SOLOPOS.COM - Ilustrasi penipuan dengan sasaran perhiasan. (cbc.ca)

Penipuan dengan modus operandi gendam merugikan pengusaha perhiasan hingga Rp400 juta.

Semarangpos.com, SEMARANG — Ferial, 43, pengusaha perhiasan warga Puspogiwang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) manangguk kerugian Rp400 juta setelah menjadi korban penipuan dengan modus gendam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam pengaduannya kepada petugas di SPKT Mapolrestabes Semarang di Semarang, Kamis (8/9/2016), korban kehilangan sejumlah uang serta perhiasan emas setelah ditipu oleh beberapa orang yang diduga merupakan satu komplotan.

Kejadian sial dialami korban berawal dari niatnya untuk menarik uang di sebuah mesin ATM di Jalan Pamularsih Semarang. Saat itu, menurut korban, ada seseorang yang mengaku berasal dari Singapura menanyakan alamat sebuah bank.

Di sela-sela percakapan, datang lagi dua orang yang diduga merupakan sesama anggota komplotan penipu tersebut. “Datang satu orang mengaku namanya Rudi, bos di Nasmoco,” katanya.

Korban dan beberapa orang yang diduga komplotan pelaku gendam tersebut terlibat pembicaraan. Salah satu pembicaraan yang terjadi, seorang pelaku membujuk korban untuk membeli sebuah jam tangan seharga Rp1 miliar yang dijanjikan akan dibeli kembali dengan harga US$150.000.

Korban yang diduga terbujuk rayuan pelaku bahkan menuruti untuk ikut masuk ke sebuah mobil Toyota Camry. Korban yang sudah di bawah pengaruh gendam kemudian pulang ke rumahnya untuk mengambil sejumlah uang serta berbagai perhiasan emas.

“Uang, termasuk dolar serta perhiasan emas, total sekitar Rp400 juta,” ungkapnya saat mengadu ke SPKT Mapolresta Semarang.

Setelah berputar-putar dengan mobil pelaku, korban kemudian kembali diturunkan di tempat semula mereka bertemu. Korban baru tersadar telah menjadi korban penipuan sesaat setelah anggota komplotan itu kabur. Menyadari menjadi korban penipuan, korban kemudian mengadukan nasib ke polisi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya