PENIPUAN FACEBOOK : Jangan Mudah Percaya Pertemanan FB. Kaum Wanita Ini Jadi Korbannya

PENIPUAN FACEBOOK : Jangan Mudah Percaya Pertemanan FB. Kaum Wanita Ini Jadi Korbannya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Penipuan Facebook kerap kali menimpa masyarakat yang mudah percaya pertemanan di jagad maya itu.  

Solopos.com, SURABAYA – Nama seorang perwira polisi dicatut untuk melakukan penipuan. Belasan orang yang kesemuanya perempuan telah menjadi korbannya. Dan pelaku telah berhasil mengumpulkan uang setidaknya senilai Rp1 miliar dari para korbannya.

Nama polisi yang dicatut itu adalah M Aldy Sulaeman. Nama Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak berpangkat AKP itu dicatut untuk dijadikan sebuah akun di Facebook. Dari akun itulah, Aldy Sulaeman palsu menjerat puluhan korbannya.

"Saya kaget tiba-tiba didatangi seorang perempuan yang mengaku kenal saya lewat Facebook, dan dia langsung melabrak saya," kata Aldy, Minggu (17/5/2015).

Perempuan itu, kata Aldy, langsung saja marah-marah karena melihat Aldy segar bugar. "Saya dibilangnya ditahan provost. Gara-gara ditahan itu, saya dibilangnya sudah minta uang dia Rp31 juta," ujar Aldy.

Karuan saja Aldy heran dengan tuduhan tersebut. Namun Aldy sadar serta paham dan segera menjelaskan kepada perempuan asal Kalimantan itu jika ia telah tertipu. "Saya perlihatkan akun fb saya. Dan saya suruh dia telepon ‘Aldy’-nya. Aldy palsu itu mengangkat teleponnya. Dan perempuan itu baru sadar telah tertipu," lanjut Aldy.

Atas laporan perempuan itu, Aldy segera melakukan pengecekan. Diketahui ternyata Aldy palsu tersebut telah membuat delapan akun facebook dengan nama dirinya. Enam akun sudah diblokirnya namun dua akun belum berhasil diblokir.

Akun Aldy palsu itu memang sangat meyakinkan. Aldy palsu memasang foto Aldy asli yang dicomotnya dari akun facebook Aldy asli. "Pelaku mengambil foto dari fb saya. Sejak itu, saya memprivate akun fb saya. Yang bukan teman tidak bisa melihat akun fb saya," jelas Aldy.

Aldy menambahkan, dengan akun tersebut, Aldy palsu menambahkan banyak teman wanita ke akunnya. Dan dari situ Aldy palsu mulai melakukan penipuan. Aldy palsu melalui message meminta nomor HP atau pin untuk berkomunikasi lebih lanjut.

"Kepada korbannya pelaku mengaku tengah terkena masalah seperti ibu sakit, ditahan proovost, dan lain sebagainya. Dari situ pelaku meminta sejumlah uang," terang Aldy.

Berkat bujuk rayu Aldy palsu, para korban menurut saja saat diperintahkan mentransfer sejumlah uang. Dari puluhan korbannya, Aldy palsu mampu mendapatkan uang hingga Rp1 miliar.

"Dari penelusuran kami, pelaku berhasil mengumpulan uang Rp1 miliar dari para korbannya. Kami masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang sudah kami identifikasi," tandas Aldy.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bagi-Bagi Kupat Jembut di Tradisi Syawalan Khas Semarang

Dalam Bahasa Jawa, kata jembut mungkin memiliki kesan vulgar. Namun jembut di sini rupaya adalah jenis makanan.

Perahu Wisata di Waduk Kedung Ombo Kemusu Boyolali Tenggelam Diduga Kelebihan Muatan

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedung Ombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Permasalahan Pembayaran THR Banyak Dialami UMKM, Pemerintah Harus Hadir

Pemerintah harus hadir secara langsung untuk menangani masalah pembayaran THR keagamaan bagi perusahaan-perusahaan di segmen UMKM yang tidak mampu melakukan pembayaran sesuai ketentuan.

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam, 9 Orang Hilang

Sembilan penumpang perahu wisata di Waduk Kedungombo, Kemusu, Boyolali, yang tenggelam, Sabtu (15/5/2021) hilang.

Grebeg Ketupat, Tradisi Perayaan Lebaran Khas Magelang

Indonesia memiliki tradisi Lebaran yang unik di setiap daerah. Salah satunya Tradisi Grebeg Ketupat di Kabupaten Magelang.

Petugas Rutan Solo Temukan Handphone, Diduga Dilempar dari Luar Dinding Rutan

Petugas Rutan Kelas I A Solo kembali menggagalkan percobaan penyelundupan benda terlarang di dalam Rutan Solo

Ribuan Pengunjung Serbu Ndayu Park Sragen di H+2 Lebaran

Ribuan warga berlibur ke objek wisata Ndayu Park Sragen pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Terminal Sukoharjo Sepi, Hanya PO Lokal yang Beroperasi

Sepinya penumpang bus di Terminal Sukoharjo terjadi sejak pengetatan aturan perjalanan mulai 22 april-5 Mei.

Pasar Tunggu Kebangkitan Kerajinan Kuningan Juwana

Juwana merupakan Kecamatan yang menghubungkan Kota Pati dan Kota Rembang.  Di Kecamatan ini pula dikenal sebagai penghasil kerajinan kuningan, yang dikenal dengan Kuningan Juwana.

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.

Libur Lebaran 2021, Mal di Solo Baru Ramai Pengunjung

Sejumlah warga mulai menyerbu pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru saat libur Lebaran 2021.

Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedungombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021).