo, Jumat (21/2/2020) pagi. (Solopos-Nicolous Irawan)
Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) hendak menyerahkan syarat dukungan untuk maju di Pilkada Solo 2020 lewat jalur independen ke KPU Solo, Jumat (21/2/2020) pagi. (Solopos-Nicolous Irawan)

Diwawancarai Solopos.com, Sabtu (22/2/2020), Bagyo mengaku sehari-hari bekerja sebagai penjahit kebaya. Tapi banyak juga yang menyebutnya desainer khusus kebaya.

Remaja Klaten Curi Pakaian Dalam Wanita, Alasannya Untuk Onani

"Pesanan dari berbagai daerah, termasuk Jepang dan negara lain,” ujar dia.

Pekerjaan itu sudah digeluti Bagyo selama lebih kurang 35 tahun. Bagyo tercatat sebagai warga Penumping, Laweyan.

Sementara pasangannya, F.X. Supardjo, merupakan Ketua RW 007 di Karangturi, Pajang, Laweyan. Dia bekerja sebagai karyawan lembaga pelatihan kerja (LPK) di Kelurahan Pajang.

30 Tahun Jualan Arum Manis, Pria Karanganyar Ini Kantongi hingga Rp15 Juta Per Bulan

Bagyo dan Supardjo belum mempunyai pengalaman di bidang politik.

Di sisi lai, Muhammad Ali atau akrab disapa Abah Ali merupakan pengasuh di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam, Solo. Setiap Minggu malam dia rutin menggelar kajian agama yang diikuti puluhan orang.

Kajian meliputi berbagai tema. “Kegiatan sehari-hari saya kadang nyambi tukang sapu pondok. Kadang juga mengajar, kadang tidak. Ada jadwalnya,” kata dia saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (21/2/2020).

Guru Olahraga SMPN 1 Turi Sleman Tersangka, Polisi: Pembina Pramuka Kok Lalai

Di antara jemaah yang rutin mengikuti kajian Ali yaitu mantan preman yang telah insyaf. Mereka dikenalkan dengan ilmu agama dan membaca huruf Arab.

Dengan telaten Ali membimbing mereka hingga meninggalkan perilaku buruk di masa lalu.

Pasangan calon independen Pilkada Solo 2020, Alam, menyerahkan Alquran kepada komisioner KPU Solo, Jumat (21/2/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)
Pasangan calon independen Pilkada Solo 2020, Alam, menyerahkan Alquran kepada komisioner KPU Solo, Jumat (21/2/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

“Yang lebih sering saya temani teman-teman yang alhamdulillah diistimewakan Allah SWT, diberikan hidayah, diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Saya menemani beliau-beliau mengaji A BA Ta itu saja. Demikian aktivitas saya,” terang dia.

5 Mantan Aktivis Jadi Anggota DPR, Berapa Harta Mereka Kini

Sedangkan Achmad Abu Jazid merupakan tokoh masyarakat di bidang usaha properti dan tanah. “Saya diamanahi guru saya untuk main properti dan tanah,” tutur warga Kelurahan Sumber, Banjarsari, itu saat diwawancarai wartawan.

Bila lolos sebagai cawali-cawawali Solo dari jalur perseorangan, Bajo dan Alam akan menghadapi pasangan cawali-cawawali yang diusung PDIP.

Hati-Hati Saat Lintasi JLK Wonogiri, Tebing di Kanan Kirinya Rawan Longsor

Di partai berlambang kepala banteng moncong putih itu ada Gibran Rakabuming dan Achmad Purnomo yang masih menunggu keputusan DPP mengenai siapa yang akan dapat rekomendasi.

Selain itu ada Teguh Prakosa yang diusulkan oleh DPC PDIP Solo sebagai pasangan Achmad Purnomo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

SOLOPOS TV



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho