PENIPUAN KLATEN : Penipuan Bermodus Seminar Nasional Sasar Pemkab

 Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Penipuan Klaten menyasar pemkab dengan undangan dalih seminar nasional di Jakarta.

Solopos.com, KLATEN – Pemkab Klaten nyaris menjadi korban penipuan terkait undangan kepada Bupati, Sunarna, guna menghadiri seminar nasional di Jakarta. Pelaku mengaku kegiatan itu diadakan oleh Badan Diklat Kemendagri.

Kabag Humas Setda Klaten, Wahyudi Martono, menjelaskan undangan itu diterima melalui email. Dalam undangan, setiap bupati yang hadir diminta mentransfer biaya Rp7,5 juta melalui rekening sebuah bank sebelum menghadiri seminar itu. Hanya, kecurigaan muncul lantaran pengirim menggunakan alamat email umum bukan email resmi dari badan diklat.

Selain itu, email dikirim dua kali lantaran ada kesalahan penulisan nama bupati. Pejabat yang bertanda tangan dalam undangan itu juga diketahui sudah pensiun. Kecurigaan kian bertambah karena ada penelopon yang mengaku bernama Bambang Raharjo dari Badan Diklat Kemendagri selalu mengejar kepastian disposisi surat yang dikirim.

“Setelah kami konfirmasi ke badan diklat, ternyata kegiatan seminar itu tidak ada. Dari kejadian ini, kami berpesan agar semua SKPD khususnya di Pemkab Klaten berhati-hati terhadap modus kegiatan yang mengharuskan transfer uang. Apalagi, alamat surat pengirim bukan resmi dari pemerintahan. Kasus ini sudah dilaporkan ke Biro Humas Provinsi Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti,” jelas dia, Selasa (30/6/2015).


Berita Terkait

Berita Terkini

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Presiden Jokowi: Tetap Taat Prokes!

Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Kendaraan Dinas Polres Klaten Dicek Tiga Hari Beruntun, Ada Apa?

Pengecekan ditujukan untuk memastikan kondisi kendaraan operasional benar-benar dapat digunakan menunjang penanganan kegiatan insidental yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Lebih 50 Persen Penyintas Mengalami Long Covid-19, Apa Penyebabnya?

Di Indonesia 70 persen dari para penyintas Covid-19 alami gejala long Covid-19.

Pertamina Pastikan Stok Solar Jateng-DIY Aman

Masyarakat pengguna solar diimbau tidak panik dengan pembatasan nominal pembelian di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tertentu.

Elite PKS Berseloroh Dukung Ganjar Capres, Indikasi Menyeberang?

PKS, kata Mardani, memiliki prinsip bekerja sama dengan sosok-sosok yang memiliki integritas tanpa memandang ras, agama, ataupun sukunya.

Ganjar Dapat Paket Berlogo Persis Solo dari Lulusan Inggris, Ini Isinya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mendapat sebuah paket berlogo Persis Solo dari dua anak muda asal Solo dan Jogja yang baru lulus dari universitas di Inggris.

Kombinasi Gagal Ginjal dan Stroke Seperti Oddie Agam, Picu Kefatalan?

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, musikus senior Oddie Agam bukan hanya menderita stroke, tetapi juga terkena komplikasi, termasuk sakit ginjal.

Pacu Eskpor, UKM Diajak Manfaatkan Banyak Program Kemendag

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menegaskan komitmen mereka untuk terus mendukung UKM hingga mampu menembus pasar ekspor.

Pengamat: PDIP Takkan Pecah Selagi Masih Ada Mega

Diamnya Megawati justru perlu dimaknai bahwa dia sedang mengamati dan menganalisis perkembangan dari segala aspek

Persis Solo Menang, Warga Semanggi Ini Bagi-Bagi Kue Gratis

Seorang warga Semanggi, Gandhi Iwan Soekarno, 30, memiliki cara tersendiri saat merayakan kemenangan saat Persis Solo mengalahkan PSCS Cilacap dengan skor 2-0.

UMR Jateng 2022 Diusulkan Naik 10% Jadi Rp1,9 Juta

Kaum buruh di Jawa Tengah meminta UMP atau UMR 2022 naik 10% menjadi Rp1,9 juta yang disesuaikan dengan standar kelayakan hidup.

Posisi 15 Kades Kosong, Pemkab Klaten Tak Berencana Gelar PAW

Pemkab Klaten tidak memilih opsi PAW karena saat ini sedang pandemi Covid-19, butuh anggaran banyak, dan kurang memerhatikan asas demokrasi.

12 Sekolah di Semarang Ini Belum Gelar PTM, Ini Alasannya

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka atau PTM di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) sudah berlangsung hampir dua bulan.

Ini Dia Juri Festival Film Indonesia 2021, Siapa Saja?

Komite Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan nama-nama juri tahap akhir.