Tutup Iklan

Pengusaha Truk Keluhkan Kelangkaan Solar Subsidi

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng DIY mengeluhkan kelangkaan BBM subsidi jenis biosolar.

 Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Solopos.com, SEMARANG — Pengusaha angkutan barang atau truk yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng-DIY) mengeluhkan kelangkaan BBM subsidi jenis biosolar.

Keluhan ini disampaikan menyusul banyaknya sopir truk yang mengadu susah mendapat biosolar saat melakukan pengiriman barang. Tak hanya di wilayah pesisir pantai utara (pantura), kelangkaan biosolar itu juga dialami para sopir truk di wilayah Soloraya, seperti Boyolali.

“Sampai saat ini masih langka. Tadi saya tanya ke sopir yang operasi ke Jogja, jawabannya juga masih sama. Masih susah dapatnya,” ujar Wakil Ketua Bidang Angkutan dan Distribusi DPD Aptrindo Jateng DIY, Agus Pratiknyo, kepada Solopos.com, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Pertamina Dorong Kendaraan Diesel Pakai Dex Series Biar Kinerja Optimal

Agus mengaku kelangkaan BBM subsidi jenis solar ini sudah terjadi sejak dua pekan terakhir. Kondisi ini pun tentunya membuat proses distribusi yang dilakukan para sopir truk menjadi tersendat.

“Iya, banyak sopir [truk] yang mengeluh susah dapat biosolar. Kalau pun dapat di SPBU, harus mengantre berjam-jam, bahkan sampai berhari-hari kalau di Sumatra. Itu pun masih dibatasi, hanya boleh beli Rp200.000. Padahal kebutuhannya sekitar 200 liter untuk ngirim barang ke Jakarta. Kondisi ini tentunya membuat arus distribusi logistik yang kami kerjakan menjadi tersendat,” ungkapnya.

Agus mengatakan kelangkaan BBM jenis biosolar sebenarnya bukan cerita baru. Kondisi semacam ini kerap dialami pelaku usaha angkutan barang atau truk pada triwulan terakhir setiap tahunnya.

Namun tahun ini kondisinya diakui lebih parah. Ada kemungkinan, kelangkaan BBM jenis biosolar ini dampak dari penyelewengan distribusi BBM subsidi yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kan kemarin dari Polri juga sudah mengungkap praktik penggelapan subsidi biosolar di Tegal. Mungkin juga imbas dari itu,” tutur Agus.

Stok Aman

Sementara itu, Manager Komunikasi, Relasi, dan CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) Jawa Bagian Tengah (JBT), Brasto Galih Nugroho, menyatakan jika sejauh ini stok BBM, termasuk solar subsidi atau biosolar di wilayah Jateng dan DIY aman.

Terkait konsmumsi solar subsidi yang mengalami kenaikan signifikan, Pertamina pun akan berkoordinasi dengan BPH Migas.

Baca juga: 10 Berita Terpopuler: Kecelakaan Bos Indomaret hingga Cerita Paundra

“Pertamina Patra Niaga terus memastikan stok maupun proses penyaluran [supply chain] aman dan berjalan dengan baik. Bahkan, kami telah melakukan penambahan penyaluran solar subsidi di beberapa wilayah,” imbuhnya.

Selain penambahan distribusi, pihaknya juga akan mengoptimalkan produksi kilang, serta melakukan pengawasan penyaluran agar tepat sasaran.

“Untuk pengawasan kita akan terapkan sistem digitalisasi dan pemantauan secara real time melalui Pertamina Integrated Command Center [PICC]. Dalam proses penyaluran pun Pertamina juga akan mematuhi regulasi dan ketetapan pemerintah,” jelas Brasto

 


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Hidden Canyon, Mutiara Tersembunyi di Kaki Pegunungan Muria

Alasan penamaan tersebut karena ngarai tersebut berada di tempat tersembunyi dan memang belum banyak diketahui keberadaanya oleh banyak orang karena akses jalannya yang sulit.

Januari 2022 Puncak Musim Hujan, Jateng Siaga Banjir

BMKG memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Januari 2022 dan mengingatkan warga Jateng waspada karena termasuk wilayah siaga banjir.

Saung Diterjang Banjir, Kakek di Brebes Terseret Arus Sungai Pemali

Seorang kakek di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan hanyut akibat banjir yang melanda Sungai Pemali.

Innalillahi! Bus Rombongan Warga Toroh Grobogan Nyemplung ke Sungai

Bus rombongan warga Desa Genengadal, Kecamatan Toroh terguling dan masuk sungai di Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, Grobogan.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Bus PO Sudiro Tungga Jaya jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kebakaran di tol Semarang-Solo, Bergas, Kabupaten Semarang.

Angkut 30 Penumpang, Bus Sudiro Tunggal Kebakaran di Tol Semarang-Solo

Gangguan mesin menyebabkan bus PO Sudiro Tunggal mengalami kebakaran saat melintasi tol Semarang-Solo, tepatnya di Kabupaten Semarang.

PLN Bagikan Gerobak Molis kepada UKM Jateng, Dorong Produktivitas Usaha

PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik (molis) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada pelaku UKM di Jateng untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Polres Kudus Gerebek Tempat Produksi Minuman Keras Jenis Arak

Jajaran Polres Kudus menggerebek tempat produksi minuman keras atau miras di sebuah gudang, di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Sidak Wali Kota Semarang Viral, Warganet Ramai Ikutan Usul Ini

Unggahan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan sidak di Kantor Kelurahan Bulusan, di akun instagram pribadinya mendadak viral.

Sejarah Vihara Buddhagaya Semarang

Vihara Buddhagaya di Semarang, Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang karena didirikan sejak 500 tahun lalu, tepatnya saat keruntuhan Majapahit.

Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung

Wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memiliki pesona wisata alam yang indah dan masih baru seperti Taman Posong.

Wisata Makam Apung di Pantai Sayung, Tak Tersentuh Air Laut

Demak memiliki objek wisata religi berupa makam apung milik Mbah Mudzakir yang konon tidak pernah terendam air laut meski terjadi gelombang tinggi.

Tragedi Berdarah! 5 Warga Slawi Tewas Diracun Dukun Pengganda Uang

Kisah tragis kali ini tentang tragedi berdarah yang merenggut lima nyawa warga Slawi akibat ulah dukun pengganda uang.

Banyak Tambang Ilegal di Merapi Rusak Lingkungan, Ganjar Pranowo Pusing

Gubernur Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat tidak sembarangan menerbitkan izin usaha penambangan karena banyak yang merusak lingkungan dan membuatnya pusing.

Kontroversi Gelar Kartini, Mestinya R. Ay Bukan RA, Begini Ceritanya

Gelar RA yang disematkan kepada Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia kurang tepat, karena dalam budaya Jawa gelar Kartini mestinya R.Ay.

Wisata Seru ke Wonosobo: Romantis, Eksotis & Magis

Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki sederet objek wisata alam yang romantis, eksotis, dan magis.