SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Penipuan Solo, salah satu anggota DPRD Solo menjadi korban penipuan melalui Facebook.

Solopos.com, SOLO–Aksi penipuan dengan mengatasnamakan anggota DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro, terjadi di dunia maya Facebook. Penipuan dilakukan dengan cara meminta-minta kiriman pulsa Rp100.000 kepada masyarakat yang bertemanan dengan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo itu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat (26/8/2016), pelaku penipuan menggunakan nama akun Asih Sunjoto Putra lengkap dengan foto profil serta sejumlah album milik akun Facebook Asih. Yang membedakan hanya ejaan di akhir nama, yakni Putra. Sementara akun Facebook asli Asih memakai ejaan Putro.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepada Solopos.com, Asih mengaku baru, Kamis (25/8/2016) siang, mengetahui bahwa akun Facebokok-nya telah di-kloning orang tak bertanggung jawab. “Saya dapat laporan banyak dari teman-teman apakah saya meminta pulsa Rp100.000. Saya kaget,” ujar Asih saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Jumat (26/8/2016).

Asih menjelaskan modus penipuan pelaku ialah dengan mengirimkan pesan melalui aplikasi inbox Facebook ke teman-temannya. Dalam pesan itu, pelaku secara halus meminta pulsa dengan alasan pengiriman pulsanya melalui M-banking error. Tak hanya itu, pelaku juga bertegur sapa dulu dan mengucapkan uluk salam terlebih dahulu kepada calon korban. “Tolong kirimin pulsa ya, nanti saya ganti. Tolong ya?” jelas Asih menirukan pesan penipuan dengan nama dan foto dirinya.

Asih menerima banyak konfirmasi dari teman-temannya ihwal masalah itu. Intinya, mereka mempertanyakan kebenaran pesan dalam Facebook mengatasnamakan dirinya. “Sehari ini sudah banyak yang mengonfirmasi kepada saya tentang akun itu. Hingga saat ini, belum ada yang mengirimkan pulsa ke pelaku. Semoga tak ada korban,” ujarnya.

Asih mengaku tak tahu menahu siapa pelaku penipuan dengan mencatut nama dan foto dia. Saat ditanya apakah akan melapor polisi, Asih belum berencana melaporkan hal itu ke pihak berwajib. Namun, Asih langsung membikin status di Facebook-nya agar tak menggubris adanya pesan meminta pulsa dengan atas nama dirinya. “Saya pastikan itu bukan saya. Jangan digubris,” katanya.

Sebagai anggota DPRD, kata Asih, ia memang memiliki banyak kenalan dan konstituen. Dalam akun Faceboknya saja tak kurang 4.800 orang berteman dengannya. Meski demikian, teman-temannya yang tahu persis kepribadiannya, akan curiga dengan pesan penipuan yang mengatasnamakan dirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya