PENIPUAN SOLO : Warga Karanganyar Diadili karena Tipu 6 WN Korea Selatan Rp1,8 Miliar

PENIPUAN SOLO : Warga Karanganyar Diadili karena Tipu 6 WN Korea Selatan Rp1,8 Miliar

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penipuan (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Enam warga Korea Selatan menjadi korban penipuan jual beli apartemen.

Solopos.com, SOLO — Warga Jaten, Karanganyar, Antonius Hendro Prasetyo, duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Solo karena diduga menipu enam warga Korea Selatan (Korsel) dengan modus jual beli apartemen.

Salah seorang korban Yun Tae Kim, 67, melaporkan kasus tersebut ke Polsek Laweyan pada 15 Oktober 2016. Kasus ini sudah masuk dalam persidangan di PN Solo, Selasa (17/10/2017).

Yun Tae Kim melalui kuasa hukumnya, Zaenal Mustofa, mengatakan kasus tersebut bermula saat kliennya tertarik membeli apartemen yang ditawarkan Antonius dalam sebuah pameran rumah di Solo Paragon Mall, akhir 2015 lalu. Lokasi apartemen berada di Desa Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Dia [Yun Tae Kim] tertarik membeli apartemen senilai Rp481 juta. Pembelian apartemen dibayar lunas ditransfer ke rekening pribadi milik Antonius di Bank Mandiri Cabang Jl. Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan,” ujar Zaenal saat ditemui wartawan di PN Solo, Selasa.

Setahun setelah membayar apartemen itu, Yun Tae Kim mendatangi kantor Antonius di Sleman untuk untuk menanyakan apakah apartemen sudah bisa ditempati. Namun, keterangan dari pengembang, apartemen yang telah dibeli tak kunjung selesai sampai sekarang.

Merasa tertipu, Yun Tae Kim melaporkan kasus ini ke Polsek Laweyan. Kemudian pada awal 2017 kasus ini diambil alih Polresta Solo hingga akhirnya sidangkan ke PN Solo.

Ia mengatakan ada lima warga Korsel yang juga tertipu dalam kasus ini. Jumlah korban semua dalam kasus ini enam orang dengan kerugian senilai Rp1,8 miliar. Kim Tae Yun sangat kecewa dengan sikap Antonius karena dari hasil peninjauan di lapangan tidak ada aktivitas pembangunan di lokasi apartemen.

“Kami melaporkan kasus ini ke Polsek Laweyan dengan No STTLP 222/ X /2016/ SPKT II tanggal 15 Oktober 2016,” kata dia.

Ia mengatakan saat ini Antonius sudah berstatus terdakwa di PN Solo. Dalam persidangan Selasa siang yang dipimpin Hakim Agus Iskandar, hakim memeriksa para saksi. Ada empat saksi yang diajukan jaksa penuntut umum (JPU). Pada persidangan pekan sebelumnya hakim sudah mendengarkan dari kesaksian pelapor, Yun Tae Kim.

Antonius dijerat Pasal 378 KUHP jo 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Sementara itu, Antonius Hendro Prasetyo, melalui kuasa hukumnya, Mikael, mengatakan proses hukum di PN masih berjalan.

Apa pun tuntutan pelapor soal kasus ini perlu pembuktian di persidangan. “Kami belum bisa memberikan keterangan banyak soal kasus ini. Klien kami akan memberikan keterangan kepada media,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Minta Sertifikat Vaksinasi, Mahasiswa Diduga Dikeroyok Satpam GBK

korban sempat diintimidasi untuk tidak melaporkan kasus ini ke aparat kepolisian. 

Sopir Truk Bermuatan Susu Meninggal Mendadak di Jalan Tol Sragen

Sopir truk bermuatan susu Sukamto, 42, warga Salatiga, meninggal mendadak dalam perjalan di jalan tol, tepatnya di km 544 B, Sambungmacan, Sragen.

50 Persen Pedagang Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Pilih Tak Jualan, Ini Alasannya

Separuh atau 50% pedagang Pasar Ir Soekarno Sukoharjo memilih tak berjualan selama PPKM darurat hingga PPKM Level 4.

Awal Agustus, Penambahan Kasus Corona Jateng Tertinggi se-Indonesia

Penambahan kasus terkonfirmasi virus Corona di Jawa Tengah (Jateng) menjadi yang tertinggi di Indonesia pada Minggu (1/8/2021).

216 Warga Positif Covid-19 Klaten Isolasi di Donohudan, 47 Orang Sembuh

Total jumlah warga Klaten positif Covid-19 yang menjalani isolasi terpusat di Arama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, mencapai 216 orang.

Kabar Duka, Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo Tutup Usia

Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo tutup usia ada Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 17.51 WIB di Rumah Sakit Bethesda.

Dapat Keluhan PPKM Diperpanjang dari Pedagang, Begini Jawaban Satpol PP Wonogiri

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang terkait perpanjangan PPKM.

Telan Anggaran Rp18,3 Miliar, Gedung MPP Sukoharjo Mulai Dibangun

Gedung Mal Pelayanan Publik atau MPP Sukoharjo mulai dibangun oleh pemenang lelang dengan nilai kontrak Rp18,3 miliar.

KAI Hadirkan Corak Lokomotif Khusus Meriahkan HUT ke-76 RI, Ini Tampilannya

PT KAI memeriahkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia dengan memasang livery khusus pada lokomotif dan kereta serta ornamen lainnya.

Innalillahi, Anggota Satpol PP Wonogiri Meninggal karena Covid-19

Kabar duka datang dari Satpol PP Wonogiri. Salah satu anggota Satpol PP Wonogiri, Jaka Prihanta, meninggal dunia karena terpapar Covid-19, Sabtu (31/7/2021).

Anthony Ginting Gagal Melaju Final

Anthony Ginting gagal melaju ke final Olimpiade Tokyo 2020

Balap Liar di Jalan Ahmad Yani Sukoharjo, 33 Pemuda Dicokok Polisi

Tim Pandawa Polres Sukoharjo membubarkan aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Kartasura pada Minggu (1/8/2021) dini hari WIB.