SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pelaku usaha angkutan barang truk meminta tarif jalan tol Trans Jawa yang dikenakan terhadap angkutan barang truk disamakan dengan tarif yang dikenakan terhadap kendaraan pribadi.

Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Bidang Distribusi dan Logistik Kyatmaja Lookman, mengungkapkan bahwa tarif yang dikenakan terhadap angkutan barang truk untuk melintas di jalan tol trans Jawa terlalu mahal. “Minta kayak pribadi saja, disamakan,” kata Kyatmaja kepada Jaringan Informasi Bisnis indonesia (JIBI), Rabu (30/1/2019) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan, tarif untuk angkutan barang truk yang sama dengan kendaraan pribadi ketika memasuki jalan tol Trans Jawa dapat diberlakukan dalam periode tertentu jika pengusahaan jalan tol tidak ingin memberlakukan selamanya. Menurutnya, tarif untuk angkutan barang truk yang sama dengan tarif kendaraan pribadi tersebut bisa diberlakukan selama satu atau dua tahun.

Ekspedisi Mudik 2024

Nukan hanya itu, penyamaan tarif tersebut juga bisa diberlakukan untuk ruas-ruas jalan tol yang cukup mahal. “Sampai periode tertentu saja, misal satu sampai dua tahun. Kalau mau selamanya juga enggak apa-apa. [tapi] biasa investor enggak mau,” katanya.

Dia menambahkan jalan tol Trans Jawa sebenarnya bisa menjadi solusi ketika kondisi jalan nasional yang sering dilewati oleh truk mengalami banjir mengingat jalan bebas hambatan tersebut tidak terkena banjir. Oleh karena itu, dia berharap terdapat penyesuaian tarif sehingga para pelaku usaha truk bisa membuat kendaraan-kendaraan yang beroperasi melintas di jalan tol.

Sebelumnya, Kyatmaja mengungkapkan banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Pekalongan dan Batang membuat arus logistik mengalami gangguan karena kendaraan truk tidak bisa melewati jalur strategis tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya