SOLOPOS.COM - Colin Huang. (Detik/Forbes)

Solopos.com, SOLO — Jack Ma kini sudah bukan lagi orang terkaya di China. Seorang pengusaha muda, Colin Huang, yang baru berusia 40 tahun, berhasil menyalip kekayaan yang dimiliki Jack Ma.

Colin Huang tercatat memiliki kekayaan mencapau US$87,58 miliar atau sekitar Rp1.226 triliun. Sedangkan kekayaan Jack Ma mencapai US$43,9 miliar atau sekitar Rp624 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika Jack Ma pernah menjadi bos Alibaba, Clin Huang meripakan pemilik perusahaan bernama Pinduoduo. Dikutip Detik.com dari CNBC, Selasa (23/6/2020), Pinduoduo atau yang biasa disingkat PDD adalah salah satu perusahaan e-commerce terbesar di China. PDD bersaing ketat dengan JD dan Alibaba, perusahaan yang didirikan Jack Ma.

Rekomendasi Saham 23 Juni, Perhatikan Saham Mal dan Sektor Konsumer

Pada 2019, PDD menyatakan bahwa mereka memiliki 588,2 juta pengguna aktif. Perkembangan pengguna aktif PDD juga karena kemudahan mengakses lewat aplikasi berbagai pesan buatan Tencent, yaitu Wechat, yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna bulanan.

Wechat adalah aplikasi yang bisa digunakan orang untuk melakukan pembayaran dan transaksi. Jadi pembeli bisa mengakses PDD dan langsung membayarnya di aplikasi Wechat.

Dalam hal pangsa pasar, menurut riset yang dirilis eMarketer pada Juli 2019, perusahaan milik orang yang kini terkaya di China itu menduduki urutan ketiga di bawah Alibaba dan JD.com. PDD banyak digunakan oleh masyarakat di kota-kota kecil di China sementara dua aplikasi pesaingnya itu mendominasi kota-kota besar.

Kasus Positif Terus Bertambah, Status Risiko Covid-19 Boyolali Bertahan di Zona Oranye

Karena terus berkembang, PDD akhirnya bisa melantai di bursa. Dia mencatatkan sahamnya di Nasdaq pada 2018.

Perusahaanya juga mendapatkan pendanaan dari investor seperti Tencent, Sequoia China Neil Shen. Kenaikan saham Pinduoduo yang signifikan juga mendorong co-founder Gaorong, Zhang Zhen dan Gao Xiang menjadi member Midas tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya