Ilustrasi penipuan (JIBI/Solopos/Dok)

Penipuan Karanganyar, penipu mengatasnamakan anggota Polsek Matesih beraksi di Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kepolisian Sektor (Polsek) Matesih Polres Karanganyar menjadi sasaran aksi peniuan berkedok pemesanan fiktif makanan. Modusnya, seseorang yang mengaku sebagai anggota Polsek Matesih memesan makanan melalui telepon ke sebuah warung makan.

Keterangan yang diperoleh solopos.com, Sabtu (29/4/2017), penipuan itu bermula saat salah satu karyawan warung Raja Pedas menerima telepon dari seseorang yang bernama Joko dan mengaku sebagai anggota Polsek Matesih.

Joko memesan 20 nasi kotak dan 2 slop rokok dan minta pesanan tersebut untuk segera diantar ke Polsek Matesih. Selain pesanan tersebut, penipu itu juga meminta pulsa Rp200.000 untuk dikirim ke nomor handphone-nya.

Karena curiga, salah satu karyawan rumah makan Raja Pedas tersebut kemudian mendatangi Polsek Matesih untuk mengonfirmasi pesanan itu. Ternyata telepon itu hanya penipuan karena petugas jaga Polsek Matesih tidak pernah memesan makanan yang dimaksudkan.

Dengan adanya kejadian itu, Kapolsek Matesih Kompol F.X. Joko Pujianto mengimbau kepada para pemilik warung agar waspada apabila mendapat pesanan makanan dari seseorang yang tidak jelas. "Sebaiknya melakukan kroscek lebih dahulu kepada yang bersangkutan," ungkap dia, Sabtu.

Kapolsek menambahkan masyarakat jangan mengirimkan pulsa atau transfer uang kepada orang yang tidak kenal meski mengatasnamakan polisi seperti yang menimpa pemilik warung Raja Pedas.

“Kami imbau untuk selalu kroscek jangan langsung percaya jika pesan makanan melalui telepon. Karena kejadiannya sudah beberapa kali ini, maka kami minta selalu waspada agar tidak menjadi korbannya,” tegas Joko Pujianto.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten