SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG —Tarif yang terlalu mahal membuat keberadaan jalan tol Trans Jawa yang diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu tak menguntungkan bagi pengusaha jasa angkutan truk di Kota Semarang.

Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Cabang Tanjung Emas Semarang Supriyono menegaskan tarif jalan tol yang terbilang mahal membuat banyak pengemudi truk yang lebih memilih melintasi jalur jalan nasional. “Kami rasa tarif jalan tol cukup mahal. Jadi kebanyakan supir truk lebih tertarik menggunakan jalan nasional ketimbang melalui jalan tol,” kata Supriyono, Rabu (27/2/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diakuinyauntuk beberapa ruas jalan tol di Jateng—seperti Solo menuju ke Sragen—para pengemudi truk lebih memilih tol. Hal ini karena melalui jalan tol lebih efisien dibandingkan melalui jalan nasional. “Para pengemudi truk untuk beberapa ruas seperti Solo-Sragen lebih memilih jalan tol karena jauh lebih efisien jika dibandingkan lewat jalan nasional,” ujarnya.

Karena itulah Supriyono meminta pemerintah mengkaji ulang tarif tol sehingga bisa lebih murah. Dia kembali mengemukakan keinginan Aptrindo agar pemerinta memberlakukan diskon khusus untuk pengemudi truk yang melalui jalan tol Trans Jawa. “Dari para pengusaha jasa angkutan truk meminta agar pemerintah mengkaji ulang tarif yang ditetapkan. Kami ingin khusus untuk truk mendapatkan diskon agar tidak memberatkan pengusaha,” katanya.

Supriyono berharap keberadaan jalan tol Trans Jawa bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Karena itu, tegasnya, pemerintah mestinya mengkaji ulang tarif yang telah ditetapkan untuk melintas di jalur jalan bebas hambatan itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya