SOLOPOS.COM - Ilustrasi umrah di Masjidil Haram Mekkah, Saudi Arabia. (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

Penipuan Sleman dialami calon jemaah umrah.

Harianjogja.com, SLEMAN — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sleman tidak hanya menerima aduan dari calon jemaah umrah dari Biro Perjalanan Haji dan Umrah (BPHU) Naja saja. Namun, ada biro lain yang diadukan.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Baca Juga : PENIPUAN SLEMAN : Ingat, Konsorsium Hanya untuk Haji Khusus, Bukan Umrah

Ekspedisi Mudik 2024

Salah seorang korban BPHU yang dilaporkan secara tertulis, Didi Setiawan berharap dana calon jemaah umrah yang terlanjut diberikan ke BPHU tersebut dikembalikan 100%.

“Intinya kami menuntut tanggungjawab dari pihak Naja,” katanya, Senin (7/8/2017).

Menurut dia, apa yang dilakukan BPHU itu tidak hanya merugikan calon jemaah umrah secara materi tetapi juga secara immateri. Calon jemaah hanya diberikan janji-janji tanpa direalisasikan.

“Rencana berangkat umrah mundur dari Maret sampai sekarang ini.Pastinya jemaah tidak hanya dirugikan secara materi,” katanya.

Didi sendiri rencananya berangkat umrah bersama isterinya. Dia juga sudah melunasi kewajiban untuk biaya yang diminta oleh biro itu sebesar Rp53,3 juta. Dia berharap, kasus ini menjadi pembelajaran bagi calon jamaah umrah lain ketika memilih biro umroh.

“Karena zaman sekarang banyak banyak kasus yang mengatasnamakan agama,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kasatreskrim Polres Sleman, AKP Rony Are mengatakan saat ini pihaknya sedang memproses laporan dari sejumlah calon jemaah umroh yang merasa tertipu oleh BPHU Naja. Saat ini, kasus tersebut dalam proses penyelidikan. Kasus tersebut dilaporkan pada 23 Mei lalu. Sementara, Direktur PBHU Naja Vinny Shinta Dewi sampai saat ini belum dapat dikonfirmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya