Penjaga Palang Perlintasan Purwosari Solo Jadi Tersangka Kecelakaan, Dijerat Pasal Apa?

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Polresta Solo belum menetapkan pasal yang akan dipakai untuk menjerat AS, penjaga palang perlintasan Puwosari yang bertugas saat terjadi kecelakaan KA Jayakarta Premium menabrak sejumlah kendaraan, Senin (20/5/2019) malam lalu.

AS, warga Banjarsari, Solo, ditetapkan sebagai tersangka lantaran dianggap lalai saat bertugas sehingga mengakibatkan kecelakaan dengan korban luka.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni, saat dijumpai wartawan di Mapolresta Solo, Selasa (28/5/2019), mengatakan Undang-Undang Lalu Lintas, Undang-Undang Keretaapian, dan KUHP dalam kasus ini yang bisa saja digunakan seluruhnya atau salah satu saja.

Namun, dalam penegakan hukum tersangka dikenakan pasal yang paling ringan melihat iktikad baik dan sikap kooperatifnya kepada korban. Tersangka ikut memberikan bantuan kepada korban kecelakaan.

PT KAI juga kooperatif terhadap korban kecelakaan dengan memberikan bantuan untuk pengobatan dan kerugian material. Menurut pengakuan tersangka kepada polisi, seharusnya palang pintu tidak diangkat karena ada dua kereta api yang melintas.

“Ke depannya dilihat perkembangannya. Seluruh korban sudah sehat. Memang sudah ada tersangka namun terkait jeratan pasal kami lihat dulu perkembangan ke depannya. Yang terpenting yang sakit diobati, yang rusak diganti, kekeluargaan,” imbuhnya.

Ia menambahkan petugas penjaga palang pintu kereta telah memiliki sertifikat khusus. Meskipun palang pintu perlintasan sudah canggih, manusia tidak luput dari lalai dan lupa. Waktu kecelakaan tersangka tidak kelelahan, namun saat itu kereta api yang melintas sedang ramai.

“Masyarakat harusnya juga tahu, ketika palang pintu kereta api belum tertutup sudah berbunyi sirine lebih baik berhenti. Palang perlintasan kereta bukan sarana pengaman maka jangan dilewati. Ketika sudah ada sirine ya berhenti, kalau melanggar sama saja melanggar Undang-Undang Lalu Lintas,” ujarnya.

Busroni mengatakan prosedur standar operasional PT KAI sudah sangat baik. Kecelakaan itu terjadi murni karena human error sehingga mengakibatkan kereta api Jayakarta Premium menabrak satu unit mobil dan empat sepeda motor. Korban mengalami luka-luka di perlintasan kereta api Purwosari, Kecamatan Laweyan, Senin (20/5/2019) malam.


Berita Terkait

Berita Terkini

Wuling Formo S Diperkenalkan, Harga Rp150 Jutaan

Wuling Formo S diperkenalkan dan dibanderol dengan harga Rp150 Jutaan.

Prediksi Skor & Susunan Pemain Arsenal vs Aston Villa

Duel Arsenal melawan Aston Villa menjadi laga pembuka pekan kesembilan Liga Premier Inggris. Pertandingan ini akan dilangsungkan di Emirates Stadium, Sabtu (23/10/2021).

Penggunaan Sumur Sibel oleh Petani Jaten Tak Terkendali, Ini Bahayanya

Jumlah petani di Jaten, Karanganyar, yang menggunakan air sumur submersibel (sibel) dinilai terlalu banyak sehingga mengancam ketersediaan air tanah.

Pos Polisi Angker Disulap Jadi Warung Pecel Lele, Horor Gak Ya?

Pos polisi yang angker di Jombang, Jawa Timur, disulap menjadi warung pecel lele.

Polisi Selidiki Keaslian Pelat RFS di Mobil Rachel Vennya

Di sejumlah media sosial seperti Tiktok dan Twitter, tak sedikit warganet membahas soal keaslian pelat RFS di mobil Rachel Vennya.

Operasi Pangan Murah dan Gratis Digelar di Masjid Al Falah Sragen

Operasi Pangan Murah dan Gratis ini digelar di Masjid Raya Al Falah Sragen untuk meringankan beban masyarakat setelah dihantam pandemi Covid-19 selama lebih dari satu tahun.

Duh! Aksi Pemotor Onani di Jalan Kembali Terjadi di Pekalongan

Aksi pemotor yang melakukan onani di jalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi.

4 Mahasiswa UNS Ciptakan Membran Oksigenasi Baru untuk Pasien Covid-19

Penelitian mahasiswa UNS mengenai material membran ECMO berangkat dari fenomena pandemi Covid-19 yang sudah terjadi di Indonesia selama lebih dari satu tahun.

Sempat Viral, Oknum Polantas Pacaran Naik Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Di medsos beredar narasi bahwa anggota Polantas pacaran naik mobil PCR itu berani melakukan pelanggaran karena iparnya seorang pejabat.

Duh, Masih Ada Ponpes di Sragen yang Emoh Ikut Vaksinasi, Ini Alasannya

Bupati Sragen meminta bantuan Polres dan Kodim untuk melakukan pendekatan kepada ponpes yang emoh ikut vaksinasi.

Main Sore Ini, Berikut 6 Wakil Indonesia di Perempatfinal Denmark Open

Sebanyak enam wakil Indonesia berhasil memastikan diri lolos ke babak perempatfinal Denmark Open 2021.

Rachel Vennya Naik Mobil dengan Pelat RFS, Begini Respons Warganet

Mobil berpelat RFS  yang dinaiki Rachel Vennya seusai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya rupanya menarik perhatian warganet. 

Diduga Minum Racun Tikus, Mahasiswi di Sleman Ditemukan Meninggal

Seorang mahasiswi perguruan tinggi swasta di Sleman, Yogyakarta diduga nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun tikus.

Angin Kencang yang Rusak 20 Rumah di Sragen, La Nina Sudah Datang?

BKMG mengumumkan ancaman badai La Nina di akhir tahun 2021. Sementara puluhan rumah rusak di Sragen setelah diguyur hujan disertai angin kencang.

Keren! Mohamed Salah Dibuatkan Patung, Mirip Enggak?

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, dibuatkan patung lilin oleh Museum Madame Tussauds, London, Inggris.