SOLOPOS.COM - Logo Kaskus (Dok/JIBI)

Penipuan di Kaskus heboh oleh kabar rekber Blackpanda yang dituding melarikan Rp500 juta.

Solopos.com, JAKARTA – Penipuan online kembali menghebohkan forum Kaskus. Kali ini penipuan melibatkan salah satu penyedia jasa rekening bersama (rekber) terpopuler di Kaskus, Blackpanda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Kaskus, Senin (14/9/2015), rekber Blackpanda melarikan uang sebesar Rp509.536.586 dan masih terus dihitung. Uang tersebut merupakan dana yang ditransfer para pembeli untuk dibayarkan ke penjual di Kaskus FJB (Forum Jual Beli).

Kabar mengenai penipuan online oleh rekber Blackpanda mencuat setelah akun Bisbet membuat thread berjudul Wanted Dead or Alive Roy Widya a.k.a. Blackpanda, pekan lalu.

Dalam thread itu disebutkan rekber Blackpanda merupakan akun milik Roy Widya yang diketahui berdomisili di Surabaya. Perjudian disebut-sebut sebagai alasan Roy melarikan uang yang ditransfer para korban.

“Saya termasuk korabannya saat di milis id.bb.jatim dulu sebesar 35 juta. Kasusnya dahulu juga ngga solved. Alasan yang dipakai adalah adik/keluarga dekatnya kena urusan judi,” tulis akun Prayudiaji.

Menanggapi hal tersebut, Andrew Darwis selaku Chief Community Officer (CCO) atau yang kerap disebut “Mimin” mengaku telah melakukan tindakan. Ia juga menyarankan agar para korban segera melapor ke polisi.

“Karena Kaskus bukan korban, jadi kami enggak bisa lapor ke polisi. Tapi nanti kalau sudah ada laporan polisi, kemudian polisi minta data dan lain sebagainya, baru kami kasih,” ungkap Andrew sebagaimana dilansir laman Okezone.

Seperti diketahui, rekber merupakan penengah antara penjual dan pembeli di Kaskus. Cara kerjanya, pembeli mentransfer uang ke rekber, rekber mengonfirmasi dana telah diterima dan menyuruh penjual mengirim barang ke pembeli.

Setelah pembeli mengonfirmasi barang diterima, uang yang diterima rekber diteruskan ke rekening penjual.

Hingga saat ini ada empat rekber populer di Kaskus, yakni Piggybank, Blackpanda, Sanbank, dan Inapay. Kendati demikian seluruh rekber tidak berada di bawah naungan Kaskus dan statusnya sama seperti anggota lainnya di forum Kaskus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya