SOLOPOS.COM - Polisi menunjukkan sepeda motor yang dibawa kabur MW di Mapolres Madiun Kota Madiun, Kamis (12/10/2017). (Istimewa/Polres Madiun Kota)

Seorang mahasiswi menjadi korban penipuan oleh karyawan perusahaan swasta.

Madiunpos.com, MADIUN — Seorang pria berinisial MW, seorang karyawan perusahaan swasta di Sidorejo, Magetan, ditangkap polisi lantaran melarikan sepeda motor milik seorang mahasiswi di Kota Madiun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasubbag Humas Polres Ponorogo, AKP Ida Royani, mengatakan MW ditangkap pada Jumat (6/10/2017) dini hari di Alun-alun Magetan. Penangkapan MW berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian.

MW berkenalan dengan korban pada 2016 melalui aplikasi Whatsapp. Setelah saling berhubungan melalui aplikasi itu, tersangka meminta tolong korban untuk menjemputnya di Terminal Bus Purbaya Madiun pada 28 September 2017.

Setelah bertemu di terminal, keduanya makan di sebuah warung. Setelah selesai makan, korban mengajak tersangka untuk mengantarnya ke sebuah salon perawatan wajah di Kecamatan Taman.

“Saat korban sedang melakukan perawatan wajah, tersangka meminjam sepeda motor beserta STNK milik korban dengan alasan untuk pergi ke toilet karena di salon tidak ada toiletnya,” kata dia kepada wartawan di Mapolres Madiun Kota, Kamis (12/10/2017).

Setelah selesai perawatan wajah, kata Ida, korban menunggu MW. Korban pun berkali-kali menghubunginya, tetapi tidak dijawab. Setelah sekian lama menunggu akhirnya korban pulang ke rumah tanpa sepeda motornya.

“Selang beberapa hari, korban berusaha untuk menghubungi tersangka. Ternyata HP tersangka sudah tidak aktif,” ujar Ida.

Lantaran merasa ditipu, korban kemudian melapor ke Polsek Taman. Beberapa hari setelah laporan itu, polisi berhasil membekuk tersangka saat berada di Alun-alun Magetan.

Kepada penyidik, tersangka mengaku sepeda motor itu telah digadaikan kepada seseorang di Ponorogo. Polisi kemudian mencari keberadaan sepeda motor itu dan menemukannya di Kecamatan Pudak, Ponorogo.

“Atas perbuatannya itu, tersangka diancam dengan hukuman penjara empat tahun,” tegas dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

12 Inovasi Ini Lolos 4 Besar Lomba Inovasi Daerah Sragen 2024

12 Inovasi Ini Lolos 4 Besar Lomba Inovasi Daerah Sragen 2024
author
Tri Rahayu , 
Rohmah Ermawati Rabu, 24 April 2024 - 08:56 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi inovasi (freepik.com)

Solopos.com, SRAGEN—Setelah melakukan penjurian selama dua hari, Senin-Selasa (22-23/4/2024), tim juri Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sragen 2024 berhasil mengerucutkan 24 inovasi dari peserta menjadi 12 inovasi yang menjadi nominasi juara.

Belasan inovasi tersebut selanjutnya dilakukan validasi lapangan oleh tim juri pada Rabu (24/4/2024). Hasil validasi lapangan ini diambil sembilan juara masing-masing Juara I, II, dan III per kategori dan diumumkan pada Sragen Award 2024, Juni mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabid Riset dan Inovasi Daerah Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sragen, Wawan Kurniawan, kepada Solopos.com, Rabu, mengungkapkan seleksi lomba inovasi daerah Kabupaten Sragen 2024 sudah masuk tahapan validasi lapangan oleh tim juri dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan awak media massa.

Dia mengatakan validasi lapangan dilakukan pada inovasi daerah yang masuk dalam empat besar dalam setiap kategori.

Koran Solopos

“Validasi lapangan ini dilakukan untuk menentukan tiga juara per kategori. Jadi total ada 12 inovasi yang lolos untuk tiga kategori, yakni kategori OPD [organisasi perangkat daerah]/RSUD [rumah sakit umum daerah]/BUMD [badan usaha milik daerah]; kategori kecamatan/bagian; dan kategori desa/kelurahan,” ujar Wawan.

Dia menyampaikan validasi lapangan dilakukan dengan untuk memverifikasi data dukung riil yang ada di lapangan. Menurutnya, tim dibagi menjadi tiga, yakni Tim I dikoordinasi juri dari UGM dibantu pegawai Bapperida; Tim 2 dikoordinasi juri dari Kemendagri dan Bapperida Sragen; dan Tim 3 dikoordinasi juri dari media massa dan Bapperida Sragen.

Berikut Daftar Calon Juara Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sragen 2024

Emagazine Solopos

-Kategori OPD/RSUD/BUMD

  1. Desa Tumis (Desa Tuntas kemiskinan) dari Dinas Sosial Sragen
  2. Konservasi air dengan pengelolaan grey water untuk pemenuhan kebutuhan air baku dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen.
  3. Tante Agresif (tangani stroke dengan cepat, tepat, tanggap, dan komprehensif) dari RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen.
  4. Hebat (Homecare Sobat Telemedicine) dari RSUD dr. Soeratno Gemolong, Sragen.

Kategori Kecamatan/Bagian

  1. Pengaman Santets (pengamanan aset tanah eks bondo desa melalui citra satelit dan Google Maps pada Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sragen.
  2. Periodisasi Tender/Seleksi Secara Elektronik di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Sragen
  3. E-Sakip (Sistem informasi akuntabilitas kinerja secara elektronik) pada Bagian Organisasi Setda Sragen
  4. Si Mas Pede (Sistem informasi evaluasi laporan penyelenggaraan pemerintahan desa atau LPPD) di Kecamatan Plupuh, Sragen.

Kategori Kelurahan/Desa

Interaktif Solopos
  1. Sop Duren (Sistem optimalisasi data usulan Musrenbang) di Kelurahan Sine Sragen
  2. Pos Kelas Si Tedi (Program sosial Kelurahan Ngembatpadas konsultasi dan terapi penyandang disabilitas) di Kelurahan Ngembatpadas, Gemolong, Sragen.
  3. Kelurahan Online di Kelurahan Gemolong, Kecamatan Gemolong, Sragen.
  4. Si Dul (Si Daur Ulang) di Desa Tanggan, Kecamatan Gesi, Sragen.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Puluhan Hektare Lahan Pertanian di Lumajang Rusak Diterjang Banjir Lahar Semeru

Puluhan Hektare Lahan Pertanian di Lumajang Rusak Diterjang Banjir Lahar Semeru
author
Newswire , 
Burhan Aris Nugraha Rabu, 24 April 2024 - 08:53 WIB
share
SOLOPOS.COM - Warga melintasi lahan pertanian yang tertimbun material banjir di Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (23/4/2024). (Antara/Irfan Sumanjaya)

Solopos.com, LUMAJANG — Kondisi lahan pertanian milik warga tertimbun material pasir dan batu di Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (23/4/2024).

Bedasarkan data Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang per Senin (22/4), sebanyak 91 hektare lahan pertanian yang tersebar di 8 kecamatan di wilayah tersebut rusak akibat banjir lahar hujan Gunung Semeru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lahan pertanian yang rusak berada disekitar aliran sungai yang dilalui lahar hujan Gunung Semeru. Sejumlah tanaman milik petani rusak.

Koran Solopos

Area persawahan milik petani tertimbun material banjir di Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (23/4/2024). (Antara/Irfan Sumanjaya)

 

Bedasarkan data Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang per Senin (22/4), sebanyak 91 hektar lahan pertanian yang tersebar di 8 kecamatan di wilayah tersebut rusak akibat banjir lahar hujan Gunung Semeru. (Antara/Irfan Sumanjaya)

Emagazine Solopos

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Di Tengah Kenaikan Tarif Cukai, Sampoerna Raih Laba Rp8,1 Triliun di 2023

Di Tengah Kenaikan Tarif Cukai, Sampoerna Raih Laba Rp8,1 Triliun di 2023
author
Nugroho Meidinata Rabu, 24 April 2024 - 08:42 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna), para pemegang saham menyetujui penunjukan Ivan Cahyadi (kiri) sebagai Presiden Direktur Sampoerna yang baru, menggantikan Vassilis Gkatzelis (kanan). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – PT HM Sampoerna Tbk berhasil meraup laba bersih sebesar Rp8,1 triliun pada 2023. Bahkan, Sampoerna juga berhasil mempertahankan kepemimpinan di industri tembakau Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 28,6% dan volume keseluruhan sebesar 83,4 miliar batang.

Presiden Direktur Sampoerna Vassilis Gkatzelis mengatakan di 2023 menjadi tahun pembuktian kembalinya profitabilitas yang kuat bagi perusahaan rokok yang didirikan pada 1913 ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun 2023 menandai tahun kembalinya pertumbuhan profitabilitas yang kuat bagi Sampoerna, dengan pencapaian penting dalam pengembangan produk bebas asap berdasarkan pembuktian ilmiah, meningkatkan investasi dan lapangan kerja di Indonesia, serta menghasilkan efek berganda yang kuat, sejalan dengan prioritas negara untuk meningkatkan hilirisasi,” jelas dia dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan pada Selasa (23/4/2024).

Sampoerna membuktikan di tengah kenaikan tarif cukai hingga dua digit, Sampoerna berhasil mengalami pertumbuhan laba sebesar 28% dibandingkan 2022. Dalam kesempatan itu, Sampoerna juga menyebut penjualan bersih meningkat sebesar 4,3% menjadi Rp116 triliun, meskipun profitabilitas masih jauh di bawah tingkat sebelum pandemi Covid-19.

Koran Solopos

Pada 2023, produk bebas asap Sampoerna meraih pencapaian strategis. Di wilayah perkotaan Jakarta, IQOS meraih pangsa pasar 3,5% pada kuartal keempat 2023, meningkat sebesar 2,0 poin dari kuartal keempat 2022. Perkotaan Jakarta mewakili Jakarta Barat, Pusat, dan Selatan yang mencakup sekitar 1,5 juta pengguna nikotin dewasa.

Seiring dengan prioritas strategis untuk mempercepat komersialisasi produk tembakau inovatif bebas asap, Sampoerna juga menorehkan beberapa momen penting di tahun 2023. Dimulai dari peresmian fasilitas produksi Karawang dan pelepasan ekspor perdana; diperkenalkannya inovasi terbaru IQOS ILUMA untuk secara eksklusif digunakan dengan batang tembakau TEREA, mulai beroperasinya Laboratorium Pengujian dan Analisis kelas dunia dengan fasilitas canggih untuk produk tembakau inovatif bebas asap di kuartal ketiga, dan disusul dengan diperkenalkannya batang tembakau TEREA edisi cengkih bagi perokok dewasa dan pengguna produk tembakau/nikotin dewasa di Indonesia.

IQOS ILUMA memanaskan batang tembakau yang menggunakan daun tembakau asli tanpa pembakaran. Seperti perangkat IQOS sebelumnya, IQOS ILUMA mengurangi paparan zat kimia berbahaya atau berpotensi berbahaya hingga rata-rata 90-95% lebih rendah dibandingkan dengan asap rokok. Meskipun tidak bebas risiko, produk tembakau inovatif bebas asap Philip Morris International (PMI) merupakan pilihan yang lebih baik bagi perokok dewasa yang memutuskan untuk terus menggunakan produk tembakau.

Emagazine Solopos

“Sampai dengan akhir tahun 2023, investasi kami pada produk bebas asap mencapai sekitar US$300 juta. Fasilitas produksi kami untuk produk tembakau bebas asap ialah yang pertama bagi PMI di Asia Tenggara dan yang ketujuh di dunia, serta difokuskan untuk ekspor ke kawasan Asia Pasifik maupun memenuhi permintaan pasar domestik yang sejalan dengan agenda hilirisasi pemerintah. Laboratorium Pengujian dan Analisis bagi produk tembakau inovatif bebas asap melibatkan lebih dari 200 ilmuwan Indonesia yang bertalenta dan merupakan bagian dari komitmen kami untuk menyerap tenaga kerja berketerampilan tinggi, khususnya dalam mendukung transformasi industri tembakau nasional,” papar Vassilis.

Presiden Direktur HM Sampoerna yang Baru

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan hari ini, Perseroan mengumumkan total pembayaran dividen senilai Rp8,060 triliun dari saldo laba Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023, dengan rasio pembayaran dividen sebesar 99,6% atau Rp69,3 per saham.

Selain diumumkannya laba bersih Sampoerna pada 2023, pada RUPS Tauhnan ini, para pemegang saham juga menyetujui penunjukkan Ivan Cahyadi sebagai Presiden Direktur Sampoerna yang baru, menggantikan Vassilis Gkatzelis, efektif per 1 Mei 2024, serta penunjukkan Yohan Lesmana sebagai Direktur Perseroan.

Interaktif Solopos

Presiden Komisaris Sampoerna John Gledhill mengatakan Vassilis berhasil membawa Sampoerna dalam kinerja baik bagi Perseroan dalam dua tahun terakhir. Selain itu, Vassilis juga berkomitmen untuk menciptakan nilai dan efek berganda bagi masyarakat luas. Nantinya, Vassilis akan menempati posisi baru di PMI, induk perusahaan Sampoerna. Di PMI, Vassilis akan menduduki posisi President East Asia, Australia & PMI Duty Free dan menjadi bagian dari Executive Leadership Team PMI yang dipimpin oleh CEO Jacek Olczak. Vassilis akan bertangung jawab atas pasar strategis PMI lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

Posisi Presiden Direktur Sampoerna selanjutnya dipercayakan kepada Ivan Cahyadi yang memiliki pengalaman selama hampir tiga dekade di Sampoerna dan PMI. Ivan adalah sosok pemimpin yang tepat untuk terus memantapkan posisi Sampoerna sebagai pemimpin industri di Indonesia. “Dengan pengalaman yang ekstensif di Sampoerna, kami percaya Ivan adalah sosok pemimpin yang tepat bagi Sampoerna untuk memantapkan posisi Perseroan sebagai pemimpin industri di Indonesia dan meneruskan penciptaan efek berganda bagi semua pemangku kepentingan,” kata John dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Rabu (24/4/2024) pagi.

Sementara itu, terkait dengan pengangkatan Yohan Lesmana sebagai Direktur, “Yohan memiliki kemampuan mengartikulasikan visi dengan strategi yang kuat berbasis data, dan merupakan sosok dengan gaya kepemimpinan partisipatif. Pendekatan kolaboratif dan semangat untuk memberikan dampak yang dipadukan dengan kepedulian akan sangat bermanfaat dalam terus memperteguh posisi Sampoerna sebagai pemimpin pasar multi-kategori yang tak terbantahkan di Indonesia,” ujar John.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories