SOLOPOS.COM - Seorang jemaah haji yang sakit dievakuasi ke ambulans saat tiba di Bandara Adi Soemarmo dalam pemulangan musim haji tahun lalu. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Penipuan Jogja, calon jemaah menjadi sasaran empuk

Harianjogja.com, JOGJA — Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY mengimbau masyarakat mewaspadai biro jasa perjalanan umrah yang menawarkan harga murah. Imbauan ini terkait maraknya calon jemaah umrah yang tertipu di beberapa daerah lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : PENIPUAN SLEMAN : Calon Jemaah Umrah Tuntut Dana Dikembalikan 100%
“Modus iming-iming menawarkan harga murah yang tak rasional dengan biaya perjalanan Indonesia-Arab Saudi dan Saudi-Indonesia itu mesti abal-abal,” kata Kepala Kanwil Kemenag DIY, Muhammad Lutfi Hamid, seusai peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kanwil Kemenag DIY, Selasa (8/8/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Luthfi, biaya umrah tahun ini normal lebih dari Rp21 juta. Biaya itu merupakan trasortasi pulang pergi umrah sampai biaya akomodasi selama di tanah suci. Jika ada yang menawarkan harga di bawah itu, kata dia, maka perlu diertanyakan legalitas biro perjalananya.

Untuk lebih memastikan Lutfi berharap masyarakat bisa berkonsultasi lebih dahulu ke Kantor Kemenag di kabupaten/ kota agar mengetahui biro perjalanan mana saja yang sudah terdaftar. Karena, menurutnya, semua biro perjalanan haji dan umrah meski izinnya dari pusat bila beroperasi di DIY harus ada izin dari Kanwil Kemenag DIY.

“Ketika biro perjalanan tidak  memiliki cabang perwakilan di DIY, kami tidak akan membuatkan rekomendasi kepada calon jemaah yang mengurus paspor ke imigrasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya