Tutup Iklan

Penjaga Palang Perlintasan Purwosari Solo Jadi Tersangka Kecelakaan, Dijerat Pasal Apa?

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Polresta Solo belum menetapkan pasal yang akan dipakai untuk menjerat AS, penjaga palang perlintasan Puwosari yang bertugas saat terjadi kecelakaan KA Jayakarta Premium menabrak sejumlah kendaraan, Senin (20/5/2019) malam lalu.

AS, warga Banjarsari, Solo, ditetapkan sebagai tersangka lantaran dianggap lalai saat bertugas sehingga mengakibatkan kecelakaan dengan korban luka.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni, saat dijumpai wartawan di Mapolresta Solo, Selasa (28/5/2019), mengatakan Undang-Undang Lalu Lintas, Undang-Undang Keretaapian, dan KUHP dalam kasus ini yang bisa saja digunakan seluruhnya atau salah satu saja.

Namun, dalam penegakan hukum tersangka dikenakan pasal yang paling ringan melihat iktikad baik dan sikap kooperatifnya kepada korban. Tersangka ikut memberikan bantuan kepada korban kecelakaan.

PT KAI juga kooperatif terhadap korban kecelakaan dengan memberikan bantuan untuk pengobatan dan kerugian material. Menurut pengakuan tersangka kepada polisi, seharusnya palang pintu tidak diangkat karena ada dua kereta api yang melintas.

“Ke depannya dilihat perkembangannya. Seluruh korban sudah sehat. Memang sudah ada tersangka namun terkait jeratan pasal kami lihat dulu perkembangan ke depannya. Yang terpenting yang sakit diobati, yang rusak diganti, kekeluargaan,” imbuhnya.

Ia menambahkan petugas penjaga palang pintu kereta telah memiliki sertifikat khusus. Meskipun palang pintu perlintasan sudah canggih, manusia tidak luput dari lalai dan lupa. Waktu kecelakaan tersangka tidak kelelahan, namun saat itu kereta api yang melintas sedang ramai.

“Masyarakat harusnya juga tahu, ketika palang pintu kereta api belum tertutup sudah berbunyi sirine lebih baik berhenti. Palang perlintasan kereta bukan sarana pengaman maka jangan dilewati. Ketika sudah ada sirine ya berhenti, kalau melanggar sama saja melanggar Undang-Undang Lalu Lintas,” ujarnya.

Busroni mengatakan prosedur standar operasional PT KAI sudah sangat baik. Kecelakaan itu terjadi murni karena human error sehingga mengakibatkan kereta api Jayakarta Premium menabrak satu unit mobil dan empat sepeda motor. Korban mengalami luka-luka di perlintasan kereta api Purwosari, Kecamatan Laweyan, Senin (20/5/2019) malam.


Berita Terkait

Berita Terkini

Siap-Siap! 4,8 Juta Pelaku Perjalanan Masuk Jateng saat Libur Nataru

Dinas Perhubungan atau Dishub Jateng memprediksi ada sekitar 4,8 juta pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Jateng saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Solo Hari Ini: 6 Desember 2014, Berpulangnya Sang Pengusaha Sukses

Tujuh tahun lalu, tepatnya pada 6 Desember 2014, seorang pengusaha sukses asal Solo berpulang. Dia adalah Komisaris PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS) Food, Priyo Hadi Sutanto, yang mengembuskan napas pada usia 64 tahun.

Perbakin Solo Buka Pendaftaran Calon Ketua, Ini Syaratnya Lur

Bakal calon ketua merupakan anggota perorangan Perbakin yang dibuktikan dengan KTA Perbakin yang masih berlaku.

Renault Twizy, Mini Mobil Listrik Bisa Ngacir 80 Km/Jam

Renault Twizy merupakan mobil listrik mungil yang menawarkan dua pilihan seri dengan kecepatan hingga 80km/jam.

Lagi, 5 Kartu Kuning Persis Solo Berbuah Denda Rp50 Juta

Komdis PSSI mewajibkan Persis Solo membayar denda sebesar Rp50 juta setelah mendapat lima kartu kuning dalam pertandingan saat Persis Solo melawan Hizbul Wathan Football Club (HWFC) pada 23 November 2021 lalu.

Semester Genap Dimulai 20 Desember, Siswa Karanganyar Tak Libur Nataru

Disdikbud Karanganyar memastikan pembelajaran siswa untuk semester genap dimulai 20 Desember 2021. Sistem pembelajarannya akan dilakukan secara daring alias pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Foto-Foto Evakuasi Korban Meninggal Tertimbun Material Gunung Semeru

Total data korban jiwa atau terdampak yang berhasil dihimpun oleh Posko yaitu warga terdampak 5.205 jiwa

Big Hit Music Berikan BTS Cuti Panjang, Ini Alasannya

Keputusan agensi memberikan member BTS cuti panjang bukan tanpa alasan.

Wahana Baru Wisata Batu Putih Bayat Klaten Ditarik Lagi ke Gudang

Saat ini rata-rata pengunjung Wisata Batu Putih per hari hanya 50 orang.

Jembatan Terpanjang se-Jateng untuk Mendukung Agropolitan Miri Sragen

Kehadiran jembatan penghubung dua desa terpencil di Kecamatan Miri, Sragen, bakal memudahkan mobilitas warganya yang selama ini harus melintasi wilayah Boyolali untuk bisa ke Sragen kota.

Cabut Permohonan Hak Asuh, Inikah yang Diinginkan Ayah Vanessa Angel?

Jika ayah Vanessa Angel tidak cabut permohonan bersama hak asuh Gala maka pengadilan bisa langsung memutuskan perwalian anak itu jatuh kepada orang tua Bibi.

Waktu Pembangunan Fisik Jembatan Terpanjang se-Jateng Belum Pasti

Besarnya anggaran pembangunan jembatan terpanjang se-Jatenng membuat Pemkab Sragen harus mencari dukungan anggaran ke pemerintah pusat dan provinsi.

Sosok Bripka Rustam, Terjang Banjir Grobogan Sambil Gendong Nenek-nenek

Bhabinkamtibmas Desa Lemah Putih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Bripka Rustam, menggendong Mbah Nasiyem, 80, keluar dari rumahnya yang terendam banjir Senin (6/12/2021) siang.

Sragen Bakal Punya Jembatan Terpanjang di Jateng, Kini Pembebasan Lahan

Pemkab Sragen akan membangun jembatan terpanjang di Jawa Tengah penghubung dua desa terpencil di Kecamatan Miri. Tahun ini baru memasuki tahap pembebasan lahan.

Perbankan dan Pengusaha Optimis Perekonomian Lekas Pulih

Perbankan dan pengusaha sama-sama optimis pemulihan ekonomi akan berjalan baik hingga akhir 2021.

Ada MCK Kuno Era Mangkunagoro VII di Kestalan Solo, Begini Sejarahnya

Ponten atau MCK kuno di pinggir Kali Pepe, Kestalan, Solo, yang merupakan peninggalan era Mangkunagoro VII terlihat megah dengan arsitektur gaya Eropa.