Penipuan Boyolali: Pura-Pura Jual Kompor, Perempuan Ini Gendam Puluhan Orang

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Seorang perempuan asal Grobogan, Jawa Tengah, Sri Wuryani, 45, menipu  puluhan ibu rumah tangga di wilayah Boyolali menggunakan ilmu gendam. Modusnya dengan berpura-pura berjualan kompor listrik berkeliling dari desa ke desa.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Kamis (19/4/2018), Sri Wuryani yang merupakan warga Desa Kradenan, Kecamatan Kradenan, Grobogan, dalam setiap aksinya berpura-pura sebagai sales kompor listrik. Ia berkeliling ke rumah-rumah warga di desa-desa mengendarai sepeda motor dan menawarkan barang dagangannya itu.

"Sasaran utamanya ibu-ibu rumah tangga di desa-desa pinggiran dan sepi," ujar Kasatrekrim Polres Boyolali, AKP Willy Budianto melalui Kanitreskrim Polsek Andong, Aiptu Sugianto, kepada Solopos.com, Kamis.

Ketika korban mendengarkan ocehan Wuryani, saat itulah Wuryani "membius" ibu-ibu rumah tangga dengan ilmu gendam. Setiap warga yang tergendam langsung rela menyerahkan perhiasan yang dimilikinya, mulai kalung, anting-anting, gelang, dan lain-lainnya sebagai tebusan uang muka.

"Pelaku ini bilang harga kompor listrik aslinya Rp750.000-an, namun saat itu ada harga promo Rp300.000-an. Karena ibu-ibu desa kan rata-rata enggak punya banyak uang, mereka memberikan jaminan perhiasan itu," jelasnya.

Saat memberikan perhiasan itu, para korban seperti tak sadar. Ketika ditanyai keluarganya, mereka juga bingung tak bisa menjawab. Kasus penipuan  bermodus gendam itu terungkap pada Selasa (17/4/2018) ketika ada salah satu warga yang melihat pelaku di jalan. Kebetulan, warga tersebut juga memiliki saudara yang menjadi korban gendam dengan pelaku yang sama.

"Lantas dia mengejar pelaku menggunakan sepeda motor. Pelaku yang panik terpeleset dari sepeda motor dan ditangkap warga beramai-ramai," jelasnya.

Hasil penyidikan polisi, pelaku mengaku sudah menipu  puluhan korban dengan ilmu gendam. Korban di Andong sekitar 20 orang. Korban di luar wilayah Andong mencapai 50-an orang. Perhiasan yang didapatkan pelaku mulai seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. "Saat ini, pelaku kami tahan untuk penyidikan lebih lanjut," jelasnya.

Kasatreskrim Polres Boyolali AKP Willy Budianto meminta warga mewaspadai gerak-gerik orang yang belum dikenal meski mengaku sedang berjualan atau menawarkan produk. Polisi dan masyarakat harus bekerja sama untuk menghentikan praktik ilmu gendam untuk kejahatan.

"Jangan mudah percaya kepada orang yang belum dikenal. Segera lapor ke kepolisian jika melihat gerak gerik yang tak wajar," jelasnya mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi.



Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976 dan dia memimpin Kabupaten Batang bersama Suyono yang menjabat sebagai Wakil Bupati untuk periode 2017-2022.

Misteri Kematian Pria Jakarta Timur Saat Live Tiktok, Keluarga Tepis Dugaan Bunuh Diri

Belum lama ini jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan kematian pria IS, 29, saat live di Tiktok di rumah susun di Jatinegara, Jakarta Timur.

Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, terkendala sinyal internet yang lemah.

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.