SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

Peningkatan prestasi terus dilakukan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Solopos.com, SOLO-Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menargetkan minimal 50% program studi (prodi) yang dimiliki UNS bisa terakreditasi A. Hal itu sebagai salah satu upaya menyiapkan UNS menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTBH).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data yang diperoleh solopos.com dari Bagian Sistem Informasi Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi UNS hingga maret 2015, jumlah prodi di UNS sebanyak 151 prodi. Jumlah tersebut meliputi 22 prodi diploma 3, dua prodi diploma 4, 63 prodi S1, dua prodi program profesi, 13 prodi program spesialis, 38 prodi program S2, 11 prodi S3.

Jumlah prodi yang sudah terakreditasi A sebanyak 40 prodi. Antara lain program S1 Ilmu Sejarah, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Agribisnis, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknis Industri, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Fisika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Dokter, Biologi, Fisika.

Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi M.S. menjelaskan tahun ini ada lima prodi yang berhasil memperoleh akreditasi A. Berdasarkan hasil evaluasi terakhir, jumlah prodi yang terakreditasi A saat ini sekitar 42%. Oleh karena itu ia menargetkan akhir 2015, minimal 50% prodi di UNS terakreditasi A. “Tahun ini banyak prodi yang diajukan untuk kembali diakreditasi. Harapan kita target itu tercapai,” ungkapnya kepada wartawan di gedung rektorat UNS, Kamis (18/6/2015).

Guna mewujudkan hal itu, Ravik meminta seluruh pihak bekerja sama. Pihak rektorat juga menyiapkan dana pembinaan sebesar Rp50 juta, bagi prodi yang tahun ini bisa meraih akreditasi A.

“Tahun 2030 kita punya cita-cita UNS menjadi world class university. Dalam rencana strategis UNS, tahun 2019 UNS masuk dalam jajaran 500 perguruan tinggi di Asia Pasifik. Semuanya harus disiapkan sejak jauh hari,” katanya.

Capaian minimal 50% prodi terakreditasi A, terangnya, juga merupakan salah satu syarat sebuah perguruan tinggi menjadi PTBH. Saat ini, UNS masih berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Beberapa waktu lalu, pimpinan UNS telah diundang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan yang intinya diminta menyiapkan institusi UNS untuk menjadi PTBH. Diharapkan akhir 2016, status UNS telah menjadi PTBH. Hingga kini, perguruan tinggi yang berstatus PTBH ada 12 perguruan tinggi.

Menurut Ravik, status PTBH akan memberikan otonomi lebih besar kepada UNS. Selain mendapatkan dana yang besar dari pemerintah, dengan berstatus PTBH UNS juga berhak melakukan berbagai usaha untuk menambah pemasukan universitas. Dengan demikian, harapannya akan semakin meringankan beban mahasiswa atau masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya