SOLOPOS.COM - Ilustrasi penipuan (JIBI/Solopos/Dok.)

Penipuan Madiun, polisi menangkap dan memeriksa dua orang yang diduga calo CPNS.

Madiunpos.com, MADIUN — Dua orang yang diduga calo calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Madiun diperiksa aparat Polres Madiun. Satu pelaku di antaranya yaitu seorang PNS di Kecamatan Geger.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami telah memeriksa dua orang yang diduga sebagai calo CPNS. Dua orang itu adalah M, 40, dan N, 63, keduanya orang Madiun. Salah satu pelaku adalah seorang PNS,” kata Kasatreskrim Polres Madiun, AKP Hanif Fatih Wicaksono, kepada Madiunpos.com di Mapolres Madiun, Jumat (27/1/2017).

Hanif mengatakan saat ini polisi baru mengidentifikasi enam korban penipuan CPNS itu. Enam korban itu berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ngawi. Enam korban itu bernisial HP, BC, MY, N, NW, dan M.

Polisi masih memeriksa kedua pelaku yang diduga melakukan tindak pidana penipuan CPNS itu. Dari enam korban itu sudah menyetor uang senilai Rp120 juta kepada pelaku supaya bisa menjadi CPNS di Pemkab Madiun.

“Kami baru memeriksa tiga orang korban. Tapi yang kami identifikasi ada enam orang korban,” jelas dia.

Modus operandi yang digunakan pelaku, kata Hanif, yaitu dengan mengiming-imingi korban dengan bisa masuk menjadi CPNS di Pemkab Madiun. Korban diminta untuk menyetorkan sejumlah uang kepada pelaku supaya bisa masuk dan menjadi CPNS.

Namun, lanjut dia, kasus ini tidak dapat diproses secara hukum ketika tidak ada korban yang membuat laporan secara resmi ke Polres Madiun. Sampai saat ini belum ada korban yang melaporkan kasus ini ke Polres Madiun.

“Kasus penipuan kan harus ada yang merasa dirugikan. Kalau sudah ada yang merasa dirugikan dan melaporkan tentu baru kita proses hukumnya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya